Dampak Bahaya Gadget pada Kesehatan Mata

Image: hotfridaytalks.com

Penulis: Niahappy

Penggunaan gawai seakan sudah menjadi kebutuhan utama yang sulit dilepaskan dari kegiatan sehari-hari. Gawai atau gadget memiliki dampak positif bagi penggunanya seperti, mendapakant informasi, memudahkan jalannya komunikasi, bekerja, hiburan dan masih banyak lagi.

Namun, jika Anda terlalu lama bermain gawai, akan membuat Anda ketergantungan sebab cara kerja gawai menggunakan gelombang elektromagnetik yang menimbulkan radiasi di sekitar kepala terutama mata dan bahayanya bisa mengganggu penglihatan Anda lho.

Tidak hanya itu saja masih ada bahaya gadget lainnya yang akan menghantui kesehatan mata Anda. Berikut bahaya gadget yang membahayakan kesehatan mata Anda:

Baca Juga : 6 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

1. Mata Lelah

Manusia rata-rata berkedip selama 15 kali tiap menitnya. Namun, saat Anda menatap ke layar gadget jumlah kedipan akan turun. Kedipan mata bisa berkurang hingga setengah atau 3 kali lipatnya. Keadaan inilah yang menyebabkan mata cepat lelah karena bekerja terlalu lama dan dipaksa fokus menatap layar tanpa banyak berkedip.

Mata lelah bisa terjadi karena kondisi mata yang terlalu sering digunakan untuk berhadapan dengan layar gawai yang mengandung radiasi sinar biru. Jangan menyepelekan kondisi mata lelah ini, karena mata lelah bisa memicu kondisi tidak normal lainnya pada mata lhoCiri-ciri mata lelah, beberapa diantaranya seperti mata terasa berat, berair, memerah, kering, bahkan penglihatan mata kabur.

2. Memicu Katarak

Melansir dari InquirerNet (13/03/2019), menurut Dr Rajesh R, konsultan untuk vitreo dan onkologi okular Rumah Sakit Mata Sankara, Bengaluru, mengatakan bahwa selain cahaya biru, Anda juga harus menyadari sinar ultraviolet yang pada gadget dapat berpotensi merusak mata Anda. Dampak dari sinar ultraviolet ini bisa membahayakan kornea, lensa, dan retina. Hal ini dapat menyebabkan sensitivitas cahaya, perkembangan katarak dan kerusakan retina.

3. Mata Minus Atau Rabun Jauh

Mata minus atau rabun jauh, adalah kondisi kerusakan mata akibat terlalu sering melakukan kebiasaan buruk dari penggunaan mata. Seperti terlalu lama bermain gadget atau kebiasaan lainnya seperti menggunakan gadget dengan mematikan lampu. Hal itu bisa berpotensi merusak kualitas pandangan Anda dan menyebabkan terkena mata minus lho. Meskipun belum ada penelitian yang akurat, namun mengurangi pemakaian gadget akan menjauhkan Anda dari risiko penyakit mata lainnya. Untuk itu, hindarilah kebiasaan buruk yang dapat memperburuk kondisi mata Anda.

4. Kebutaan Sementara

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa paparan sinar biru yang terlalu lama bisa memicu sel-sel fotoreseptor (peka cahaya) pada mata untuk membentuk molekul beracun yang membahayakan mata. Penglihatan menjadi kabur hingga gelap atau biasa disebut kebutaan.

Melansir dari Forbes (13/3/2019) saat terlalu lama menatap sinar biru mata Anda seperti masuk ke dalam ruangan setelah berada di bawah sinar matahari yang cerah kondisi itulah yang membuat penglihatan sedikit buta selama beberapa menit, sampai mata Anda menyesuaikan diri. Jadi hal yang sama terjadi ketika Anda memaparkan hanya satu mata ke layar rasanya seperti alami kebutaan.

Meskipun tidak menyebabkan orang buta secara total, namun tidak sedikit seseorang mengalami kebutaan pada satu mata saja lho. Penglihatan akan jadi kabur dan tidak seterang penglihatan normal. Kondisi ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari Anda  seperti mengenali wajah seseorang, membaca, mengemudi, atau menulis.

Mencegah lebih baik daripada mengobati agar Anda terhindar dari berbagai penyakit mata akibat paparan sinar biru dari ponsel, laptop, dan perangkat digital lainnya. Untuk itu, Anda harus mengurangi penggunaan dari benda-benda tersebut ya!

Sumber:
Health.How Blue Light From Your Phone May Be Hurting Your Eyes and What to Do About It. www.health.com
Forbes. (2016) Smartphone Blindness,’ And Other Health Hazards Of Our Favorite Gadgets . www.forbes.com
Kompas. (2017). Efek Buruk Cahaya Layar Ponsel Bagi Mata di Malam Hari. www.tekno.kompas.com
Inquire. The Light Gadget Ruin Eyes. www.lifestyle.inquirer.net
tribunIndia. (2017). Gadget Effect Dry Eyes Loss of Vision. www.tribuneindia.com