6 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Image: mieye.com

Penglihatan adalah salah satu fungsi panca indera yang tidak dapat tergantikan. Tidak heran banyak orang berusaha menjaga fungsi mata. Salah satu caranya melalui makanan.

Kalau selama ini anda hanya tahu wortel yang baik untuk mata, maka anda salah  besar. Masih banyak makanan lain yang bisa menjaga bahkan tingkatkan kesehatan mata, lho!

Zat Apa Saja yang Diperlukan Mata Agar Tetap Sehat?

Makanan bergizi dibutuhkan oleh tubuh agar tetap bekerja dengan sehat dan optimal.

Khususnya untuk mata, vitamin A, C, E, dan zinc mencegah terjadinya penurunan fungsi mata. Maka dari itu, kesehatan mata sangat bergantung pada kecukupan vitamin dan mineral tersebut.

Selain vitamin dan mineral, lutein dan zeaxanthin merupakan zat esensial lain yang mampu tingkatkan kinerja mata. Kedua zat ini bekerja dengan menjaga sel mata serta menghalau radikal bebas.

Jangan lupakan juga pentingnya asam lemak omega 3. Sifat anti radangnya mampu mencegah kerusakan mata.

Lalu, makanan apa yang mengandung semua zat di atas?

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, lobak, kacang polong, brokoli, selada, dan sawi mengandung banyak lutein serta zeaxanthin.

Kedua zat ini merupakan karotenoid yang ada dalam mata. Fungsinya adalah meningkatkan kepadatan pigmen mata, menghalang radikal bebas, dan menjaga sel-sel mata.

Dengan lutein dan zeaxanthin, penyakit mata seperti katarak serta rabun lansia pun dapat dicegah.

Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi terutama ikan laut seperti kembung, tenggiri, salmon, tuna, kakap, dan cakalang.

Asam lemak omega 3 atau DHA sangat penting untuk kesehatan retina mata serta pertumbuhan sel baru. Sifat anti-radangnya mampu membuat mata tetap fokus hingga anda lanjut usia.

Telur

Telur adalah sajian yang sangat praktis, hanya direbus saja sudah terasa enak. Ternyata di balik kepraktisannya, telur mengandung vitamin A, zinc, lutein, dan zeaxanthin yang penting untuk kesehatan mata.

Vitamin A dan zinc berfungsi untuk menjaga bagian kornea serta retina. Kedua bagian ini punya fungsi vital dalam proses penglihatan. Selain itu, retina yang baik bisa bantu anda melihat saat malam hari.

Sementara lutein dan zeaxanthin menurunkan resiko terjadi katarak serta mata buram (rabun) pada lansia.

Kacang-Kacangan

Hampir seluruh kacang dan biji-bijian seperti kacang tanah, biji bunga matahari, almond, walnut, dan kacang mede kaya akan vitamin E.

Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang melindungi jaringan mata dari radikal bebas. Bila dikonsumsi secara teratur, asupan vitamin E dapat cegah katarak serta penurunan fungsi makula (yang biasanya terjadi pada orang lanjut usia).

Kebutuhan vitamin E harian adalah 15 mg/hari. Supaya tercukupi, konsumsi kacang dan biji-bijian sebagai lauk makan maupun cemilan anda.

Susu dan Produk Turunannya

Susu serta produk turunannya mengandung vitamin A serta zinc yang tinggi. Contohnya yoghurt, keju, es krim, dan butter.

Zinc akan berperan dalam membawa vitamin A dari hati ke retina untuk menghasilkan pigmen pelindung mata, yaitu melanin. Vitamin A juga punya fungsi lain, salah satunya melindungi permukaan mata dari infeksi.

Buah Citrus dan Berry

Sudah diketahui secara umum bahwa buah citrus (jeruk, lemon, jeruk nipis) dan berry (anggur, strawberi, blueberry) kaya akan vitamin C.

Berdasarkan penelitian, vitamin C yang bersifat antioksidan ini mampu turunkan resiko katarak. Bersama zat gizi lainnya, vitamin C dapat menunda kerusakan mata pada lansia.

Mata yang sehat bisa jadi modal yang kuat untuk aktivitas sehari-hari. Yuk, jaga kesehatan mata dengan rutin konsumsi makanan di atas. Semangat beraktivitas!

 

 

Sumber:
Top Food to Protect Your Vision. 2013. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/top-foods-to-help-protect-your-vision
Look Fruits and Vegetables for Good Eye Health. 2006. https://www.health.ny.gov/publications/0911/
7 Best Foods for Eyes. 2017. https://www.healthline.com/health/eye-health/best-foods-for-eyes#fish
Diet and Nutrition. 2018. https://www.aoa.org/patients-and-public/caring-for-your-vision/diet-and-nutrition