Anda Mimpi Gigi Copot? Begini Penjelasan Secara Psikologisnya

Anda Mimpi Gigi Copot? Begini Penjelasan Secara Psikologisnya

Penulis: Devita | Editor: Ratna

Ditinjau oleh: dr. R.A Adaninggar Primadia Nariswari Sp.PD

Terakhir ditinjau: 12 Maret 2023

 

Pernahkah Anda mendengar mimpi gigi copot berarti ada orang terdekat yang akan meninggal? Pernyataan tersebut hanyalah mitos belaka. Mimpi gigi copot sebenarnya memiliki penjelasan ilmiah secara psikologi. Mimpi gigi copot memang sangat mengganggu dan Anda kemungkinan pernah mengalaminya selama hidup.

Ketika seseorang mengalami gigi copot cenderung akan terbangun secara mendadak dan bertanya apa makna mimpi tersebut. Seseorang langsung berpikiran akan kehilangan sesuatu atau seseorang begitu mengalami mimpi tersebut. Anda juga bisa menjadi cemas terhadap kesehatan gigi. Menurut penelitian hampir 39% orang pernah bermimpi gigi rontok, patah, atau busuk minimal sekali seumur hidup. Berikut ini penjelasan secara psikologi:

1. Mengalami Kecemasan

Menurut beberapa psikolog, mimpi kehilangan gigi mengindikasikan rasa kecemasan akibat tidak bisa mengendalikan suatu situasi. Dalam “The Loss of Teeth in Dreams: An Empirical Investigation” menjelaskan perbandingan antara seseorang yang mimpi mengalami gigi copot dengan orang yang mimpi terbang secara psikologi. Dijelaskan bahwa orang yang mimpi giginya copot cenderung lebih cemas dibandingkan orang dengan mimpi yang lain.

Baca Juga: Pahami Fakta Tentang Gangguan Kecemasan Umum

2. Kesedihan Karena Kehilangan

Mimpi gigi copot diinterpretasikan sebagai rasa sedih seseorang karena kehilangan benda, perceraian, kematian orang yang dicinta, kehilangan pekerjaan, hingga harta benda. Rasa sedih tersebut terbawa sampai alam bawah sadar sehingga memicu mimpi gigi copot.

3. Stres dan Depresi

Pekerjaan yang menumpuk ditambah masalah di rumah bisa membuat seseorang menjadi stres hingga depresi. Stres yang tidak bisa dihadapi dengan pikiran rasional dapat memicu reaksi psikis. Salah satu reaksi psikisnya adalah mimpi gigi copot. Mimpi ini menandakan Anda sedang berada di bawah tekanan kehidupan yang berat. Sedangkan depresi terdiri dari perasaan sedih dan bersalah berkepanjangan. Contohnya saat Anda merasa rendah diri kemudian membayangkan ada hal yang salah dengan kondisi fisik Anda. Hal tersebut juga bisa memicu alam bawah sadar Anda membentuk mimpi gigi copot.

4. Rasa Cemburu

Kecemburuan terhadap pasangan, kawan, atau kolega merupakan energi negatif yang bisa memupuk rasa dendam. Akibatnya Anda akan mengalami delusi, salah satunya mimpi mengalami gigi copot.

5. Kesehatan Tubuh Menurun

Mimpi gigi copot juga bisa mengindikasikan tubuh yang sedang tidak fit karena kurang asupan atau kurang berolahraga. Kurangnya perhatian pada kesehatan juga menyebabkan kualitas tidur jadi memburuk, salah satunya muncul mimpi gigi rontok.

6. Gigi Baru Sedang Tumbuh

Pada anak-anak atau remaja yang mengalaminya biasanya sedang dalam masa pertumbuhan gigi susu berganti gigi permanen. Saat mengalami mimpi tersebut, sebagai orang tua cobalah cek gigi anak Anda supaya tumbuh dengan baik.

7. Kebiasaan Menggertakkan Gigi

Anda memiliki kebiasaan menggertakan gigi tanpa disadari? Kebiasaan ini dapat memicu alam bawah sadar untuk menimbulkan mimpi gigi rontok karena ada rangsangan pada gigi. Atau sebaliknya, karena Anda mimpi gigi copot, tanpa disadari menggertakan gigi saat tertidur.

8. Terjadi Perubahan Besar di Dalam Diri

Stres, cemas, bahkan kebahagiaan yang berlebih berkaitan dengan perubahan besar dalam diri. Berpindah pekerjaan, resign, mendapat hadiah, hingga harus memilih diantara dua hal yang sulit, dapat mempengaruhi alam bawah sadar Anda. Anda mungkin menjadi selalu berpikir dan waspada terhadap perubahan baru tersebut, akibatnya, akan memicunya karena akumulasi kecemasan tersebut.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele 7 Gangguan Psikologis Ini

Sumber

Healthline (2019). 12 Interpretations for Dreams About Your Teeth Falling Out. www.healthline.com

Pshy News Daily. What Does It Means if You Have Dream about Losing Teeth?. www.psychnewsdaily.com

Sleep Foundation (2021). Dreaming About Your Teeth Falling Out? Here’s What it Could Mean. www.sleepfoundation.org

Wellesley Dental Group. EVER DREAM OF LOSING TEETH?. www.wellesleydentalgroup.com