Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat di Punggung

Image: allure.com

Penulis: Dita | Editor: Niahappy

Tubuh kita memproduksi minyak yang disebut sebum. Sebum ini dibuat di dalam kelenjar yang terhubung ke helai-helai rambut atau bulu kita. Sebum inilah yang menggerakkan folikel rambut untuk menambah kelembapan pada permukaan kulit dan rambut.

Jerawat sendiri terbentuk ketika ada sebum berlebih dan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Penumpukan ini kemudian menyumbat pori-pori kulit. Saat pori-pori sudah menampung terlalu banyak kotoran, terjadilah pembengkakan yang kita kenal dengan nama jerawat. Penyumbatan ini bisa terjadi di area kulit mana saja bahkan punggung.

Berbeda dengan jerawat biasa, jerawat di punggung memang cenderung lebih menjengkelkan. Selain sulit terdeteksi karena tidak terlihat, perawatannya pun jadi sulit karena posisinya yang susah dijangkau dengan tangan. 

Dalam kebanyakan kasus, jerawat punggung bisa hilang dengan melakukan perubahan gaya hidup dan menggunakan pengobatan rumahan. Simak beberapa tips berikut ini untuk membantu Anda menyingkirkan jerawat menjengkelkan di punggung Anda!

Baca Juga: 7 Langkah Mudah Menghilakan Jerawat Meradang

1. Mandi Setelah Berolahraga

Setelah mengeluarkan keringat karena berolahraga, debu, kotoran dan bakteri bisa jadi masalah terbesar yang menyebabkan munculnya jerawat di punggung. Jangan berlama-lama membiarkan tubuh dalam keadaan kotor. Mandi kemudian cucilah segera pakaian bekas olahraga yang Anda pakai.

2. Menggunakan Exfoliating Scrub

Gunakan scrub untuk exfoliating/membantu pengelupasan kulit yang lembut dengan bahan-bahan seperti asam salisilat dan benzoil peroksida untuk menghilangkan kotoran dan minyak ekstra dari kulit Anda. Ini bisa membantu mengurangi jumlah kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori.

3. Kenakan Pakaian Longgar

Kebiasaan olahraga yang salah bisa membuat kulit iritasi dan jerawat datang kembali. Misalnya menggunakan pakaian yang ketat bisa menjebak kotoran dan keringat kemudian menyumbat pori-pori kulit. Melakukan olahraga tanpa pakaian di atas mesin gym atau lantai yang kotor juga bisa mendatangkan masalah bagi kulit. Pakaian yang longgar memungkinkan kulit untuk ‘bernapas’ dan menghilangkan sisa-sisa keringat.

4. Gunakan Tea Tree Oil

Tea tree oil dibuat dengan menggunakan daun salah satu jenis pohon yang tumbuh di Australia. Selama bertahun-tahun, penduduk setempat memanfaatkannya untuk mengobati berbagai macam penyakit kulit. Sekarang, Anda bisa menemukan lotion, cleanser dan krim yang dibuat dengan menggunakan ekstrak tea tree oil. Kemampuannya membunuh bakteri dipercaya dapat menyembuhkan jerawat di punggung.

5. Gunakan Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat, sitrat, laktat dan suksinat yang mampu membunuh banyak jenis bakteri dan virus sehingga dapat menghilangkan jerawat di punggung Anda. Oleskan cuka apel yang sudah dicampur sedikit air di punggung Anda secara rutin sampai jerawat hilang.

Baca Juga: Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Pilih Produk Sunscreen dengan Hati-hati

Menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar matahari memang merupakan hal yang penting. Terutama jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan dan mengekspos kulit langsung di bawah cahaya matahari. Penggunaan tabir surya atau sunscreen yang berminyak dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu jerawat. Pastikan Anda memilih produk tabir surya yang bebas minyak dan ringan di kulit.

7. Lakukan Perawatan dengan Penuh Kehati-hatian

Sama seperti wajah, jerawat di punggung bisa semakin parah jika Anda menggosoknya terlalu keras. Menggunakan produk seperti sabun anti bakteri dan spons mandi yang terlalu kasar juga bisa memperparah jerawat. Aplikasikan produk skin care bebas pewangi dengan lembut untuk menjaga kondisi kulit agar tidak semakin parah.

8. Ganti Seprai dan Sarung Bantal Secara Berkala

Kasur adalah tempat bersarangnya debu, tungau dan sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan alergi pada kulit. Pastikan Anda mengganti seprai dan sarung bantal setidaknya dua kali dalam seminggu untuk menjaga punggung Anda bebas dari jerawat.

9. Ubah Pola Makan

Makanan ternyata terbukti dapat membantu Anda mengurangi jerawat. Menambah konsumsi makanan yang mampu melawan radang seperti daun-daun hijau (bayam, sawi dan lainnya) ikan dan tomat bisa membantu Anda mengatasi masalah jerawat. Selain itu, menyantap makanan rendah karbohidrat dengan memperbanyak konsumsi omega-3 (yang bisa didapatkan dari salmon, alpukat dan kacang kenari) juga bisa Anda lakukan di masa perawatan jerawat.

Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas jerawat masih juga membandel atau bahkan semakin parah, berkonsultasilah dengan dokter kulit. Anda mungkin memerlukan obat khusus dengan resep tertentu untuk meredakan jerawat yang muncul. Jangan menunda terlalu lama karena jika dibiarkan, jerawat ini bisa mengakibatkan infeksi. Semakin parah infeksi yang terjadi, semakin besar juga kemungkinan bekas lukanya tidak bisa hilang.

Ahli kulit biasanya akan menyarankan berbagai jenis pengobatan, tergantung tingkat keparahannya. Bisa menggunakan obat-obatan oles, obat minum atau keduanya.

Baca Juga: 10 Cara Alami Mengatasi Garis Halus pada Wajah

Sumber:
Verywell. (2019). How to Treat Back Acne and Body Acne. www.verywell.com
GQ. (2018). How to Get Rid of Back Acne Once and for All. www.gq.com
Healthline. (2017). How to Get Rid of Back Acne. www.healthline.com
Men’s Health. (2018). How to Get Rid Your Back Acne. www.menshealth.com