7 Langkah Mudah Hilangkan Jerawat Meradang

Image: elle.com

Masalah jerawat memang buat pusing dan bikin gemas. Kalau tidak rajin dan rutin pasti jerawat timbul kembali. Lalu bagaimana jika jerawat meradnag saat mendekati hari penting? Lakukan 7 langkah berikut in!

Langkah 1

Balut es batu dengan handuk atau kain lembut yang bersih. Kemudian pijat secara merata ke daerah jerawat yang meradang. Kalau terlalu besar bisa dipecah jadi kecil-kecil.

Lakukan sekitar 10 menit agar kemerahan karena radang berkurang. Hati-hati jangan sampai menekan jerawat karena bisa iritasi.

Setelah kemerahan berkurang, cuci muka dengan air bersih.

Langkah 2

Lakukan pengangkatan (eksfoliasi) sel kulit mati dengan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat. Tujuannya agar sel kulit mati tidak menyumbat pori-pori yang sebabkan timbulnya jerawat baru.

Saat lakukan eksfoliasi, jangan terlalu keras menggosok wajah. Diamkan sebentar sebelum dibilang agar sel kulit mati terangkat bersama sabun.

Selain angkat sel kulit mati, asam salisilat juga dapat bantu pengobatan jerawat yang meradang serta mencegahnya timbul kembali.

Sebagai saran, lakukan pengelupasan hanya satu kali seminggu karena dapat buat kulit wajah sangat kering. Gunakan krim pelembap sesudahnya untuk kembalikan kelembapan kulit.  Untuk bersihkan muka sehari-hari dapat menggunakan pembersih biasa.

Bahan selain asam salisilat yang berfungsi untuk pengelupasan kulit adalah retinoid. Penggunaan retinoid kuat harus dengan resep dokter

Baca Juga: Langkah Tepat Membersihkan Wajah pada Kulit Berjerawat

Langkah 3

Selanjutnya gunakan krim oles untuk redakan peradangan. Salah satu bahan aktif yang biasa digunakan adalah benzoyl peroxide yang mampu bunuh bakteri penyebab jerawat.

Sebelum dioleskan, gunakan pelembab terlebih dahulu supaya tidak iritasi. Mulai gunakan benzoyl peroxide dari persentase paling kecil. Oleskan dengan sangat tipis untuk hindari kulit yang merah dan rasa terbakar.

Tipsnya, hanya oleskan di bagian yang berjerawat saja bukan untuk seluruh wajah.

Langkah 4

Untuk hilangkan kemerahan bekas jerawat, gunakan krim kortison. Oleskan hanya pada bagian yang merah hingga benar-benar hilang. Namun terlebih dulu pastikan benzoyl peroxide telah kering sempurna.

Biasanya krim kortison mengandung steroid dosis rendah yang bantu kecilkan jerawat dan hilangkan kemerahannya. Diamkan lama agar efeknya maksimal.

Langkah 5

Lakukan langkah pencegahan agar jerawat tidak muncul lagi dengan selalu pakai sunblock atau sunscreen. Sebab paparan sinar matahari bisa buat bekas jerawat menghitam dan semakin terlihat. Kulit pun terlihat lebih kusam.

Langkah 6

Lakukan pengangkatan sel kulit mati (eksfoliasi) secara rutin seminggu sekali. Ini sebagai langkah mencegah penumpukan sel kulit mati penyebab jerawat.

Langkah 7

Konsultasi dengan dokter kulit untuk masalah jerawat yang lebih komplek. Dokter akan berikan pengobatan sesuai keluhan dan jenis kulit anda.

Terpenting adalah niat dan kerutinan untuk menjalankan. Semoga berhasil!

Baca Juga: Alasan Olahraga Bisa HIlangkan Jerawat

 

 

Sumber:

How to Treat Inflamed Acne. 2017. https://www.livestrong.com/article/198061-how-to-treat-inflamed-acne/
How to Get Rid on Inflamed Acnes. 2018. https://www.healthline.com/health/inflamed-acne#treatment
4 Step to Getting Rid of Cystic Pimples Fast. 2018. https://www.allure.com/story/get-rid-of-cystic-acne-fast