7 Cara Mengobati Radang Gusi (Gingivitis)

Image: draxe.com

Penulis: Dhiya | Editor: Niahappy

Apakah Anda sedang mengalami gusi yang bengkak? Jika begitu, Anda menderita pembengkakan gingiva atau yang disebut radang gusi. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai hal seperti gingivitis yang menyebabkan iritasi dan gusi Anda bengkak, kehamilan, Infeksi, dan malnutrisi.

Radang gusi membuat Anda tidak nyaman dan menimbulkan rasa sakit yang bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Saat makan dan minum air yang sedikit dingin pun membuat mulut Anda gemetar karena radang gusi. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena radang gusi bisa diobati oleh beberapa cara berikut ini:

Baca Juga: Cara Merawat dan Mengatasi Gigi Sensitif

1. Air Garam

Garam membantu mencegah pertumbuhan bakteri di mulut anda serta membantu mengurangi bakteri pada gusi yang menyebabkan pembengkakan. Untuk berkumur dengan air garam Anda hanya memerlukan satu sendok makan garam dan segelas air hangat. Aduk sampai larut dan bilas mulut Anda dengan air garam tersebut. Lakukan dua kali sehari sampai bengkak mereda, khususnya saat pagi dan malam hari. Air garam adalah salah satu solusi yang paling umum digunakan karena dapat menetralkan pH mulut dan menenangkan gusi yang meradang.

2. Obat Kumur

Selain menggunakan obat kumur yang ada di pasaran, sebaiknya gunakan obat kumur dari resep dokter yang memiliki antimikroba. Anda mungkin perlu menggunakan obat kumur ini setelah menyikat gigi. Kemungkinan obat kumur ini akan membuat Anda sedikit geli atau sensitif setelah menggunakan obat kumur yang diresepkan. Hal ini normal karena obat kumur mengairi bakteri dari kantong di sekitar gigi Anda.

3. Kompres Panas atau Dingin

Anda bisa mengompres pipi dengan kompres panas atau dingin. Untuk kompres dingin, gunakan kantong plastik kecil dan isi dengan es batu atau Anda bisa menggunakan lap bersih sebagai pengganti kantong plastik. Anda juga dapat membuat kompres dingin dengan memasukkan ke dalam freezer terlebih dahulu.

Untuk kompres panas, panaskan air ke suhu yang tidak mendidih. Rendam kain bersih dalam air panas, lalu peras air berlebih dan tempelkan dengan lembut kain hangat ke pipi yang mengalami gusi bengkak. Gunakan salah satu cara tersebut sampai rasa sakit mereda atau gunakan secara bergantian.

4. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh memiliki sifat anti-inflamasi. Untuk membuatnya, gunakan 2-3 tetes minyak cengkeh dan oleskan pada gusi yang bengkak, lalu pijat dengan lembut. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bola kapas yang telah dicelupkan ke minyak cengkeh, kemudian gosokan bola kapas pada gusi Anda selama 3-4 menit atau sampai rasa sakit mulai berkurang.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak cengkeh yang dicampur dengan lada hitam untuk mengurangi peradangan gusi. Para ahli juga merekomendasikan mengunyah cengkeh sebagai alternatif lain.

5. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya dinilai sama efektifnya dengan resep perawatan gingivitis dalam menyembuhkan dan mencegah radang gusi. Yang harus Anda lakukan adalah ambil gel lidah buaya dan oleskan pada gusi, lalu diamkan selama mungkin dan bilas mulut Anda.

Sebaiknya oleskan gel lidah buaya dua kali sehari. Gel lidah buaya memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan. Ini menyembuhkan pembengkakan dan kelembutan pada gusi Anda dan membunuh bakteri berbahaya.

6. Minyak Esensial

Minyak esensial seperti chamomile, tea tree, dan peppermint dapat meredakan rasa sakit pada gusi yang bengkak. Semua bahan tersebut efektif dalam mencegah pertumbuhan mikroorganisme penyebab penyakit di mulut. Minyak chamomile dapat menenangkan gusi yang meradang, minyak tea tree dan peppermint bermanfaat sebagai agen antimikroba yang kuat.

Untuk membuatnya tuangkan minyak esensial ke dalam segelas air dan kumur selama 2-3 menit. Lalu bilas mulut Anda sampai bersih. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke pasta gigi Anda ketika menyikat gigi, karena memiliki efek positif pada gusi yang bengkak.

7. Obat Pereda Nyeri

Selain menggunakan cara yang telah disebutkan, Anda juga bisa menggunakan penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti ibuprofen atau acetaminophen yang dapat membantu mengurangi radang gusi. Anda bisa menggunakan obat anti-inflamasi untuk sementara. Pastikan untuk mengikuti instruksi sesuai dosis yang tertera pada botol obat. Selain itu, konsultasikan dengan dokter.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengoleskan benzocaine ke gusi yang sakit. Dapatkan gel atau pasta yang dijual bebas yang mengandung sekitar 20 persen benzocaine. Namun, bukan solusi yang baik jika Anda menggunakan benzocaine sebagai solusi jangka panjang karena hanya akan memberikan penghilang rasa sakit sementara.

Obat alami adalah salah satu cara untuk mengobati radang gusi yang bengkak. Namun, perlu dipahami bahwa pengobatan di rumah hanya dapat meringankan beberapa gejala penyakit gusi. Ketika bakteri dan penumpukan terjadi di bawah gusi, Anda perlu pengobatan medis.

Baca Juga: Penyebab Bau Mulut dan Cara Menghilangkannya

Sumber:
Healthline. Swollen Gums: Possible Causes and Treatments. Healthline.com
Healthline. Home Remedies for Swollen Gums. Healthline.com
Healthline. How to Get Quick Relief from Gum Pain. Healthline.com
Medical News Today. (2019). What can cause gum pain?. Medicalnewstoday.com
STYLECRAZE. (2019). 14 Simple Home Remedies To Treat Swollen Gums.  Stylecraze.com
WikiHow. (2019). How to Cure Swollen Gums. Wikihow.com
WikiHow. (2019). How to Treat Gum Disease With Homemade Remedies. Wikihow.com