Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam bagi Kesehatan

Image: healthextremist.com

Penulis: Dhiya | Editor: Niahappy

Teknik merendam kaki biasanya dilakukan di tempat foot spa yang dapat membuat otot kaki menjadi lebih rileks. Melakukan foot spa dengan merendam kaki ternyata sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Nah, salah satunya adalah menggunakan air garam. Salah satu jenis bumbu dapur tersebut mengandung elektrolit dan senyawa anti-inflamasi yang tinggi dan dapat digunakan untuk mengatasi tumit yang pecah.

Tidak hanya itu, merendam kaki dengan air garam khususnya air garam hangat memiliki manfaat lain bagi kesehatan. Selain mudah di lakukan di rumah, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan perawatan kaki yang satu ini. Cari tahu yuk manfaat merendam kaki dengan air garam berikut ini:

Baca Juga : Manfaat dan Melakukan Senam Wajah

1. Meredakan Stres

Jika Anda termasuk orang yang memiliki aktivitas padat yang membuat stres, Anda wajib mencoba meredakan stres dengan merendam kaki dengan air garam. Garam mengandung magnesium yang berperan penting dalam lebih dari 300 fungsi biokimia dalam tubuh. Hal ini berkaitan erat dengan meningkatnya stres dan kecemasan.

Magnesium yang terkandung dalam garam mampu menghilangkan stres dengan beberapa cara yaitu membatasi pelepasan hormon stres dan mencegahnya masuk ke otak. Serta dapat berkontribusi pada stres, kecemasan, dan depresi. Setelah diserap, magnesium bersama konversi triptofan dan asam amino membuat Anda merasakan sensasi kepuasan dan relaksasi.

Oleh karena itu, magnesium membantu rileks dan menghidupkan kembali otot-otot kaki Anda. Selain itu, membantu mengendurkan otot, mengurangi kram dan kejang serta mengembalikan sel darah merah dan mengurangi peradangan.

2. Mengurangi Rasa Sakit

Bagi Anda pekerja yang menuntut diri selalu berdiri dalam waktu yang lama, terutama jika Anda sering memakai sepatu hak tinggi yang tentunya dapat membuat kaki Anda merasa sakit. Cara mengatasi hal tersebut dapat Anda lakukan di rumah dengan merendam kaki di air garam. Merendam kaki dengan air garam dapat mengurangi peradangan, mengurangi kram otot, dan menghilangkan penumpukan racun.

Selain itu, garam juga dapat menghilangkan racun dari tubuh yang dapat menyebabkan iritasi, peradangan, dan nyeri tubuh. Garam mungkin tidak akan secara langsung mengobati rasa sakit, namun dapat membantu mengurangi pembengkakan atau melembutkan kulit agar perawatan menjadi lebih efektif. Penelitian juga menemukan bahwa garam dapat memberikan sifat antibakteri.

3. Mengatasi Infeksi Jamur

Merendam kaki dengan air garam dapat menyembuhkan kuku yang tumbuh ke dalam atau biasa disebut dengan cantengan. Kuku yang tumbuh ke dalam merupakan infeksi jamur. Tentunya hal tersebut dapat mengganggu aktivitas Anda dan terasa sangat nyeri. Maka Anda perlu merendam kaki dengan air garam.

Air garam membantu menghilangkan infeksi dan melembutkan kulit untuk membantu meningkatkan efek obat. Dengan demikian, dapat membuat Anda lebih mudah memotong kuku yang tumbuh ke dalam. Untuk melakukan ini, rendam kaki Anda dengan air garam selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu tepuk-tepuk kaki hingga kering dan potong kuku yang mengganggu tersebut.

4. Mengatasi Kaki Pecah-pecah

Kaki pecah-pecah paling sering dialami oleh wanita, khususnya akibat penggunaan sepatu heels atau masalah kesehatan lainnya. Anda dapat merendam kaki dengan air garam untuk pengelupasan sekaligus melembapkan kaki Anda. Garam berfungsi sebagai exfoliant untuk melembutkan kulit kaki yang kasar dan pecah-pecah.

Sebaiknya Anda juga melakukannya sambil memijat supaya garam mendapatkan dorongan untuk lebih meresap. Selain itu air garam juga membantu mengangkat sel kulit mati dan menurunkan risiko Anda menderita iritasi kulit.  Rendam kaki Anda selama 10 menit dengan bantuan batu apung dan gosokkan secara perlahan untuk merontokkan sel kulit mati di kaki Anda. Sebaiknya lakukan dua kali seminggu sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang efektif.

Baca Juga : Cara Alami Mengatasi Kaki Pecah-pecah

5. Menghilangkan Bau Kaki

Bau kaki biasanya terjadi karena seringnya memakai sepatu atau keringat yang dihasilkan dari kaki. Salah satu obat murah dan efektif untuk mengatasinya adalah merendam kaki dengan air garam. Air garam memiliki sifat antibakteri dan menghambat pertumbuhan bakteri sehingga membantu Anda mengatasi bau kaki.

Lakukan dengan merendam kaki di air garam selama beberapa menit kemudian cuci kaki Anda dengan air dingin atau gosokkan es batu pada kaki Anda. Lakukan secara teratur untuk mencegah keringat berlebih yang menyebabkan bau kaki. Selain itu pastikan juga untuk menjaga kebersihan sepatu yang Anda gunakan supaya terhindar dari bau kaki yang menyengat. Atau sering mengganti alas kaki supaya kaki Anda dapat bernafas sehingga kelembapan berlebih pun dapat keluar.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang dapat Anda rasakan jika merendam kaki dengan air garam. Namun, jika Anda memiliki sakit kaki yang kronis, air garam bukanlah solusi yang baik untuk mengatasinya. Sebaiknya konsultasikan segera dengan dokter jika Anda mengalami nyeri atau luka yang tidak kunjung sembuh. 

Merendam kaki dengan air garam hanya cocok bagi Anda yang ingin memberikan perhatian lebih pada kaki atau sekedar menghabiskan waktu untuk merawat diri. Umumnya perawatan ini aman digunakan sebanyak dua hingga tiga kali seminggu selama 20-30 menit. Jika Anda merasa kaki Anda menjadi terlalu kering, sebaiknya segera kurangi merendam kaki dengan air garam. Selamat mencoba!

Baca Juga : Tips Mengatasi Bau Kaki

Sumber:
LIVESTRONG.COM. Benefits of Soaking Feet in Epsom Salt. www.livestrong.com
The Salt Box. (2018). A Guide to Stress Relief with a Relaxing Epsom Salt Soak. www.thesaltbox.com
Natural Living Ideas. (2018). 7 Reasons to Soak Your Feet in Epsom Salt + How to Do It. www.naturallivingideas.com
Healthline. Epsom Salt Foot Soak. www.healthline.com
The Health Site. (2016). 7 Health and Beauty Benefits of Salt Water You Must Know! www.thehealthsite.com