Mengenal Macam-macam Vitamin dan Manfaatnya

Mengenal Macam-macam Vitamin dan Manfaatnya

Penulis: Putri | Editor: Handa

Vitamin merupakan senyawa organik yang dibutuhkan manusia dalam jumlah yang kecil. Sebagian besar, vitamin berasal dari makanan, karena tubuh tidak memproduksinya atau memproduksi sangat sedikit. Terdapat banyak macam vitamin dan masing-masing vitamin memiliki peran serta manfaat berbeda-beda pula untuk tubuh manusia.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai macam-macam vitamin dan apa saja manfaatnya. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui jenis makanan apa saja yang merupakan sumber vitamin terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh:

1. Vitamin A

Vitamin A memiliki nama lain retinol, retinal, dan “empat karotenoid”. Vitamin A termasuk jenis vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini memiliki manfaat yang sangat penting untuk kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga secara alami dapat membantu sistem kekebalan tubuh Anda bekerja dengan baik serta menjaga kesehatan kulit dan selaput beberapa bagian tubuh, seperti hidung.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja dan keratomalasia, yang menyebabkan lapisan depan mata yang bening menjadi kering dan keruh. Makanan yang menjadi sumber vitamin A terbaik, seperti minyak ikan cod, hati, wortel, brokoli, ubi jalar, mentega, kangkung, bayam, labu, keju, telur, aprikot, melon, dan susu. Anda membutuhkan vitamin A sekitar 0,5 – 0,6 mg per hari.

2. Vitamin B

Vitamin B merupakan vitamin yang terbagi lagi ke dalam beberapa jenis. Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan proses metabolisme terganggu. Penyakit yang dapat timbul akibat kekurangan vitamin ini adalah beri-beri, dermatitis, anemia, dan diare.

Terdapat 8 jenis vitamin B dengan masing-masing manfaat berbeda bagi tubuh, antara lain:

  • Vitamin B1 (Thiamin). Vitamin B1 bermanfaat untuk mengubah makanan menjadi energi serta menjaga kesehatan sistem saraf. Sumber vitamin B1 terdapat pada makanan, seperti sereal, biji-bijian, beras merah, gandum hitam, kangkung, kembang kol, kentang, jeruk, hati, dan telur.
  • Vitamin B2 (Riboflavin). Vitamin ini juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh dan membantu metabolisme makanan. Vitamin B2 terdapat pada makanan, seperti pisang, telur, susu, daging sapi, ikan, keju, yogurt, dan kacang hijau.
  • Vitamin B3 (Niacin). Vitamin ini membantu sel tubuh mengubah makanan menjadi energi, menjaga kesehatan sistem saraf, dan kesehatan kulit. Sumber vitamin B3 terdapat pada ayam, daging sapi, tuna, salmon, susu, telur, tomat, brokoli, wortel, kacang-kacangan, biji-bijian,dan tahu.
  • Vitamin B5 (Pantothenic Acid). Vitamin ini penting untuk membantu tubuh menghasilkan energi dan hormon. Jenis makanan yang mengandung banyak vitamin B5, yaitu daging, biji-bijian, brokoli, alpukat, dan yogurt.
  • Vitamin B6 (Pyridoxine). Vitamin ini sangat penting untuk pembentukan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sumber vitamin B6 yang baik ada pada buncis, hati sapi, pisang, labu, dan kacang-kacangan.
  • Vitamin B7 (Biotin). Vitamin ini membantu tubuh memproduksi asam lemak, serta membantu tubuh memproduksi keratin, yaitu zat protein struktural yang ada di kulit, rambut, dan kuku secara alami. Vitamin B7 terdapat pada makanan, seperti kuning telur, hati, brokoli, bayam, dan keju.
  • Vitamin B9 (Folic Acid). Vitamin  ini membantu tubuh membentuk sel darah merah yang sehat. Asam folat pada vitamin B9 ini juga penting dikonsumsi ibu hamil, karena berfungsi mengurangi risiko kelainan bawaan atau cacat lahir pada bayi. Anda bisa banyak mengonsumsi makanan, seperti sayuran berdaun, kacang polong, kacang-kacangan, hati, dan biji-bijian untuk memperoleh vitamin B9.
  • Vitamin B12 (Cyanocobalamin). Vitamin ini membantu pembentukan sel darah merah, serta memelihara fungsi saraf. Sumber vitamin B12 terdapat pada makanan seperti ikan, daging sapi, telur, susu, sereal, dan kedelai.

Baca Juga : Asam Askorbat (Vitamin C): Fungsi, Aturan Pakai, dan Efek Sampingnya

3. Vitamin C

Nama lain vitamin C adalah ascorbic acid. Vitamin ini dikenal memiliki segudang manfaat bagi tubuh, antara lain membantu memproduksi kolagen, penyembuhan luka, dan pembentukan tulang. Vitamin C juga berfungsi memperkuat pembuluh darah, mendukung sistem kekebalan, membantu tubuh menyerap zat besi, dan sebagai antioksidan.

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyakit kulit, gusi berdarah, serta memperlambat proses penyembuhan luka. Vitamin C dapat ditemukan di berbagai macam sayuran dan buah, seperti jeruk, stroberi, anggur, brokoli, paprika, kubis, kentang, dan masih banyak lagi. Setiap harinya, tubuh membutuhkan vitamin C sebanyak 50 – 90 mg.

4. Vitamin D

Vitamin ini bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium yang berguna bagi pertumbuhan tulang, khususnya bagi anak-anak. Jika tubuh Anda kekurangan vitamin D dapat menyebabkan berbagai masalah tulang, seperti rakhitis dan nyeri tulang.

Paparan sinar UVB dari matahari atau sumber lain menyebabkan tubuh memproduksi vitamin D. Anda juga dapat memperoleh vitamin D dari makanan, seperti ikan berlemak, telur, hati sapi, dan jamur. Anda membutuhkan vitamin ini sebanyak 15 – 20 mcg per hari.

5. Vitamin E

Vitamin E membantu menjaga kesehatan kulit dan mata, serta memperkuat pertahanan alami tubuh terhadap penyakit dan infeksi. Kekurangan vitamin E, meskipun jarang terjadi, dapat menyebabkan anemia hemolitik pada bayi baru lahir.

Sumber vitamin E yang baik terdapat pada makanan, seperti bibit gandum, kiwi, almond, telur, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan minyak sayur. Anda membutuhkan vitamin ini sebanyak 11 – 15 mcg per hari.

6. Vitamin K

Vitamin K memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah serta menjaga kekuatan tulang. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan risiko perdarahan dan patah tulang. Vitamin K banyak terdapat pada sayuran hijau, labu, buah ara, dan peterseli. Setiap harinya, Anda membutuhkan vitamin K sebanyak 35 – 65 mcg.

Baca Juga : 10 Makanan Alami Kaya Vitamin K

Sumber

Medical News Today. (2020). What are vitamins, and how do they work?. www.medicalneswtoday.com
National Health Service. Vitamins and minerals. www.nhs.uk
Harvard Health Publishing. Listing of Vitamin. www.health.harvard.edu
Web MD. Vitamins and Minerals From A to Z. www.webmed.com
Help Guide. Vitamins and Minerals.www.helpguide.org