6 Cara Menghilangkan Komedo

www.schoolmum.com

Penulis : Dhiya | Editor : Niahappy

Masalah kulit di wajah pernah dialami oleh semua orang seperti jerawat, kulit berminyak, kulit bersisik, wajah kusam, dan komedo. Salah satu masalah kulit yang kerap muncul di wajah adalah komedo. Walaupun bentuknya kecil dan terlihat samar, namun bisa mengganggu penampilan dan rasa percaya diri.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa komedo hitam biasanya muncul di area wajah terutama di bagian hidung. Namun komedo juga dapat tumbuh di area punggung, tengkuk, dan dada. Sebelum mengetahui pembahasan lebih lanjut, sebaiknya Anda perlu mengetahui terlebih dulu apa yang menyebabkan munculnya komedo hitam berikut ini.

– Kulit yang memproduksi sebum (minyak) berlebih.
– Kulit yang terlalu kering.
– Perubahan hormon yang menyebabkan tingginya produksi minyak.
– Mengkonsumsi makanan tertentu dengan kandungan gula dan lemak tinggi.
– Sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit.
– Sering menekan jerawat dengan chemical peels.
– Iritasi pada folikel rambut yang menyebabkan pelepasan sel kulit mati terganggu.

Masalah komedo hitam di wajah memang cukup menyebalkan dan sulit dihindari. Namun ada beragam cara untuk membersihkannya. Berikut ini cara efektif membersihkan komedo di wajah yang bisa Anda coba.

Baca Juga : 5 Tips Meratakan Tekstur Wajah

1. Uap Air Hangat

Langkah awal yang bisa Anda lakukan sebelum mengaplikasikan cara-cara selanjutnya adalah menyiapkan air hangat di wadah. Cara ini dilakukan untuk membantu membuka pori-pori kulit Anda sehingga akan mempermudah proses pengangkatan kotoran yang ada di hidung. Lakukan dengan cara mengarahkan wajah mendekati wadah air hangat tersebut, diamkan kurang lebih selama 5 menit. Lalu biarkan uap air hangat membuka pori-pori Anda.

2. Claymask

Claymask dikenal sebagai bahan natural yang mampu mengangkat komedo. Clay akan menyerap minyak berlebih yang ada di wajah. Selain itu clay juga mampu mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori. Caranya Anda bisa membeli produk claymask dan oleskan pada bagian hidung yang berkomedo. Diamkan selama kurnag lebih 15 menit lalu bilas wajah dengan air mengalir.

Baca Juga : 7 Manfaat Clay Mask untuk Wajah

3. Masker Putih Telur

Putih telur tidak hanya enak untuk dikonsumsi saja, namun sangat baik untuk melakukan perawatan wajah. Putih telur memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat, namun bermanfaat juga untuk membersihkan komedo hitam. Putih telur mengandung banyak protein dan mikronutrien yang bermanfaat untuk mengenyalkan wajah. Selain itu putih telur juga mampu mengecilkan pori-pori sehingga kotoran dari luar tidak menumpuk pada kulit wajah. Jadi Anda bisa terhindar dari komedo yang menumpuk di hidung.

Caranya pisahkan putih telur dari kuningnya, lalu oleskan pada bagian hidung yang berkomedo dan diamkan selama 10 – 15 menit supaya meresap ke wajah. Setelah itu bersihkan wajah dengan air dingin. Lakukan 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

4. Gel Lidah Buaya

Sudah banyak produk gel lidah buaya yang dijual di pasaran. Namun untuk menghilangkan komedo, sebaiknya Anda mengambil gel lidah buaya alami dari daun lidah buaya. Tidak hanya mengecilkan pori-pori wajah, gel lidah buaya juga bermanfaat untuk menyegarkan, melembapkan, dan mencerahkan wajah.

Caranya ambil 1sdt lidah buaya dan oleskan pada bagian wajah yang berkomedo. Diamkan selama 15 menit, setelah kering bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

5. Pasta Gigi dan Garam

Pasta gigi memang bukan bahan alami karena produk dari pabrik. Namun Anda bisa menggunakan pasta gigi herbal untuk membersihkan komedo di wajah. Pasta gigi mengandung fluoride dan mineral yang bermanfaat untuk menghaluskan wajah yang kasar akibat komedo. Serta bulir-bulir garam dapat berfungsi sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati.

Caranya campurkan 1sdt pasta gigi dan 1sdt garam. Oleskan campuran tersebut pada hidung dan diamkan hingga 10 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air bersih. Lakukan sebanyak 2 – 3 kali seminggu.

6. Baking Soda dan Lemon

Baking soda merupakan bahan dapur yang bisa dijadikan eksfoliating yang dapat mengangkat sel kulit mati. Selain itu baking soda juga bermanfaat untuk mengatur produksi minyak di kulit dan membantu menjaga kadar ph kulit. Sedangkan lemon bermanfaat untuk membersihkan dan menutrisi pori-pori karena mengandung vitamin C.

Caranya menggunakannya yaitu campurkan 1sdt baking soda dan ½ sdt air lemon. Oleskan campuran tersebut dibagian wajah yang berkomedo. Setelah kering cuci wajah dengan air dingin. Lakukan cara ini seminggu sekali. Sebaiknya lakukan cara ini saat malam hari, karena jika siang hari Anda terpapar sinar matahari, kulit akan lebih sensitif karena penggunaan lemon.

Itulah beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan di rumah. Selain mudah dan hemat, sebaiknya Anda rutin melakukan perawatan di atas dan rajin membersihkan wajah. Selamat mencoba!

Baca Juga : Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sumber:
Allure. How to Get Rid Blackheads. www.allure.com
Kompas.com. 5 Tahap Menghilangkan Komedo Hitam di Wajah. Lifestyle.kompas.com
Merdeka.com. (2017). 15 Cara Menghilangkan Hitam di Hidung dengan Cepat dan Alami. www.merdeka.com
Healthline. (2017). 12 Ways to Get Rid of Blackhole. www.healthline.com