Manfaat Clay Mask Untuk Wajah

Image: adorebeauty.com

Penulis : Dhiya | Editor: Niahappy

Masker merupakan salah satu skincare wajib bagi wanita. Karena masker memiliki segudang manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Walaupun Anda tidak memiliki masalah kulit wajah, masker tetap dibutuhkan untuk membantu menghidrasi kulit.

Nah, salah satu masker yang sedang populer sampai saat ini adalah clay mask. Clay mask banyak digunakan bagi wanita pemilik kulit wajah berminyak. Namun sebenarnya clay mask cocok untuk berbagai jenis kulit jika digunakan sesuai takarannya. Sekalipun bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering dan sensitif, clay mask bisa menjadi solusi yang tepat.

Clay mask bermanfaat untuk kecantikan sekaligus kesehatan kulit wajah. Mau tahu apa saja manfaatnya? Berikut beberapa manfaat mengagumkan yang bisa Anda dapatkan saat memakai clay mask.

Baca Juga : Ketahui Manfaat Penggunaan Masker untuk Wajah

1. Mengontrol Produksi Sebum yang Berlebih

Pada dasarnya, secara alami kulit wajah menghasilkan minyak yang disebut sebagai sebum. Sebum tersebut berfungsi untuk melindungi dan melembapkan wajah. Banyak yang mengira jika kulit berminyak akan membuat terlihat lebih muda, namun itu tidak benar. Jika kulit wajah Anda menghasikan terlalu banyak sebum, maka akan membuat kulit Anda berjerawat, komedo, dan kulit berminyak.

Terutama ketika sistem kekebalan tubuh terlalu aktif, baik itu dari infeksi, stres, dan auto imunitas yang dapat memproduksi sebum secara berlebihan. Clay mask dapat menyerap sebum berlebih dan membersihkan pori-pori yang tersumbat akibat minyak berlebih yang dihasilkan.

2. Memulihkan Keseimbangan Kulit

Jika Anda memiliki kulit wajah kombinasi, clay mask merupakan solusi yang tepat. Karena clay mask dikenal mampu menyerap minyak dari permukaan kulit tanpa membuat kulit wajah kering. Tidak seperti masker biasa yang membuat kulit wajah menjadi kering setelah menggunakannya. Clay mask dapat membuat kulit wajah Anda terlihat seimbang dan rata.

3. Membersihkan Wajah dari Racun dan Kotoran

Bagi Anda yang memiliki aktivitas yang padat di luar ruangan, clay mask dapat membantu Anda memaksimalkan pembersihan wajah. Racun lingkungan yang bercampur dengan kotoran serta minyak berlebih dapat memicu timbulnya jerawat dan kerusakan kulit. Clay mask dapat menghilangkan racun dan kotoran di kulit wajah. Karena clay mask dapat mengikat serta menarik racun dan kotoran dari permukaan kulit.

Clay mask mampu membersihkan kulit wajah dengan lembut tanpa menyebabkan iritasi dan mampu menghidrasi kulit wajah Anda. Setelah menggunakan clay mask, wajah Anda akan terasa mengencang dan segar. Selain itu clay mask memiliki sifat detoksifikasi alami yang luar biasa. Detoksifikasi tersebut yang berfungsi menarik racun dan kotoran dari kulit wajah.

4. Cocok untuk Semua Jenis Kulit

Biasanya masker wajah memiliki varian untuk jenis kulit tertentu. Namun jika Anda menggunakan clay mask, tidak perlu khawatir. Karena clay mask cocok untuk semua jenis kulit, mulai dari kulit berminyak, sensitif, kombinasi, sampai kulit kering. Sifat clay mask yang lembut tidak akan mengiritasi kulit sensitif atau membuat kering kulit semakin menjadi kering. Clay mask juga dapat meningkatkan elastisitas dan meminimalkan tanda-tanda penuaan.

5. Melembutkan dan Mencerahkan Wajah

Clay mask memiliki nutrisi yang disebut silica. Silica merupakan mineral  yang paling melimpah di dalam tubuh dan bisa didapatkan dari makanan. Namun sebagian orang tidak cukup mendapatkannya hanya dari makanan. Mineral ini yang bertanggung jawab untuk memproduksi jaringan ikat seperti otot, tendon, tulang rawan, kolagen, ligamen, kulit dan tulang.

Saat mineral berlimpah di dalam tubuh, dapat mendukung jaringan ikat yang kuat dan sehat sehingga membuat kulit Anda sangat lembut dan halus. Clay mask juga mampu mencerahkan kulit wajah yang kusam. Kulit kusam merupakan hasil dari kurangnya pengelupasan kulit dan perawatan kulit yang tepat. Anda hanya perlu memakai clay mask selama 10 menit sebanyak beberapa kali dalam seminggu.

6. Dapat Disimpan dalam Waktu Lama

Bagi Anda yang biasa memakai masker sekali pakai seperti sheet mask, sebaiknya mulai sekarang ditinggalkan saja. Karena clay mask bisa dipakai berkali-kali dalam waktu yang lama. Sehingga Anda bisa menghemat masker sekaligus menghemat pengeluaran untuk skincare.

7. Anti Bakteri

Clay mask tidak hanya berfungsi mengikat racun dan kotoran, tapi juga mampu mengikat bakteri dan patogen yang berbahaya. Clay mask mampu membawa bakteri kering ke permukaan kulit untuk kemudian dibersihkan. Jadi dapat mengurangi kelebihan populasi bakteri patogen yang menyebabkan masalah kulit.

Clay mask juga berfungsi sebagai anti biotik alami yang dapat menyembuhkan infeksi kulit bahkan dapat menyembuhkan dermatitis, psoriasis, dan eksim. Bahkan clay mask dinilai lebih efektif daripada anti biotik lainnya. Karena tidak akan sepenuhnya menghapus bakteri ramah yang dapat meningkatkan kekebalan kulit yang sehat.

Clay mask sebaiknya digunakan secara teratur, namun bukan berarti dapat digunakan setiap hari. Dianjurkan untuk mengaplikasikannya sebanyak 1 -2 kali seminggu untuk membantu memulihkan serta mempertahankan kulit yang indah dan segar. Bagaimana? Tertarik untuk mengganti masker wajah biasa dan beralih ke clay mask?

Selamat mencoba!

Baca Juga : 5 Tips untuk Mengatasi Tekstur Wajah yang Tidak Merata

Sumber:
PopBela. (2018). 5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Menambahkan Clay Mask dalam Skincare Routine-mu. www.popbela.com
PopSugar. (2018). 5 Reason a Clay Mask is 1 Step Your Skincare Routine Needs. www.popsugar.com
Mera Muda. (2017). Clay Mask 101: Manfaat dan Rekomendasi Clay Mask Terfavorit. Meramuda.com
Nayelle. (2018). The Top Benefits of  Using a Clay Face Mask. Nayelle.com
L’Oreal. (2018). 7 Benefits of Clay Mask for Any Skin Type. www.lorealparisusa.com
Matcha Obsessed. (2017). 5 Reasons Why Clay Mask Are So Amazing for Your Skin. www.matchaobsessed.com