11 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Anda

11 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Anda

Penulis: Opie

Menjaga kesehatan adalah salah satu bentuk investasi masa depan Anda. Semua orang tahu bahwa mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, berolahraga dan beristirahat adalah kunci untuk menjaga kesehatan tubuh.

Walaupun begitu, butuh konsistensi yang kuat untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan baik guna memelihara kesehatan Anda.

Tak jarang Anda merasa kebingungan tentang bagaimana memulainya, bahkan para ahli kesehatan juga memiliki pendapatnya masing-masing tentang ini.

Namun, terlepas dari semua ketidaksepakatan tersebut, kini telah banyak penelitian yang membahas mengenai langkah-langkah untuk memelihara kesehatan.

Berikut adalah beberapa kebiasaan-kebiasaan sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh Anda:

Baca Juga: 10 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

1. Mengurangi Konsumsi Gula dan Garam 

Mengonsumsi garam secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah, yang sering dikaitkan dengan risiko penyakit jantung, serta stroke. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk setidaknya mengurangi garam sebanyak 5 gram setiap harinya.

Selain garam, mengurangi konsumsi gula harian juga merupakan langkah yang penting untuk menjaga kesehatan Anda.

Terlalu banyak gula dapat menyebabkan kerusakan gigi, dan meningkatkan risiko obesitas, sehingga Anda perlu untuk setidaknya mengurangi sebanyak 12 sendok teh gula untuk orang dewasa, setiap harinya.

2. Minum Air Putih 

Mengonsumsi air putih dapat memberikan banyak manfaat, termasuk mampu menurunkan jumlah kalori Anda.

Beberapa penelitian mencatat bahwa kebiasaan ini dapat meningkatkan metabolisme sebesar 24-30 persen selama 1–1,5 jam.

Mengonsumsi air putih juga bisa menghasilkan membakar 96 kalori jika Anda meminum 8,4 cangkir (2 liter) air per hari.

Waktu optimal untuk mengonsumsi air putih adalah sebelum makan. Mengonsumsi air putih sebanyak 2,1 cangkir (500 ml) air 30 menit sebelum makan mampu meningkatkan penurunan berat badan hingga 44%.

3. Istirahat yang Cukup

Seseorang yang mendapatkan istirahat yang cukup mampu mengatasi stres, dan juga dapat mengontrol nafsu dengan lebih baik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur dapat membuat hormon kelaparan kita menjadi tidak seimbang yang dapat memicu kebiasaan makan yang berlebihan.

4. Hentikan Konsumsi Minuman Manis Tinggi Kalori 

Minuman manis adalah salah satu sumber masalah kegemukan pada tubuh Anda. Selain obesitas, minuman ini juga sering dikaitkan dengan diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan banyak masalah kesehatan lainnya.

Hal ini disebabkan karena otak tidak mampu mengukur kalori dari gula cair dengan cara yang sama seperti pada makanan padat. Oleh karena itu, saat mengonsumsi soda, Anda cenderung akan meminumnya dalam kadar yang lebih banyak.

Beberapa jus buah olahan tidak menutup kemungkinan kandungan gulanya yang tinggi, sehingga mulailah untuk megonsumsi jus buah buatan rumah yang dapat Anda atur kadar gulanya.

5. Hindari Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji telah dibuat sedemikian rupa untuk memicu pusat kesenangan Anda.

Kelezatan makanan ini mampu menipu otak agar Anda mengonsumsinya secara berlebihan, bahkan menimbulkan kecanduan pada beberapa orang.

Junk food umumnya mengandung serat, protein, dan mikronutrien yang rendah, tetapi kaya akan bahan tidak sehat seperti tambahan gula dan biji-bijian olahan.

Baca Juga: 8 Tips untuk Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan

6. Jangan Takut pada Kopi 

Kopi adalah sumber antioksidan yang dapat Anda andalkan.

Penelitian telah mengaitkan asupan kopi dengan umur yang panjang, penurunan risiko diabetes tipe 2, penyakit parkinson, alzheimer, dan banyak penyakit lainnya.

Walaupun begitu, mengonsumsi kopi secara berlebihan akan berbalik merugikan Anda, termasuk menimbulkan sakit kepala, insomnia, kegugupan, dan lain sebagainya.

Pahami asupan kopi harian yang tepat, yakni maksimal sebanyak 400 miligram kafein sehari untuk kebanyakan orang dewasa yang sehat. Jumlah ini kurang lebih setara dengan 4 cangkir kopi untuk konsumsi harian Anda.

7. Konsumsi Buah dan Sayur 

Sayuran dan buah-buahan sarat dengan serat prebiotik, vitamin, mineral, dan banyak antioksidan.

Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi banyak sayur dan buah cenderung akan hidup lebih lama dan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit lainnya.

8. Lakukan Latihan Kardio

Latihan kardio adalah salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental dan fisik Anda.

Latihan ini sangat efektif untuk mengurangi lemak perut, yakni jenis lemak berbahaya yang menumpuk di sekitar organ dalam Anda. Berikut adalah beberapa latihan kardio sederhana yang dapat Anda lakukan:

  • Jogging di tempat
  • Air jump rope
  • Menari mengikuti musik
  • Jumping jacks
  • Naik turun tangga

9. Tersenyum dan Tertawa 

Pastikan hari Anda penuh dengan senyuman dan tawa! Tersenyum dan tertawa dikenal mampu membuat Anda tetap membumi, dan membantu Anda mengatasi situasi yang akan membuat Anda merasa tertekan.

Mulailah dengan mencari sumber senyuman dan tawa lewat komik, film, atau sekedar melihat meme-meme pengundang gelak tawa di internet.

10. Lakukan Meditasi, Meningkatkan Rasa Spiritual, dan Temukan Hiburan

Lakukan kegiatan ini setidaknya 10-20 menit setiap hari. Melakukan kontemplasi baik untuk jiwa Anda, serta mampu membantu mengatasi tuntutan kehidupan sehari-hari, bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.

11. Tingkatkan Konsumsi Protein 

Nutrisi ini adalah bagian penting dari  asupan harian Anda, serta dapat mencapai 10% -35% dari total kalori.

Protein mampu bertahan lama di perut Anda, sehingga ketika dikombinasikan dengan makanan berserat tinggi, Anda akan lebih mudah merasa kenyang.

Untuk itu, mulailah mengonsumsi kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak, unggas, atau ikan dalam porsi yang cukup.

Baca Juga: 8 Manfaat Omega-3 untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Sumber

Healthline. (2019). 27 Health and Nutrition Tips That Are Actually Evidence-Based. www.healthline.com  

Mayo Clinic. (2020). Caffeine: How much is too much?. www.mayoclinic.org 

Medical News Today. (2021). 20 cardio exercises to do at home with minimal equipment, from beginner to advanced. www.medicalnewstoday.com 

Verywell Mind. (2020). Why You Should Take Care of Your Body and Health. www.verywellmind.com 

WebMD. 4 Steps to a Healthy Lifestyle. www.webmd.com 

WHO. (2019). 20 health tips for 2020. www.who.int