Tips Mencegah Anak Terkena Demam dan Flu

Tips Mencegah Anak Terkena Demam dan Flu

Penulis: Yerizya | Editor: Handa

Saat pergantian musim tiba, sebagian dari Anda mungkin akan terserang penyakit. Begitu pula dengan anak-anak yang masih memiliki sistem kekebalan tubuh (imun) lemah sehingga rentan terserang penyakit. Bahkan Seringkali flu dan demam menyerang pada waktu yang bersamaan.

Untuk itu, Anda perlu melakukan langkah pencegahan agar anak Anda terhindar dari demam dan flu. berikut ini cara mencegah flu dan demam pada anak.

Mencegah Demam Anak

Demam bukanlah penyakit, melainkan tanda atau gejala yang muncul karena penyakit tertentu. Ketika anak Anda demam, mungkin saja sistem imun di dalam tubuhnya sedang melawan penyakit.

Walaupun begitu, demam dapat pula dipengaruhi karena paparan virus yang masuk dalam tubuh anak. Berikut ini langkah-langkah dalam mencegah demam pada anak:

1. Menjaga Kebersihan

Lingkungan yang bersih akan membuat Anda terhindar dari paparan kuman dan virus yang bisa menyebabkan penyakit. Oleh sebab itu, selain diri Anda, anak-anak juga perlu mendapatkan pengetahuan mengenai kebersihan lingkungan.

Mulailah dari hal yang kecil, seperti membuang sampah pada tempatnya, mencuci tangan dengan sabun, atau menggunakan hand sanitizer. Selain itu, menutup mulut dan hidung saat batuk juga perlu diajarkan, agar anak Anda paham bahwa kebersihan merupakan pangkal dari kesehatan.

2. Rutin Imunisasi

Mengikuti program pemberian imunisasi seperti di posyandu, klinik, atau rumah sakit terdekat adalah hal terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh anak Anda. Pemberian Imunisasi sangat penting untuk menghindari penyakit menular dan menjaga kestabilan imun pada anak.

3. Jauhkan dari Orang Sakit

Menjauhkan anak Anda dari orang sakit yang sedang demam dan flu menjadi hal penting agar terhindar dari penyakit tersebut. Apalagi jika anak Anda memiliki aktivitas yang padat dan melelahkan sehingga membuat anak rentan terserang penyakit.

Baca Juga : Meringankan Gejala Flu pada Anak

Mencegah Flu Pada Anak

Pada dasarnya, tidak ada strategi untuk menghindari flu pada anak sepenuhnya. Namun, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar anak terhindar dari flu.

1. Pemberian Vaksin Flu

Saat pergantian musim tiba, flu kerap menyerang kesehatan, tak terkecuali pada anak-anak. Oleh karena itu, pemberian vaksin flu bisa dilakukan dua bulan sebelum memasuki pergantian musim. Mengapa vaksin flu penting?

Vaksin flu membuat antibodi berkembang dalam tubuh setelah dua minggu vaksinasi. Antibodi inilah yang akan melindungi tubuh jika anak Anda terpapar virus. Dilansir dari Center for Disease Control and Prevention (CDC), vaksin flu dapat melindungi anak Anda dari beberapa virus, seperti virus influenza A (H1N1), virus influenza A (H3N2), dan dua virus influenza B.

Maka dari itu, pemberian vaksin setiap satu tahun sekali sangat membantu menjaga imun anak Anda agar tidak mudah tertular atau terserang penyakit flu. Anak berusia 6 bulan keatas sudah bisa mendapatkan vaksin influenza setiap tahunnya.

2. Mencuci Tangan

Kegiatan anak Anda yang bervariasi memungkinkan kebersihan tubuhnya berkurang. Oleh sebab itu, mencuci tangan adalah hal yang sangat penting dilakukan agar anak Anda terhindar dari kuman dan virus yang menempel di tangan.

Ajarkan anak Anda untuk mencuci tangan dengan sabun. Agar menarik perhatian anak, pilihlah sabun dengan berbagai bentuk karakter sesuai dengan yang disukai anak Anda. Pengetahuan kebersihan pada anak masih sangat minim sehingga hal ini wajib Anda tanamkan sejak dini.

Baca Juga : 6 Tips Agar Tidak Tertular Batuk dan Flu

3. Gunakan Hand Sanitizer

Selain mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer pada anak juga menjadi hal yang sangat penting. Ketika tangan anak Anda kotor dan tidak terdapat sabun di sekitarnya, menggunakan hand sanitizer menjadi solusi yang sangat tepat.

Sama seperti sabun, hand sanitizer juga berfungsi untuk membersihkan kuman yang menempel pada tangan anak. Selain itu, Anda wajib memberitahu pada anak Anda, bahwa hand sanitizer hanya digunakan untuk tangan, bukan untuk wajah.

4. Jauhkan dari Orang Sakit

Seperti yang telah dipaparkan di atas, bahwa Sistem kekebalan tubuh (imun) pada anak masih sangat lemah. Oleh sebab itu, jauhkan anak Anda dari orang yang sedang sakit. Hal ini untuk menghindari virus-virus yang mudah menular.

Baca Juga : 6 Tips Ampuh Mencegah Bayi Terkena Flu

Sumber


CDC. 2019. Key Facts About Seasonal Vaccine. www.cdc.gov
John Hopkins Medicine. Influenza (Flu) in Children. www.hopkinsmedicine.org
MedicineNet. 2019. Fever: 102 Temperature, Severe, Causes, Treatment, Symptoms & Home. www.medicinenet.com
Nemours KidsHealth. 2019. The Flu (Influenza) (for Parents). kidshealth.org
WebMD. 2018. Teach Your Kids to Avoid Flu. www.webmd.com
Stanford Children’s Health. Fever in Children. www.stanfordchildrens.org



Add Your Comment