6 Tips Agar Tidak Tertular Batuk dan Flu

6 Tips Agar Tidak Tertular Batuk dan Flu

Penulis: Mustika | Editor: Umi

Salah satu penyakit yang sering dialami mayoritas orang pada musim pancaroba adalah batuk dan flu. Batuk dan flu memang menjadi salah satu penyakit yang mudah sekali menular. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena penularan batuk dan flu dapat dicegah. Berikut beberapa tips yang dapat dengan mudah Anda terapkan agar tidak tertular batuk dan flu.

1. Cuci Tangan

Walaupun terlihat sepele, tetapi sabun dan air dapat membantu untuk menghilangkan virus dari kulit Anda. Dilansir dari Globalhandwashing.org, dengan mencuci tangan dapat meningkatkan perlindungan dan mencegah penularan flu serta penyakit pernapasan lainnya sebesar 21%. Oleh karena itu, pastikan Anda sering mencuci tangan setelah menyentuh suatu benda maupun melakukan kontak dengan seseorang. Anda hanya perlu menggosokkan sabun pada tangan dan sela-sela jari selama lebih dari 20 detik. Selain mencuci tangan dengan sabun, Anda bisa menyediakan hand sanitizer dalam tas Anda. Disarankan untuk mencari pembersih tangan dengan bahan dasar alkohol sehingga dapat membersihkannya secara maksimal.

2. Konsumsi Suplemen Zinc

Tahukah Anda, bahwa Zinc dapat berperan dalam mencegah tubuh tertular batuk dan flu? Zinc merupakan zat gizi mikro yang berperan penting untuk menjaga imun tubuh tetap berfungsi dengan baik. Saat virus flu menyerang, sistem imun tubuh Anda akan menjadi lemah sehingga sulit melawan virus tersebut. Dengan mengonsumsi suplemen zinc, kandungan mineral yang terdapat di dalamnya dapat mengganggu perkembangan virus penyebab flu. Para peneliti dari Harvard Medical School, merekomendasikan untuk meminum suplemen zinc setidaknya 15-25 mg/hari untuk mengurangi gejala flu dan batuk. Selain mengonsumsi suplemen zinc, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung zinc tinggi seperti kacang merah, jamur, kepiting dan daging ayam.

Baca Juga : Apakah Bronkitis Menular? Ketahui Penyebab dan Gejalanya

3. Makan Sayuran Hijau

Selain zinc, kandungan nutrisi yang ada pada sayuran hijau akan membantu Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut sebuah penelitian, makan sayur akan meningkatkan jumlah protein pada sel tertentu yang bertanggung jawab untuk kekebalan tubuh. Dalam laporan yang sama menyatakan bahwa seseorang yang kekurangan makan sayuran akan kehilangan 70 hingga 80 persen protein pada sel tubuh.

4. Berolahraga Secara Rutin

Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kesehatan. Maka dari itu, semua orang pasti disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin. Olahraga tak hanya membantu Anda untuk menjaga kesehatan, tetapi juga menghindarkan Anda dari berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stres, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, dan jenis kanker tertentu. Selain itu, riset menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang dan mengurangi risiko infeksi pernapasan. Jika Anda ingin terhindar dari batuk dan flu, disarankan melakukan olahraga, seperti lari, cardio, serta meditasi untuk mencegah infeksi pernapasan akut.

5. Tidur yang Cukup

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Archives of Internal Medicine, tidur yang cukup sangat direkomendasikan agar Anda tidak mudah terpapar oleh virus. Orang dewasa diharuskan tidur minimal delapan jam per hari. Mereka yang tidur hanya tujuh jam per hari maka akan memiliki potensi terpapar virus sebanyak tiga persen. Alasan mengapa tidur sangat penting untuk tubuh karena selama tidur, tubuh akan melepaskan sitokin. Sitokin merupakan jenis protein yang dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi dan mengatur sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak akan mudah tertular virus.

6. Jangan Berbagai Barang Pribadi

Virus flu umumnya dapat bertahan di lingkungan sekitar Anda selama 24 jam. Hal inilah yang membuat virus mudah menyebarkan penyakit pada orang disekeliling Anda. Untuk menghindari virus yang berkembang, pisahkan barang-barang pribadi, seperti sikat gigi, handuk, peralatan makan, dan gelas minuman. Jika barang-barang tersebut sudah digunakan oleh orang yang sedang mengalami flu dan batuk, maka Anda perlu mencuci dengan sabun dan air panas untuk menghilangkan virusnya.

Virus batuk dan flu akan terus hadir sepanjang tahun, apalagi jika sudah memasuki perubahan cuaca yang ekstrim. Tips di atas dapat menjadi cara terbaik untuk melindungi tubuh Anda agar tidak tertular batuk dan flu. Selain itu, lakukan gaya hidup dan pola makan yang sehat agar imun tubuh Anda selalu terjaga.

Baca Juga : Ketahui Perbedaan Batuk Biasa dengan Batuk TBC

Sumber

Webmd. 2018. Stay Healthy: 6 Tips for Avoiding Cold and Flu. www.webmd.com
Health. 2009. 13 Ways to Avoid Getting Sick With a Cold or the Flu. www.health.com
National Center for Biotechnology Information. 2017. Zinc lozenges and the common cold: a meta-analysis comparing zinc acetate and zinc gluconate, and the role of zinc dosage. www.ncbi.nlm.nih.gov
Healthline. 2017. The Secrets to Never Getting Sick. www.healthline.com
Jama Network. 2009. Sleep Habits and Susceptibility to the Common Cold. jamanetwork.com



Add Your Comment