Meringankan Gejala Flu pada Anak

Image: romper.com

Penulis: Niahappy

Influenza atau flu bisa menyerang siapa saja termasuk  anak-anak. Flu bisa menyebar melalui udara dengan batuk dan bersin, juga dengan tangan, botol susu dan benda-benda lainnya yang bersentuhan dengan mulut atau hidung orang yang sudah terinfeksi, lho.

Jika hidung anak Anda tersumbat, pilek, sakit tenggorokan, pusing, dan demam tinggi hal itu merupakan gejala dari penyakit flu. Meski tidak terlalu berbahaya, tetapi anak yang sedang terinfeksi flu cenderung lebih rewel dan lemas.

Namun, bila flu tidak segera diatasi maka dapat menimbulkan penyakit serius. Berikut tips untuk meringankan gejala flu untuk anak Anda agar terhindar dari penyakit berbahaya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Batuk pada Anak dengan Obat Alami

1. Menjaga Kebersihan

Virus Influenza atau flu bisa menyebar melalui udara sehingga bisa memungkinkan virus tersebut menempel di benda-benda yang sering anak pegang seperti mainannya lho. Untuk itu Anda harus selalu menjaga kebersihan rumah, menggunakan masker dan menutup mulut saat bersin selain itu mencuci benda-benda yang sering anak Anda pegang karena benda tersebut bisa menjadi sarang kuman dan selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun antiseptik. 

2. Memberi Asupan Air yang Lebih

Cairan bisa mencegah dehidrasi dan membuat mulut serta hidung si Kecil tetap lembap sehingga terasa lebih nyaman. Bila umur si Kecil di bawah 6 bulan, Anda bisa memberikan ASI sesering mungkin. Namun, jika anak Anda sudah di atas 6 bulan, Anda bisa memberinya air putih yang banyak selain itu Anda bisa membuatkannya jus dari buah kesukaannya.  

3. Melembabkan Ruangan

Dengan melembabkan udara di ruangan anak Anda bisa membantu meringankan gejala flu anak Anda lho. Nah Anda bisa menggunakan alat pelembap udara (humidifier). Jika tidak punya, Anda bisa menggunakan uap dari air panas untuk menjaga kelembapan ruangan anak Anda.

4. Menjaga Suhu Tubuh Si Anak

Anda harus memperhatikan gejala demam yang dialami anak Anda. Apakah itu demam dengan panas yang cukup tinggi atau demam dingin. Saat anak Anda menderita demam panas, kenakanlah pakaian yang berbahan tipis agar panas tubuhnya lebih mudah keluar serta mengompres dahi anak Anda menggunakan air dingin.

Namun, bila anak mengalami demam dingin kenakan pakaian hangat seperti jaket atau selimut agar tubuh si Kecil merasa nyaman.

5. Tidak Sembarangan Memberikan Obat

Bila anak berusia di bawah 6 bulan Anda tidak bisa memberikan sembarangan obat flu yang dijual bebas di pasaran. Penelitian dari Dr. Van Driel profesor praktik umum dan kepala unit perawatan klinis Australia menyebutkan bahwa penggunaan obat justru lebih sering meningkatkan risiko efek samping ringan hingga berat seperti sakit kepala, mengantuk, lemas, bahkan insomnia, mimisan, dan sakit perut.

Selain itu, dosis yang ada pada kemasan pun umumnya dosis untuk orang dewasa lho, sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan kecenderungan overdosis akibat ketidaktahuan orangtua.     

6. Mengkonsumsi Makanan yang Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat anak Anda mengalami gejala flu cenderung sulit tidur. Untuk mengatasinya Anda bisa memberikan si Kecil pisang. Karena kandungan triptofa pada pisang tersebut membentuk serotonin senyawa yang bisa membuat seseorang lebih tenang.  Nah untuk itu, Anda bisa memberikannya pada si Kecil agar bisa tidur lebih nyenyak.

Tidak hanya pisang, madu ternyata lebih efektif melawan gejala flu seperti batuk dan sakit tenggorokan. Jika si Kecil berusia lebih dari satu tahun, Anda bisa memberikannya air hangat ditambah sesendok madu untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

Baca Juga: 5 Siasat Mengatasi Anak Susah Makan Sayur dan Buah

Sumber :
Myclevelandclinic. (2017). Nausea & Vomiting: Care and Treatment. my.clevelandclinic.org
Lifestyle Kompas.com. (2016). Meringankan Gejala Flu pada Anak. www.lifestyle.kompas.com
Kids health. Tips for Threating the Flu. www.kidshealth.com
Beritagar. (2018). Anak batuk pilek sebaiknya tak diatasi dengan obat. www.beritagar.id