Tips Ampuh Usir Cicak di Rumah

Tips Ampuh Usir Cicak di Rumah

Penulis: Justina | Editor: Ratna

Cicak adalah salah satu hewan yang sering ada di dalam rumah. Meskipun keberadaan cicak tidak membahayakan kesehatan manusia, tetapi cicak terkadang juga mengganggu, membuat sebagian orang jadi geli dan takut. Tak hanya itu, cicak juga sering membuat rumah jadi kotor.

Akan tetapi, terkadang cicak di dalam rumah juga memberi dampak positif, yaitu membantu menekan populasi serangga yang berbahaya untuk manusia, yaitu nyamuk. Oleh karena itu, sebaiknya tidak membasmi cicak dengan meracuni atau membunuhnya, melainkan dengan mengusirnya saja dari rumah.

Berikut beberapa tips ampuh yang dapat Anda lakukan untuk mengusir cicak dari rumah.

Baca Juga: Cara Membasmi dan Mengobati Gigitan Kutu Kasur

1. Campuran Tembakau dan Kopi

Buatlah campuran tembakau dan kopi, lalu bentuk bulat-bulat seperti bola. Tempatkan bola-bola ini di setiap sudut rumah untuk menghilangkan atau mengusir cicak yang ada di dalam rumah.

2. Kapur Barus

Anda bisa menggunakan naftalena atau kapur barus yang biasanya berbentuk bulat-bulat. Tempatkan kapur barus tersebut di laci, lemari, atau di sudut ruangan. Biasanya, cicak tidak menyukai bau menyengat yang berasal dari kapur barus dan akan menjauhinya.

3. Semprotan Isi Air Merica

Cobalah untuk menggunakan bubuk merica, larutkan ke dalam air lalu masukkan ke dalam botol spray. Semprotan campuran tersebut di sekitar rumah Anda yang biasanya ada cicak. Campuran air dan merica ini dapat membuat cicak alergi dan akan menjauh atau menghindar karena menimbulkan iritasi pada cicak.

4. Air Dingin

Cicak lebih menyukai udara yang lebih hangat, sehingga tak heran jika Anda menemukan cicak di tempat yang hangat di rumah Anda. Cara mudah untuk mengatasi cicak di rumah adalah dengan memercikkan air dingin ke cicak, sehingga cicak jadi susah bergerak yang memudahkan Anda untuk menangkapnya dan membuangnya.

5. Kulit Telur

Cangkang atau kulit telur memiliki bau yang menyengat yang dapat membuat cicak menjadi mual. Tak hanya itu, kulit telur juga akan membuat cicak jadi takut dan merasa terancam karena terkesan ada makhluk yang berada di dekatnya yang berukuran lebih besar.

6. Bersihkan Lemari di Bawah Wastafel

Anda bisa mencegah cicak menghuni rumah Anda dengan sering membersihkan isi rumah, salah satunya yaitu bagian lemari di bawah wastafel. Lemari di bawah wastafel adalah tempat favorit cicak untuk bertelur, hal ini karena tempat tersebut lebih lembap dan hangat. Tak hanya itu, jika pipa air Anda mengalami kebocoran, maka hal tersebut akan memberikan sumber air kepada cicak.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda rutin membersihkan area tersebut, lalu usahakan agar tetap kering agar tidak menimbulkan kelembapan. Anda bisa menggunakan kertas koran untuk melapisi alasnya dan gantilah secara rutin. Selain bisa digunakan untuk mencegah kelembapan yang mengundang cicak, alas koran ini juga akan menghindari lemari kayu jadi cepat membusuk.

7. Turunkan Suhu Ruangan

Cicak tidak seperti mamalia, jadi cicak tidak dapat mengatur suhu tubuhnya sendiri. Cicak tidak bisa tahan terhadap suhu udara yang dingin. Oleh karena itu, agar cicak tidak nyaman di rumah Anda, cobalah untuk menyalakan AC dan jaga ruangan agar tetap dingin, sekitar 22 derajat celcius.

8. Potongan Bawang Putih

Potonglah satu siung bawang putih, lalu letakkan di tempat yang sering ditempati cicak atau pada area yang Anda tidak ingin ada cicak di tempat tersebut, contohnya di meja makan. Bawang putih memiliki aroma yang menyengat yang dapat mengusir cicak di rumah Anda. Anda juga bisa meletakkan bawang putih di dekat kipas meja kecil agar aromanya bisa tersebar di seluruh ruangan. Perlu diingat bahwa sebaiknya Anda memotong bawang putih agar aromanya bisa keluar, jangan diletakkan begitu saja tanpa dipotong terlebih dahulu.

9. Singkirkan Buah dan Tanaman dalam Pot

Tak hanya memakan nyamuk, cicak ternyata juga bisa mengonsumsi buah-buahan dan tanaman. Oleh karena itu, hindari menempatkan pot berisi tanaman di dalam rumah. Anda juga perlu untuk menyimpan buah di dalam wadah tertutup atau di kulkas saja.

10. Tutup Makanan dan Minuman dengan Rapat

Tahukah Anda bahwa makanan dan minuman yang tidak ditutup dan dibiarkan terbuka dapat mengundang cicak? Oleh karena itu, Anda sebaiknya lebih berhati-hati saat menyajikan makanan di meja makan. Cobalah untuk menggunakan tudung saji. Jika makanan tersebut tidak segera dimakan, sebaiknya masukkan ke dalam wadah kedap udara lalu masukkan ke dalam lemari makanan atau di kulkas.

Baca Juga: Tips Ampuh Membasmi Kecoa di Rumah

Sumber

India Today. (2020). How to get rid of lizards at home: Check here. www.indiatoday.in

Livspace. (2021). Keep those Lizards Out: 7+ Effective Ways to Get Rid of House Lizards. www.livspace.com

Parenting Firstcry. (2019). How to Get Rid of Lizards from Home with Simple and Effective Ways. parenting.firstcry.com

Women’s Weekly. (2017). 10 Natural Ways To Get Rid Of Lizards At Home. www.womensweekly.com.sg