Sebelum Terlambat, Kenalilah Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1

Image: Moroccoworldnews.com

Penulis : Dhiya | Editor: Niahappy

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling ditakuti wanita setelah kanker serviks. Menurut data World Health Organization (WHO) pada tahun 2015 terdapat 507 ribu wanita yang meninggal akibat kanker payudara. Diperkirakan jumlah kasus kematian akibat kanker payudara akan terus meningkat sampai tahun 2020.

Di Indonesia, kanker payudara menduduki peringkat kedua setelah kanker serviks. Jenis kanker ini menjadi momok yang menakutkan bagi wanita Indonesia. Karena sel kanker ini akan tumbuh dan menyerang jaringan payudara, seperti keluar air susu, lobulus atau pabrik penghasil susu, serta jaringan lemak.

Baca Juga : Waspadai Gejala Awal Kanker Serviks

Terdapat beberapa faktor risiko yang menyebabkan kanker payudara pada wanita adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, gangguan hormon, paparan radiasi, dan obesitas. Terlebih jika seorang wanita memiliki riwayat kanker payudara pada keluarganya, hal tersebut menyebabkan wanita berisiko lebih tinggi terkena kanker payudara.

Walaupun menakutkan, kanker payudara bukanlah penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Maka dari itu memiliki risiko atau tidak, sebagai wanita tentunya Anda perlu mengetahui ciri-ciri kanker payudara sedini mungkin supaya bisa menjadi antisipasi Anda dan tidak terlambat untuk mengobatinya.

Baca Juga : Mengenal Berbagai Penyebab Kanker

Berikut ciri-ciri kanker payudara stadium awal yang perlu Anda kenali:

1. Munculnya Benjolan di Sekitar Payudara

Salah satu pertanda awal kanker payudara adalah munculnya benjolan pada payudara Anda. Benjolan itu hanya terdapat pada salah satu payudara dan terasa sedikit keras. Benjolan dapat teraba saat Anda melakukan pemeriksaan pribadi di rumah. Namun benjolan tersebut tidak menimbulkan rasa nyeri pada stadium awal ini. Biasanya ukuran benjolan kanker tidak lebih dari 2cm.

2. Perubahan pada Puting

Tanda adanya kanker payudara adalah perubahan pada puting ditandai dengan perubahan bentuk pada puting yang masuk ke dalam, puting terasa nyeri dan lebih berbeda dari sebelumnya, keluarnya cairan bening, cokelat, atau kuning pada puting, serta puting yang tiba-tiba memerah dan bengkak.

Anda harus waspada jika alami kondisi seperti ini ada baiknya untuk segera periksa ke rumah sakit agar langsung ditangani tindakan secara medis.

3. Perubahan pada Kulit Payudara

Pada tahap ini kulit payudara akan mengalami perubahan warna kemerahan seperti iritasi, tekstur kulit yang terasa seperti kulit jeruk, lekukan masuk pada kulit payudara, serta terjadi penebalan kulit. Perubahan warna pada kulit ini sudah sepatutnya membuat Anda lebih waspada.

4. Benjolan pada Ketiak

Jika Anda merasa ada benjolan di ketiak ada kemungkinan itu petanda kanker payudara. Sebab, benjolan pada ketiak merupakan salah satu tanda stadium 1 kanker payudara. Karena jaringan payudara meluas hingga di bawah ketiak. Hal tersebut merupakan alasan kanker payudara menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak. Bahkan akan terasa bengkak di sekitar ketiak.

Untuk mengenali ciri-ciri kanker payudara stadium 1, Anda perlu mendeteksinya terlebih dahulu dengan cara berikut ini:

Memeriksa Payudara Sendiri

Pemeriksaan payudara sendiri atau biasa disebut dengan SADARI Ini adalah cara paling mudah yang bisa Anda lakukan di rumah. Lakukan SADARI secara rutin akan membantu Anda mengenali tekstur payudara yang normal. Sehingga jika nanti merasakan hal yang tidak biasa, Anda bisa segera menyadarinya.

Waktu yang tepat untuk melakukan ini adalah saat Anda selesai menstruasi. Karena perubahan hormon dapat mempengaruhi bentuk dan perasaan Anda terhadap payudara. Bagi wanita yang sudah mengalami menopause, anda bisa melakukannya di hari yang sama seperti awal atau bulan.

Mammografi

Mammografi adalah teknik pemindaian gambar menggunakan rontgen untuk mendeteksi kanker payudara. Mammografi dilakukan saat pemeriksaan klinis rutin bulanan sebagai cara dalam diagnosis dini kanker payudara. Jika Anda memiliki riwayat kanker payudara, dokter akan menyarankan untuk mulai melakukan mammografi lebih awal dan lebih sering. Bagi Anda yang baru pertama kali mengalami ini akan memungkinkan Anda merasakan nyeri. Namun rasa nyeri tersebut tidak akan lama.

Setelah mengetahui beberapa ciri kanker payudara di atas, sangat disarankan bagi Anda untuk rutin melakukan SADARI. Serta perhatikan pola makanan dan terapkan gaya hidup sehat. Jika Anda merasakan ciri-ciri seperti di atas, merasa ragu dengan kondisi Anda, atau memiliki riwayat keluarga yang terkena kanker payudara sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Karena jika terlambat, pengobatan kanker payudara membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka dari itu semakin awal terdeteksi, maka semakin cepat tingkat keberhasilan pengobatannya. Jadi Anda perlu lebih waspada terhadap ciri-ciri yang timbul di sekitar payudara.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Sehat Harian supaya Tubuh Lebih Fit

Sumber:
Dokter Sehat. (2018). Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium 1. Doktersehat.com
Hello Sehat. (2018). Ciri-ciir Kanker Payudara yang Masih Bisa Disembuhkan. Hellosehat.com
Alodokter. (2018). Wanita, Kenali Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1 Sebelum Terlambat. www.alodokter.com
Cermati.com. (2018). Kanker Payudara, Penyebab Kanker Payudara. www.cermati.com
Klik Dokter. (2018) Wajib Tahu, Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium Awal. www.klikdokter.com