Waspadai Gejala Awal Kanker Serviks

Image: healthywomen.org

Penulis: Adhenda | Editor: Niahappy

Kanker serviks sampai saat ini masih menjadi penyakit yang mematikan bagi kaum wanita nomor 1 di Indonesia. Gejala kanker serviks mulai terlihat saat memasuki stadium lanjut dan perkembangannya cenderung sangat cepat. Biasanya para penderita kanker serviks terlambat mengetahuinya. Padahal, kanker serviks termasuk salah satu penyakit yang bisa dicegah dan disembuhkan lho.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui gejala-gejala kanker serviks sejak dini agar dapat terhindar dari penyakit mengerikan yang satu ini. Yuk simak apa saja gejala awal kanker serviks berikut ini:

Baca Juga : Mengenal Berbagai Penyebab Kanker

1. Mengalami Pendarahan yang Tidak Normal Pada Vagina

Sedang tidak menstruasi tapi tiba-tiba muncul bercak darah pada vagina? Waspada! Bisa jadi ada masalah dengan kesehatan vagina Anda. Pendarahan yang tidak normal pada vagina dapat terjadi di luar periode menstruasi atau setelah melakukan hubungan seksual. Pendarahan ini juga dapat terjadi pada wanita yang sudah menopause dan kondisi ini menjadi tanda awal adanya kanker serviks atau kondisi serius lainnya.

Namun, jangan terburu-buru untuk menyimpulkan semua itu sendiri, karena pendarahan yang tidak normal tersebut harus didiskusikan dengan dokter sesegera mungkin.

2. Keputihan yang Berlebih

Keputihan normalnya terjadi sebelum memasuki periode menstruasi. Namun, keputihan yang muncul diluar periode menstruasi dalam jumlah yang cukup banyak dapat mengindikasikan gejala awal kanker serviks. Keputihan yang tidak normal biasanya berwarna kuning atau hijau, dan berbau tidak sedap. Infeksi bakteri menjadi penyebab utama keputihan yang tidak normal. Jika Anda melihat ada cairan yang terlihat tidak biasa atau berbau busuk, segera temui dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan perawatan.

3. Panggul Terasa Sakit

Nyeri di area panggul ketika memasuki masa menstruasi adalah hal yang biasa terjadi. Namun, jika Anda merasakannya saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan, rasa sakit pada panggul yang Anda rasakan itu tidak normal dan bisa mengindikasikan gejala kanker serviks stadium awal. Rasa sakit atau tekanan dapat dirasakan di perut bagian bawah pusar.

Banyak wanita mengeluhkan rasa sakit yang luar biasa. Maka dari itu, jangan anggap remeh rasa sakit pada panggul. Segera periksakan diri Anda ke dokter. Anda juga bisa mengurangi rasa sakitnya dengan mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri, seperti ibuprofen.

4. Nyeri Saat Buang Air Kecil

Nyeri saat buang air kecil dapat mengindikasikan masalah dengan serviks, tetapi seperti banyak gejala kanker serviks lainnya, itu juga dapat mengindikasikan sejumlah masalah lainnya. Jenis nyeri yang berhubungan dengan kanker serviks biasanya akan berasal dari kandung kemih, atau hanya terjadi selama buang air kecil. Gejala-gejala ini dapat menunjukkan bahwa kanker telah menyebar, dan mempengaruhi kandung kemih Anda.

Namun, gejala ini biasanya memiliki penyebab lain, seperti infeksi saluran kemih (ISK) dan biasanya terjadi pada wanita yang aktif secara seksual. Jika Anda mengalami gejala tersebut, segera konsultasikan dengan dokter.

5. Berat Badan Menurun Drastis

Salah satu gejala awal kanker serviks adalah hilangnya nafsu makan sehingga menyebabkan berat badan menurun secara drastis. Namun, hal itu adalah reaksi alami tubuh. Karena tubuh memproduksi terlalu banyak sitokin yang dapat membakar lemak dan protein daripada yang biasanya. Dengan demikian, tidak peduli berapa banyak asupan makanan yang akan dikonsumsi, penurunan berat badan tidak akan pernah bisa dihindari.

6. Mudah Merasa Lelah

Walaupun rasa lelah dapat dirasakan secara alami oleh orang sehat sekalipun, namun ini bisa menjadi gejala awal kanker serviks. Maksud dari mudah merasa lelah adalah rasa lelah ekstrem yang dialami oleh tubuh dan tidak bisa hilang bahkan setelah Anda tidur maupun istirahat. Penting untuk diketahui, bahwa terlepas dari jenis kanker apa pun yang dialami, gejala ini dapat dirasakan saat Anda tidak melakukan aktivitas atau pekerjaan apapun. Bila gejala ini tidak kunjung hilang, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mengantisipasi adanya gejala awal kanker serviks.

Nah, mulai sekarang jaga kesehatan selalu ya! Jika Anda mulai merasa tidak enak badan atau ada yang aneh dengan tubuh Anda, segera perbaiki pola makan, istirahat yang cukup, dan periksa ke dokter.

Baca Juga : Manfaat Nutrisi Ikan Salmon untuk Diet & Membakar Lemak

Sumber:
Brilio (2018). 10 Tanda kanker serviks yang perlu diwaspadai, cewek wajib baca. www.brilio.net
Curemedicalglobal (2018). Know the 7 Symptoms of Cervical Cancer.
Healthclinics (2018). What are the symptoms of cervical cancer? www.healthclinics.superdrug.com
Localunits (2018). The 10 Warning Signs of Cervical Cancer. www.localunits.org
Webmd (2018). Understanding Cervical Cancer – Symptoms. www.webmd.com
Womenshealthmag (2012). The Signs of Cervical Cancer. www.womenshealthmag.com