Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Image: universal.org.ar

Penulis: Helen | Editor: Niahappy

Banyak orang dewasa terlebih mereka yang memiliki aktivitas pekerjaan cukup berat, seringkali mengeluh sakit pinggang di sebelah kanan dan hal ini merupakan keluhan yang cukup umum. Tentunya hal ini disebabkan oleh banyak hal, tetapi sebelum mengenal beberapa penyebab dari sakit pinggang, mari mengenal apa arti dari sakit pinggang tersebut. 

Sakit pinggang atau dalam istilah medis dikenal dengan lumbago, merupakan kondisi bagian tubuh seseorang  terasa nyeri, biasanya di area bagian bawah sebelah kanan. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor salah satunya dikarenakan mengangkat beban berat secara tiba-tiba dan terlalu sering serta kurangnya minum air putih. Namun, tidak hanya itu saja seseorang bisa terkena sakit pinggang, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga : Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

1. Adanya Masalah Lumbar

Salah satu penyebab sakit pinggang di sebelah kanan bisa terjadi karena adanya masalah lumbal di area ligament, tendon atau otot punggung bawah. Seseorang yang memiliki keluhan lumbar baik sifatnya akut atau kronis, biasanya memiliki regangan pada bagian otot dan ligamen, dan akibatnya akan robek.

Masalah lumbar yang sering terjadi adalah adanya penyempitan saluran spinal di punggung bawah atau yang sering disebut dengan area lumbar. Hal ini biasanya terjadi dikarenakan penuaan sehingga terjadi perubahan jaringan di area tubuh. Untuk orang-orang yang berusia 40 tahun dan memiliki aktivitas berlebihan, biasanya rentan terkena gangguan lumbar dan berujung pada sakit pinggang sebelah kanan.

2. Sakit Ginjal

Salah satu penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang juga sering terjadi adalah dikarenakan sakit ginjal. Sakit ginjal, infeksi saluran kencing dan diikuti dengan batu ginjal, ciri-cirinya dari penyakit tersebut, dapat menyebabkan nyeri pada bagian bawah pinggang sebelah kanan.

Selain itu, gejala tersebut terasa ketika Anda sedang buang air kecil dan diikuti dengan muntah. Mengapa ketika Anda buang air kecil bisa terasa sakit, hal ini dikarenakan batu (Kristal) ginjal yang bergerak melalui ureter, akhirnya masuk ke dalam saluran kencing manusia.

3. Penyempitan Tulang Belakang

Salah satu penyebab paling umum terjadi adalah adanya penyempitan pada tulang belakang, hal ini biasanya dipicu karena usia seseorang yang makin bertambah dan juga biasanya dikarenakan obesitas. Selain tulang belakang menyempit yang dikarenakan tulang belakang tertekan, obesitas juga bisa menyebabkan pengapuran sendi, yang efeknya adalah tulang belakang Anda bisa menjadi rapuh.

Jika tulang belakang Anda menyempit maka efek sampingnya adalah pinggang sebelah kanan Anda akan terasa nyeri dan jika Anda mengalami gejala seperti itu, solusi terbaik adalah Anda dianjurkan untuk beristirahat. 

4. Masalah pada Empedu

Empedu merupakan salah satu dari bagian hati yang memiliki fungsi untuk mencerna lemak di dalam organ tubuh manusia yang posisinya ada di bagian perut sebelah kanan. Ketika, empedu memiliki masalah seperti batu empedu, bisa jadi seseorang akan mengalami keluhan yang efek sampingnya adalah pinggang sebelah kanan terasa sakit. Ciri-cirinya bisa dirasakan ketika Anda makan, punggung Anda akan terasa nyeri ketika mengonsumsi makanan.

5. Cedera

Sendi pada bagian tulang belakang terutama di bantalan tulang, sangat mungkin terkena cedera apalagi ketika usia Anda semakin bertambah. Ketika bagian ini mengalami cedera, terutama ketika Anda di usia yang tidak lagi muda, akan berakibat pada penekanan area saraf, yang berujung pada rasa sakit. Penyebab ini bisa dirasakan ketika, Anda sedang mengangkat beban berat berlebihan dan keluhan ini bisa berlangsung selama tiga hari atau lebih.

6. Radang Usus Buntu

Anda pernah mengalami sakit pinggang di sebelah kanan yang terjadi selama berhari-hari serta diikuti dengan kehilangan nafsu makan, mual, muntah dan demam, bisa jadi Anda terkena usus buntu. Penyakit ini rentan terjadi di usia 10-30 tahun. Biasanya penyakit ini, selain menyebabkan sakit pinggang, juga bisa menyebar pada area pusar, area kanan bawah perut dan terjadi selama dua hari dan sangat menganggu ketika Anda beraktivitas.

Nah, itulah penyebab Anda bisa terkena sakit pinggang sebelah kanan, jika Anda masih merasakan penyakit ini dan membuat hari-hari Anda tidak nyaman, maka saran terbaik adalah segera kunjungi dokter syaraf kepercayaan Anda, ya.

Baca Juga : Kenali Gejala Usus Buntu Sebelum Terlambat

Sumber:
Medicalnewstoday (2019) Lower Right Back Pain. www.medicalnewstoday.com
Healthline (2018). What Causes Pain in the Right Side of the Lower Back? www.healthline.com
PainScience (2018). When to Worry About Low Back Pain? www.painscience.com
Verywellhealth (2019). What Causes Pain in the Lower Right Part of Your Back? www.verywellhealth.com