Pertolongan Pertama Mengatasi Demam pada Anak

Pertolongan Pertama Mengatasi Demam pada Anak

Image : healthline.com

Penulis: Dhiya | Editor: Niahappy

Demam adalah salah satu penyakit yang umum dialami oleh anak-anak. Penyakit ini merupakan gejala infeksi virus atau bakteri. Sebenarnya demam bertindak sebagai mekanisme pertahanan yang membantu tubuh melawan infeksi. Biasanya demam terjadi karena aktivitas yang padat, berada di bawah sinar matahari, atau karena kondisi kesehatan tertentu.  

Kebanyakan anak akan mengalami demam setidaknya satu kali. Jika sudah terkena demam, biasanya anak akan lebih rewel seperti sering menangis dan marah. Itulah sebabnya sebagai orang tua, Anda harus tahu pengobatan pertama mengatasi demam pada anak berikut ini:

Baca Juga : Penyebab dan Mencegah Flu pada Anak

1. Istirahat di Ruangan yang Sejuk

Karena demam merupakan tanda bahwa tubuh telah bekerja keras melawan infeksi maka dari itu anak Anda harus memiliki banyak istirahat. Hindari untuk melakukan aktivitas fisik. Ajak anak untuk tidur siang atau tidur yang cukup. Supaya anak Anda dapat istirahat dengan nyaman, sebaiknya atur ruangan kamar anak dengan suhu yang sejuk.

Anda bisa menggunakan kipas angin untuk membantu menghilangkan rasa panas di kulit anak. Namun, Anda harus memantaunya supaya anak Anda tidak terlalu kedinginan. Sebaiknya jangan mengarahkan kipas angin secara langsung pada tubuh anak Anda.

2. Gunakan Pakaian yang Ringan

Jika anak Anda sedang mengenakan pakaian berlapis, sebaiknya lepas salah satu pakaiannya untuk membuat kulitnya dapat bernafas. Karena jika anak Anda memakai pakaian yang tebal, itu bisa membuat demam bertambah parah. Jika anak Anda menggigil atau mengeluh kedinginan, cukup tutupi tubuhnya dengan selimut tipis.

3. Minum Cairan yang Cukup

Demam dapat menyebabkan tubuh anak berkeringat dan membuat dehidrasi lebih cepat.  Tetapi hal itu dapat menyebabkan kehilangan cairan sehingga membuat anak menjadi dehidrasi. Membuat tubuh anak tetap terhidrasi adalah hal yang sangat penting. Berikan minuman sebanyak yang Anda bisa ketika anak Anda sedang demam.

Tidak hanya air, cairan sehat seperti jus, minuman elektrolit, teh herbal seperti chamomile dan peppermint, serta yogurt juga baik untuk Anda. Berikan minuman tersebut dalam suhu yang dingin atau sejuk supaya membuat tubuh anak Anda lebih nyaman. Beberapa tanda dehidrasi yang harus Anda ketahui seperti warna urin pekat, jarang buang air kecil, mulut dan bibir kering, serta tidak keluar air mata saat menangis.

4. Kompres Dingin

Salah satu cara paling umum ini telah terbukti bisa membantu menurunkan demam pada anak. Cara yang dapat Anda gunakan adalah dengan meletakkan kompres dingin di bawah lengan anak. Cara ini paling sering digunakan ketika anak demam dengan suhu tinggi karena faktor luar seperti berada di luar dalam waktu yang lama.

Kompres dingin tidak perlu menggunakan es, sebaiknya Anda gunakan waslap yang sudah dibasahi. Selain di bawah lengan, Anda juga bisa meletakkannya di dahi anak Anda saat sedang istirahat. Selain itu, Anda juga bisa meletakkan kompres dingin pada kaki anak untuk membantu menurunkan demamnya.

5. Mandi dengan Air Hangat

Mandi dapat menurunkan demam anak. Namun, hindari mandi dengan air dingin karena akan menyebabkan tubuh Anda menggigil dan dapat meningkatkan suhu tubuh anak. Mandi dengan air hangat dapat membantu membuat tubuh anak rileks dan menurunkan demam. Sebaiknya gosok tubuh anak dengan suhu hangat sekitar 32 derajat celcius.

Untuk membuat mandi anak menjadi lebih nyaman, Anda bisa mencoba meneteskan minyak esensial seperti minyak lavender yang memiliki efek menenangkan untuk anak. Pastikan untuk mencairkannya dengan baik sebelum mengoleskannya ke kulit anak. Anak cukup mandi selama 10 hingga 15 menit saja.  

6. Kunyit dan Madu

Sebelum mencoba obat-obatan medis, Anda bisa memberikan pengobatan alami yang dapat Anda buat dengan mudah di rumah. Anda bisa mencoba membuat teh jahe yang dicampur madu. Karena sifat anti-virus dan anti bakteri, jahe dapat membantu mengurangi demam, rasa sakit, dan batuk. Anda bisa membuat teh jahe dan madu dengan air hangat atau dingin. Namun, untuk anak di bawah usia 12 bulan tidak boleh diberi madu cukup air rebusan kunyit saja. 

7. Minum Obat

Obat penurun demam seperti acetaminophen atau ibuprofen adalah salah satu cara paling sederhana sekaligus paling efektif untuk menurunkan demam anak. Acetaminophen dapat digunakan pada anak yang berumur 2 bulan. Ibuprofen dapat digunakan pada anak berusia 6 bulan. Namun, jika anak Anda berusia di bawah 3 bulan dan mengalami demam, sebaiknya hubungi dokter anak terlebih dahulu.  

Acetaminophen akan menurunkan demam selama empat hingga enam jam. Sedangkan ibuprofen akan menurunkan demam selama enam hingga delapan jam. Selain itu, anak juga bisa menggunakan antibiotik dari dokter. Jika anak Anda minum antibiotik, pastikan mereka menghabiskan seluruh resepnya.

Baca Juga : 7 Makanan Terbaik untuk Perkembangan Otak Anak

Sumber:
Healthychildren.org. Treating a Fever Without Medicine. www.healthychildren.org
Healthline. How to Treat a Viral Fever at Home. www.healthline.com
Verywellhealth. (2019). Safe Ways to Treat a Fever. www.verywellhealth.com
wikiHow. (2019). How to Reduce Fever for Children. www.wikihow.com
Firstcry Parenting. (2019). Top 10 Home Remedies for Fever in Babies. Parenting.firstcry.com
The Asian Parent Singapore. 5 Soothing Home Remedies for Your Child’s Fever. Sg.theasianparent.com
LIVESTRONG.COM. Home Remedies for Fever in a Toddler. www.livestrong.com
WikiHow. (2019). How to Reduce Fever in Toddler. www.wikihow.com