Mengapa Tes Golongan Darah itu Penting?

Image: Medicalnewstoday.com

Penulis: Dhiya | Editor: Niahappy

Selama ini kebanyakan dari kita mengetahui empat golongan darah, yaitu golongan darah A, B, O, dan AB. Pada dasarnya, golongan darah adalah ciri khusus dari seseorang karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan sel darah merah. Artinya golongan darah ditentukan oleh jumlah zat antigen yang terkandung di dalam sel darah merah tersebut.

Namun, ada sebagian orang yang tidak peduli, bahkan ada yang tidak mengetahui golongan darahnya sendiri. Padahal golongan darah itu sangat berhubungan dengan kesehatan tubuh dan berbagai tindakan medis, hingga yang berhubungan dengan keselamatan nyawa. Jadi sebenarnya, kenapa tes golongan darah itu penting? Mengapa Anda harus tahu golongan darah sendiri? Berikut pentingnya tes golongan darah yang harus Anda ketahui.

Baca Juga : Tips Diet Aman Bagi Penderita Maag

 1. Mengetahui Pola Makan untuk Diet

Bagi Anda yang memiliki masalah pada berat badan, diet merupakan salah satu jalan yang dipilih untuk membuat tubuh ideal. Tapi perlu Anda ketahui diet juga harus disesuaikan dengan golongan darah. Ada jenis golongan darah tertentu yang tidak cocok dengan pola makan vegetarian. Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan pola makan yang sesuai dengan golongan darah Anda sendiri.

Seperti pola makan diet golongan darah A dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti kedelai, kacang polong, sayuran, dan buah-buahan. Untuk pola makan golongan darah B cukup fleksibel dan bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein nabati maupun hewani seperti sayuran hijau, telur, daging merah, dan susu rendah lemak.

Untuk golongan darah O dianjurkan mengonsumsi buah-buahan yang bersifat alkali seperti alpukat, kurma, dan apel. Nah yang terakhir, bagi golongan darah AB dianjurkan untuk mengonsumsi tahu, sayuran, susu dan makanan laut seperti salmon, sarden, kakap merah, dan tuna.

2. Transfusi Darah

Penyesuaian golongan darah ini menjadi salah satu syarat penting untuk menerima transfusi darah. Transfusi darah akan berguna jika suatu saat Anda mengalami musibah seperti kecelakaan. Memang musibah bukanlah hal yang diinginkan, tapi dengan mengetahui golongan darah, akan mempermudah dokter mempercepat proses transfusi darah sehingga nyawa Anda bisa lebih cepat diselamatkan.

Karena jika seseorang menerima transfusi  darah yang tidak sesuai, akan memicu penggumpalan darah dan komplikasi yang berakibat fatal bagi tubuh, bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal dan kematian. Beberapa gejala dari transfusi darah yang tidak sesuai adalah nyeri dada, nyeri perut, nyeri punggung, sesak napas, demam, menggigil, dan mual.

3. Masalah Kesehatan

Golongan darah dapat berinteraksi dengan sistem kekebalan tubuh yang bisa mempengaruhi masalah kesehatan. Jadi apapun jenis golongan darah Anda, tetap berpotensi mengalami masalah kesehatan. Sebaiknya Anda mengetahui risiko berdasarkan jenis darah supaya membantu Anda untuk mencegahnya.

Untuk golongan darah A berisiko terkena penyakit kanker perut dan penyakit jantung, Anda dapat mencegah risiko ini dengan tidak mengonsumsi daging olahan seperti sosis, nugget, dan kornet. Bagi anda pemiliki golongan darah B berisiko lebih tinggi terserang penyakit diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi, Anda dapat mencegahnya dengan memperbaiki pola makan dan memperbanyak aktivitas fisik.

Golongan darah AB berisiko mengalami gangguan kognitif, jadi dianjurkan mengonsumsi makanan yang sehat untuk otak dan berolahraga rutin. Serta golongan darah O berisiko terkena penyakit jantung dan lambung, untuk mencegahnya Anda perlu menjaga asupan makan dan gaya hidup sehat.

4. Mengetahui Kadar Gula Darah

Untuk mengetahui kadar gula darah dalam tubuh, tes golongan darah sangat penting  dilakukan terutama bagi ibu yang sedang hamil. Karena jika gula darah ibu hamil tinggi, dapat merugikan dan salah satu risikonya adalah terserang diabetes. Jika ibu hamil terserang diabetes, maka akan kesulitan menyembuhkan luka setelah melahirkan.

 5. Mengetahui Kecocokan Darah

Bagi Anda yang telah menikah, tentunya ingin memiliki anak. Namun, ada beberapa jenis golongan darah yang tidak boleh dicampur, karena akan berdampak pada kesehatan anak kedepannya. Bahkan beberapa negara telah menetapkan peraturan untuk mewajibkan warganya melakukan tes golongan darah ketika mengajukan permohonan pernikahan.

Golongan darah juga dapat digunakan untuk menentukan status golongan darah anak lho. Pada dasarnya golongan darah anak akan mengikuti golongan darah si ayah atau ibunya. Namun, golongan darah anak tidak selalu sama persis dengan orangtua karena ada pewarisan golongan darah. Berikut beberapa kemungkinan status golongan darah anak berdasarkan status golongan darah orangtuanya.

Orangtua golongan darah O dan O = anak golongan darah O
Orangtua golongan darah O dan A = anak golongan darah O atau A
Orangtua golongan darah O dan B = anak golongan darah O atau B
Orangtua golongan darah A dan A = anak golongan darah O atau A
Orangtua golongan darah B dan B = anak golongan darah O atau B
Orangtua golongan darah AB dan O = anak golongan darah A atau B
Orangtua golongan darah AB dan A = anak golongan darah A, B, atau AB
Orangtua golongan darah AB dan B = anak golongan darah A, B, atau AB
Orangtua golongan darah AB dan AB = anak golongan darah A, B, atau AB

Pada dasarnya, ketika dua orang menikah, harus mengetahui bahwa golongan darah dengan rhesus negatif tidak bisa bergabung dengan rhesus positif. Karena, akan menyebabkan kelainan dan penyakit. Oleh karena itu, tes golongan darah sangat penting untuk dilakukan. 

Jadi, sekarang sudah tahu kan kenapa tes golongan darah itu penting. Bagi Anda yang belum mengetahui jenis golongan darah Anda sendiri, sebaiknya segera tes golongan darah Anda ke klinik atau rumah sakit terdekat ya.

Baca Juga: Cara Ampuh Menstruasi Tidak Teratur Kembali Normal

Sumber:
Alodokter. (2018). Cek Golongan Darah: Ketahui Manfaat dan Prosedurnya di Sini!. www.alodokter.com
Alodokter. (2019). Tes Golongan Darah Bisa Menyelamatkan Nyawa Anda. www.alodokter.com
Kompas. (2017). Mengapa Kita Perlu Mengetahui Golongan Darah. Lifestyle.kompas.com
Manfaat.co.id. (2018) 8 Manfaat Pengecekan Golongan Darah-Pria-Wanita-Ibu Hamil. Manfaat.co.id
Suara. (2017). Ini Manfaatnya Anda Tahu Jenis Golongan Darah. Amp.suara.com
Detik Health. (2016) Pentingkah Mengecek Golongan Darah?.  www.Detik.com