Cara Ampuh Menstruasi Tidak Teratur Kembali Normal

Image : theguardian.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Ada banyak kasus wanita dengan periode menstruasi yang tidak teratur. Ada yang menstruasi hanya dua bulan sekali, bahkam tiga bulan sekali, atau siklus menstruasi yang tidak menentu dan meleset jauh dari kalender menstruasi.

Umumnya, siklus menstruasi yang tidak teratur ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang parah. Hal tersebut berhubungan dengan pola hidup yang tidak sehat. Supaya siklus menstruasi Anda kembali normal, pahami dan ikuti tips-tips penting berikut ini.

1. Hindari Junk-Food

Junk food atau makanan cepat saji tinggi gula, lemak dan kalori, tetapi rendah nutrisi. Hal Ini menyebabkan banyak sekali risiko gangguan kesehatan.

Fast food bisa menjadi cara yang baik untuk menghemat waktu, tetapi itu bukan cara yang tepat untuk menjaga nutrisi tubuh. Makanan tinggi kalori seperti ini seringkali kekurangan nutrisi penting seperti protein, kalsium, zat besi, vitamin, dan lemak tak jenuh tunggal. Kekurangan salah satu dari nutrisi ini membahayakan sistem kekebalan tubuh Anda.

Junk food atau makanan cepat saji sangat kekurangan nutrisi mikro seperti vitamin B6, kalsium, magnesium, dan kalium yang bisa menjadi faktor penting dalam memengaruhi siklus menstruasi.

Bagi Anda yang memiliki gangguan siklus menstruasi dan memang cukup sering mengonsumsi junk food, mungkin itulah salah satu penyebabnya. Jadi, mulai hindari makanan cepat saji dan beralih ke makanan sehat kaya nutrisi.

2. Hindari Diet Ekstrim

Diet yang sangat membatasi jumlah asupan makanan secara ekstrim akan memengaruhi metabolisme tubuh. Selain itu, pasti berhubungan juga dengan kurangnya asupan nutrisi penting dalam tubuh.

Anda makan terlalu sedikit dan olahraga terlalu banyak karena diet yang super ketat juga menyebabkan siklus menstruasi Anda bermasalah. Ini adalah tanda peringatan bahwa tubuh Anda tidak berfungsi dengan benar, dan hal ini jangan disepelekan.

Diet ekstrim sangat tidak baik karena memicu gangguan makan bahkan antipati atau kebencian pada suatu jenis makanan. Jadi jika Anda ingin menjalani diet tanpa mengganggu kesehatan dan siklus menstruasi Anda, pilih diet yang tepat dan pastikan tidak mengurangi nutrisi harian pada tubuh Anda.

Baca Juga : Diet Cepat atau Diet Sehat?

3. Tidur yang Berkualitas

Kurang tidur mengakibatkan produksi hormon melatonin jadi tidak natural. Hormon melatonin berperan penting dalam regulasi fungsi biologis tubuh. Gangguan pada hormon ini tentu bisa memicu siklus menstruasi yang tidak lancar.

Begitu juga hormon lapar dan kenyang seperti ghrelin dan leptin. Saat Anda kurang tidur akan muncul ilusi lapar palsu, hal itu bisa memicu Anda makan berlebih di malam hari.

Hormon yang terganggu karena kurang tidur, insomnia, atau tidur yang tidak nyenyak bisa memberikan pengaruh juga pada siklus menstruasi Anda. Jadi pastikan Anda tidur secara teratur, cukup waktu, dan pastikan memiliki tidur yang berkualitas.

4. Badan Aktif Bergerak

Aktivitas fisik yang teratur membantu menjaga berat badan ideal, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan metabolisme tubuh, dan melepaskan endorfin yang pada gilirannya membantu dalam regularisasi siklus menstruasi.

Pastikan setidaknya Anda berjalan 7000 – 8000 langkah per hari. Untuk menghitungnya Anda bisa menggunakan aplikasi kesehatan di smartphone Anda, atau menggunakan smartwatch yang mampu mengitung langkah harian Anda.

5. Hindari Stres

Tidak banyak yang diketahui tentang hubungan antara stres dan menstruasi. Namun, stres tentu saja berperan dalam menekan fungsi hipotalamus, yang mengendalikan kelenjar hipofisis.

Hipofisis membantu mengatur kondisi tubuh seperti tekanan darah, produksi, pembakaran energi, dan berbagai fungsi organ tubuh lainnya.

Pada gilirannya, hipofisis juga memengaruhi hormon ovarium. Jika ovarium tidak berfungsi dengan baik, efek sampingnya mungkin melibatkan siklus menstruasi, termasuk menstruasi yang terlewat atau menstruasi yang tidak teratur.

Hindari diri Anda dari stres yang berlebihan. Temukan metode untuk mengatasi stres yang sesuai dengan diri Anda. Lakukan relaksasi atau me time supaya Anda terhindar dari stres yang berlebih. Jangan sampai stres merusak fungsi alami tubuh Anda.

Baca Juga : Pentingnya “Me Time” agar Jauh dari Stres

6. Pola Hidup Sehat

Pada akhirnya yang terpenting untuk mengembalikan siklus haid menjadi normal adalah dengan menjalankan pola hidup sehat. Hal ini bukan sekedar pola makan yang sehat saja. Tapi lebih dari itu, terapkan gaya hidup yang lebih sehat di semua aspek.

Modifikasi gaya hidup seperti aktivitas fisik rutin, olahraga teratur, mengurangi asupan junk food dan membiasakan diri makan yang sehat serta cukup nutrisi harus ditekankan untuk meningkatkan kesehatan menstruasi.

 

Sumber :
Nirmala Jaget Lakkawar. (2014). A Study of Menstrual Disorders in Medical students and its correlation with Biological Variables. Scholars Journal of Applied Medical Sciences.
Rupavani K. (2013). Menstrual abnormalities in school going girls – Are they related to Dietary and Exercise pattern?. Journal of Clinical and Diagnostic Research.
Nicole Tefler. (2018). Anorexia and the menstrual cycle. helloclue.com