9 Manfaat Bubuk Coklat Kakao bagi Kesehatan dan Kacantikan

9 Manfaat Bubuk Coklat Kakao bagi Kesehatan dan Kacantikan

Penulis: Emy | Editor : Atsa

Biji kakao mengembangkan rasa dan tekstur melalui proses fermentasi sebelum diproses menjadi kakao atau bubuk kakao. Untuk membuat bubuk kakao, pengolah menerapkan suhu yang sangat tinggi pada biji kakao, yang menghasilkan rasa manis dan halus.

Biji kakao diproses pada suhu rendah kemudian digiling menjadi bubuk. Bubuk kakao memiliki sedikit rasa pahit, tetapi karena itu juga bubuk kakao masih mempertahankan lebih banyak nilai gizi.

Nutrisi

Bubuk kakao memberikan lebih banyak nutrisi daripada bubuk kokoa dan dapat menjadi pengganti resep yang lebih sehat. Bubuk kakao juga merupakan sumber nutrisi yang sangat baik, seperti :

  • Zat Besi
  • Protein
  • Magnesium
  • Kalium
  • Serat

Manfaat Kesehatan Bubuk Kakao

Serat dalam bubuk kakao meningkatkan kesehatan pencernaan, mengurangi risiko iritasi usus besar, dan masalah pencernaan lainnya. Berikut beberapa manfaat kesehatan lainnya dari bubuk kakao:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Bubuk kakao dikemas dengan flavonoid. Flavonoid

merupakan antioksidan alami yang terdapat dalam beberapa tanaman, termasuk jamur tiram. Nutrisi ini telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung, serta membantu mencegah pembekuan darah.

2. Mengurangi Risiko Diabetes

Flavonoid dalam bubuk kakao dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes dengan cara mengurangi penyerapan glukosa atau meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga mengurangi risiko diabetes. 

Baca Juga: Ketahui Manfaat Flavonoid bagi Tubuh dan Sumber Terbaiknya

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Bubuk kakao mengandung banyak potasium atau kalium yang telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung. Potasium membantu memicu jantung Anda untuk memompa darah ke seluruh tubuh Anda. Ini juga membantu gerak otot, kerja saraf, dan membantu ginjal Anda menyaring darah.

Meski tubuh memerlukan potasium dalam jumlah kecil, namun potassium dapat memberikan peran cukup besar bagi kesehatan jantung, otot dan saraf.

4. Mengurangi Peradangan

Flavonoid dalam bubuk kakao dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh Anda. Mengurangi peradangan dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, diabetes, radang sendi, dan penyakit Alzheimer.

5. Menjaga Fungsi Otak

Kakao juga mengandung mineral penting seperti magnesium, kalsium, kalium, zat besi, tembaga, dan zinc. Mineral ini sangat penting untuk fungsi otak yang optimal. Sebagai contoh: 

  • Magnesium untuk memori
  • Kalsium untuk konduksi sel saraf
  • Kalium untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir dan konsentrasi
  • Zat besi dalam hemoglobin darah untuk membawa oksigen ke otak
  • Tembaga dan zinc untuk perkembangan otak

Selain itu, kakao mengandung serotonin (sistem neurotransmitter yang bekerja dengan antidepresan), dan triptofan (asam amino yang digunakan oleh tubuh Anda untuk membuat serotonin).

6. Meningkatkan Suasana Hati

Kakao juga bermanfaat pada otak, karena mampu meningkatkan suasana hati dan menurunkan gejala depresi. Suasana hati yang lebih baik disebabkan karena kesenangan sensorik makan coklat dan flavanol yang ada pada kakao. Flavanol mengubah triptofan menjadi serotonin penstabil suasana hati alami.

Baca Juga: Kenali Tanda Tubuh Kalau Anda Stress

7. Memungkinkan Mencegah Kanker

Flavanol dalam buah-buahan, sayuran dan makanan lain telah menarik banyak minat karena sifat antioksidan yang bekerja sebagai pelindung kanker. Beberapa penelitian tentang kakao dan kanker menunjukkan bahwa kakao dapat menjadi antioksidan kuat dan mungkin berperan dalam pencegahan kanker. Namun, penelitian lebih banyak masih diperlukan.

8. Mencegah Kelelahan

Karena kandungan magnesiumnya yang tinggi, kakao dapat membantu mengatasi rasa lelah. Kadar magnesium yang rendah sering dikaitkan dengan kelelahan dan banyak gejala lainnya, seperti tekanan darah tinggi, atau osteoporosis. Bubuk kakao murni adalah sumber yang sangat baik dan lezat untuk menambahkan asupan magnesium yang Anda butuhkan.

9. Sumber Baik Zat Besi

Kakao adalah sumber zat besi nabati tertinggi yang diketahui sejauh ini. Kekurangan zat besi sering terkait dengan rambut kering dan rusak, kuku rapuh, jantung berdebar-debar, dan juga kelelahan.

Banyak orang menggunakan makanan hewani sebagai sumber zat besi utama mereka. Namun, menambahkan secangkir seduhan kakao bisa membantu menambahkan asupan zat besi dalam darah.

Baca Juga: 7 Daftar Sumber Makanan Kaya Zat Besi

 

Sumber

HealthLine. (2018). 11 Health and Nutrition Benefits of Cocoa Powder. www.healthline.com

Nourish by Web MD. (2020). Health Benefits of Cacao Powder. www.webmd.com

Get The Dose. (2021). The Benefits of Raw Cacao Powder. www.getthedose.com

Neurotrition. Brain Food Essential. www.neurotrition.ca