Ketahui Beberapa Berat Ideal Janin dalam Kandungan?

Ketahui Beberapa Berat Ideal Janin dalam Kandungan?

Penulis: Gradita | Editor: Alhasbi

Kehamilan merupakan suatu hal yang dinantikan banyak pasangan. Perkembangan janin pun perlu dipantau secara berkala. Seiring berjalannya waktu, janin akan tumbuh dan berkembang dalam kandungan meliputi berat ideal dalam kandungan.

Namun, apakah Anda mengetahui berat ideal janin sesuai dengan usia dalam kandungan?

Berat ideal janin

Meski usia janin terbilang sama, namun berat dan panjang satu dengan yang lain akan berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti asupan makanan, kondisi kesehatan, serta pola hidup.

Untuk itu, mengetahui berat ideal janin sesuai dengan usia di dalam kandungan menjadi sangat penting karena juga akan memengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Trimester pertama

Berikut rata-rata berat bedan ideal janin pada trimester pertama.

Minggu ke-1 hingga Minggu ke-6

Pada awal kehamilan, biasanya Anda tidak menyadari bahwa sedang mengandung. Umumnya hal tersebut baru akan terasa pada minggu ke-2 karena perubahan dalam tubuh tidak begitu terlihat.

Perubahan fisik secara alami akan muncul pada minggu ke-4 atau 5 setelah pembuahan atau terhitung setelah Anda berhenti haid. Janin pada trimester pertama masih berbentuk embrio yang ukurannya sebesar biji wijen. Adapun berat dari embrio tersebut sekitar 0,00364 gr.

Tetapi, meski ukurannya sangatlah kecil, embrio tersebut sudah memiliki calon lapisan kulit, saraf, sistem peredaran darah, mata, telinga, dan organ vital.

Minggu ke-7 hingga minggu ke-9

Pada awal tahapan ini, janin memiliki berat ideal sekitar 1 gram dengan panjang tubuh sepanjang 1,6 cm. Janin sudah mulai berkembang, bergerak, serta sudah memiliki bentuk wajah meskipun belum sempurna.

Selain itu, bagian otak dan calon lengan sudah mulai terlihat bentuknya. Pada minggu ke-7 calon lengan tangan akan tumbuh dengan munculnya gumpalan daging kecil yang menyerupai dayung. Pada minggu ke-8, jari-jari tangan sudah mulai terbentuk dan juga sudah tumbuh daging di bagian kepala yang menjadi awal mula telinga, hidung, dan mata.

Memasuki minggu ke-9, lengan janin sudah mulai berkembang hingga sudah membentuk siku. Selain itu, pada bagian wajah, kelopak mata sudah mulai terbentuk dan terlihat.

Adapun taksiran berat janin pada minggu ke-9 sekitar 2 gr dengan panjang tubuh sekitar 2,3 cm. Pertambahan berat dan panjang janin disebabkan bentuk tubuh janin sudah lebih berkembang dari minggu sebelumnya.

Minggu ke-10 hingga minggu ke-12

Memasuki minggu ke-10 kepala janin sudah membentuk bulatan sempurna. Perkembangannya diikuti dengan tali pusar dan bagian telinga luar yang mulai terlihat jelas. Adapun taksiran berat ideal janin pada minggu ke-10 sekitar 4 gram dengan panjang tubuh 3,1 cm.

Pada minggu ke-11, bagian wajah bayi sudah terbentuk sempurna. Adapun taksiran berat janin pada minggu ini sekitar 7-8 gr dengan panjang tubuh sekitar 4,1 cm.

Pada minggu ke-12, perkembangan janin terlihat dari kuku yang sudah mulai tumbuh. Adapun taksiran berat ideal janin pada minggu ini sekitar 14 gr dengan panjang tubuh sekitar 5,4 cm.

Baca Juga : Bagaimana Perkembangan Janin Anda di Usia 15 Minggu?

Trimester kedua

Berikut rata-rata berat bedan ideal janin pada trimester kedua.

Minggu ke-13 hingga minggu ke-15

Pada awal minggu ke-13, kerangka dan tulang sudah mulai kokoh. Selain itu janin sudah mulai mengeluarkan cairan urine ke kantung amnion yang nantinya akan bercampur dengan air ketuban. Ukuran ideal janin pada minggu ini sekitar 23 gr dengan panjang tubuh sekitar 7,4 cm.

Memasuki minggu ke-14, sel darah merah membentuk limpa pada janin serta alat reproduksinya akan terlihat jelas, yang artinya Anda dapat mengetahui jenis kelamin bayi pada minggu ini. Ukuran ideal janin pada minggu ini sekitar 43 gr dengan panjang tubuh sekitar 8,7 cm.

Minggu ke-15, pola rambut di kulit kepala janin akan terbentuk. Adapun taksiran berat ideal janin pada minggu ini sekitar 70 gr dengan panjang tubuh sekitar 10 cm.

Minggu ke-16 hingga minggu ke-19

Pada minggu ke-16, kepala janin sudah mulai tegak dengan berat ideal sekitar 100 gr dan panjang tubuh sekitar 11,6 cm.

Memasuki minggu ke-17, organ jantung janin sudah mampu memompa sekitar 100 liter darah per hari. Adapun taksiran berat ideal janin pada minggu ini sekitar 140 gr dengan panjang tubuh sekitar 13 cm.

Pada minggu ke-18, bagian mata sudah menghadap ke depan dan sistem pencernaan sudah mulai bekerja. Taksiran berat ideal janin pada minggu ini sekitar 190-200 gr dengan panjang tubuh sekitar 14,2 cm.

Pada minggu ke-19, sudah terbentuk lapisan minyak yang melapisi kulit bayi agar tidak mudah lecet. Ukuran berat janin sekitar 240 gr dan panjang 15,3 cm.

Minggu ke-20 hingga ke-22

Pada minggu ini, janin sudah mulai bergerak secara teratur, rambut halus juga sudah mulai tumbuh. Adapun berat ideal janin pada minggu ke-20 hingga ke-22 sekitar 300-430 gr dengan panjang tubuh 16-27 cm.

Minggu ke-23 hingga ke-27

Pada tahapan minggu ini, bayi sudah bisa cegukan. Berat ideal yang dimiliki sekitar 600-875 gr dengan panjang sekitar 30-36,6 cm.

Trimester ketiga

Perkembangan pada awal trimester ketiga sudah sangat solid. Saraf, bentuk, gerak, dan fungsi tubuh makin terlihat jelas pada trimester ketiga. Ukuran ideal sekitar 1-1,7 gr dengan panjang tubuh sekitar 37-42,4 cm.

Pada akhir trimester ketiga, bayi sudah bisa lahir dengan fungsi tubuh dan bentuk yang sempurna. Ukuran ideal sekitar 2,4-3,67 gr dengan panjang tubuh sekitar 46,2-51,7 cm.

Baca Juga : Ketahui, Cara Aman Menambah Berat Badan Janin

Sumber

Baby Centre. (2019). Average fetal length and weight chart. www.babycentre.co.uk

Mayo Clinic. (2021). Fetal development: The 1st trimester. www.mayoclinic.org

Mayo Clinic. (2021). Fetal development: The 2nd trimester. www.mayoclinic.org

Mayo Clinic. (2021). Fetal development: The 3rd trimester. www.mayoclinic.org