Kenali Scaling dan Beragam Manfaatnya

Kenali Scaling dan Beragam Manfaatnya

Image: Gruoponnz.co.nz

Penulis: Gladiola | Editor: Niahappy

Apakah Anda tahu bahwa jika plak pada gigi tidak dibersihkan secara tepat waktu, maka plak gigi akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi? Karang gigi merupakan bakteri pada gigi yang hampir tidak mungkin untuk dihapus dengan hanya menyikat gigi di rumah. Maka dari itu, penanganan untuk karang gigi adalah dengan melakukan scaling secara rutin di dokter gigi. Karang gigi merupakan tumpukan bakteri gigi yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit pada gigi dan mulut. Selain itu, karang gigi juga menyebabkan warna gigi menjadi kuning.

Baca Juga : 7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Gigi Rapuh

Apa itu Scaling?

Scaling akan menghilangkan karang gigi yang membandel dari gigi Anda dan di bawah garis gusi. Ini adalah prosedur pembersihan mendalam yang akan membuat mulut Anda terasa segar dan benar-benar bersih. Dokter gigi atau ahli kebersihan akan menggunakan mesin ultrasonik dan instrumen lainnya untuk mengikis karang gigi untuk mengurangi kemungkinan kerusakan gigi dan gigi berlubang. Karang gigi juga dapat menyebabkan radang gusi.

Setelah scaling selesai, tindakan lain yakni planing akan dilakukan untuk menghaluskan kekasaran pada permukaan gigi. Setelah scaling dan planing, gigi Anda akan lebih tahan terhadap plak gigi dan kemudian gusi dapat kembali ke keadaan sehat, berwarna merah muda, tentunya gigi juga akan tampak lebih cerah.

Apa Perbedaan antara Sikat Gigi dan Scaling?

Sikat gigi yang dilakukan secara teratur setiap hari dalam kurun waktu enam bulan hanya akan menghilangkan zat plak lengket di atas garis gusi. Sedangkan scaling, tidak hanya menghilangkan plak lengket pada gigi, tetapi akan menghilangkan plak yang mengeras yang biasa dikenal sebagai karang gigi di bawah garis gusi.

Bagaimana Prosedur Scaling?

Mesin ultrasonik dan instrumen gigi lainnya akan digunakan selama proses scaling. Para dokter akan mencoba membuat Anda senyaman mungkin selama proses scaling berlangsung. Untuk melakukannya, dapat dipastikan bahwa gusi Anda telah cukup mati rasa dengan melakukan tindakan anestesi.

Sedasi juga dapat digunakan, jika perlu. Dengan melakukan beberapa tindakan tersebut selama scaling berlangsung, pasien tidak perlu takut merasa sakit ketika karang gigi sedang dibersihkan. Setelah itu, Anda harus tetap mempraktekkan kebersihan mulut rutin untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi seperti sikat gigi secara teratur yakni sebanyak dua kali sehari, saat bangun tidur dan di malam hari sebelum tidur.

Bagaimana Mendeteksi Apakah Anda Perlu Scaling?

Jika dokter gigi atau ahli kesehatan Anda mendeteksi pembentukan karang gigi, Anda mungkin perlu melakukan scaling sesegera mungkin. Jika gusi berdarah atau jika Anda memiliki tanda-tanda peradangan gusi atau gingivitis, maka Anda perlu segera memeriksakan gigi ke dokter dan melakukan scaling.

Bagi Anda yang memiliki peradangan gusi, setelah melakukan scaling secara rutin gusi akan sembuh karena telah dibersihkan dari bakteri, karang gigi, dan plak gigi. Jika scaling ataupun planing tidak dilakukan secara tepat waktu, kondisi gingivitis dapat memburuk menjadi periodontitis yang lebih serius, dan karang gigi akan berkontribusi terhadap kerusakan gigi dan gigi berlubang.

Apa manfaat scaling?

Scaling dapat menghilangkan karang gigi atau kalkulus, plak, dan bakteri yang akan mengurangi kerusakan gigi.

Dengan melakukan scaling secara rutin, Anda akan mendapatkan gusi yang lebih sehat. Scaling gigi adalah perawatan penting bagi mulut untuk menghindari penyakit gusi. Mengangkat karang gigi secara teratur dari bawah garis gusi membantu mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab penyakit gusi. Salah satu penyakit yang ditimbulkan akibat karang dan plak gigi adalah gingivitis. 

Scaling juga dapat mencegah berbagai penyakit lain yang diakibatkan oleh peradangan gusi, seperti, penyakit jantung, diabetes, dan demensia. Teori lain adalah bahwa peradangan yang terkait dengan penyakit gusi menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, yang dapat memperburuk banyak kondisi. Apa pun mekanisme pastinya, dokter gigi setuju bahwa manajemen penyakit gusi penting untuk melindungi kesehatan secara keseluruhan.

Scaling membuat gigi lebih putih. Karang gigi memiliki warna kuning yang dapat membuat gigi Anda terlihat kusam dan kotor. Ketika dokter gigi membersihkan karang gigi, maka gigi akan terlihat lebih cerah dan lebih putih.

Bakteri yang membentuk plak dan karang gigi menyebabkan bau tidak sedap pada mulut. Setelah dokter gigi menghilangkan bakteri ini selama melakukan scaling gigi, maka aroma yang ditimbulkan oleh karang gigi tersebut pun akan hilang terangkat sehingga nafas kembali segar. 

Manfaat scaling akan bertahan selama karang gigi dan plak berhenti keluar dari gigi. Namun, beberapa pasien mungkin perlu scaling berkala jika ia rentan terhadap pembentukan karang gigi atau tidak mempraktekkan kebersihan mulut yang benar di rumah.

Baca Juga : Tips Efektif Berhenti Merokok

Sumber:
123Dentist. (2017). What Is Scaling?. www.123dentist.com
Gobiltmore. (2018). 5 Benefits Of Dental Scaling. ww.gobiltmore.com
Healthline. (2019). How To Remove Plaque And Tartar. www.healthline.com
Mouth Healthy. (2019). Scaling And Root Planing. www.mouthhealthy.org
Washington Smiles. (2018). Scaling For A Completely Cleaning Mouth. www.washmosmiles.com



Add Your Comment