7 Kebiasaan Buruk yang Merusak Gigi

Image : www.denefits.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Anda mungkin telah mempraktikkan perawatan gigi yang baik seperti menyikat gigi dengan teratur dan mengunjungi dokter gigi dua kali setahun untuk pemeriksaan dan pembersihan gigi. Tetapi, tanpa disadari mungkin Anda juga melakukan beberapa kebiasaan buruk yang membahayakan kesehatan gigi Anda, bahkan meski Anda rajin ke dokter gigi.

Inilah daftar 7 kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi. Kenali juga penyebabnya dan hindari kebiasaan buruk tersebut untuk gigi yang selalu sehat dan kuat.

Baca Juga : Cara Mencegah dan Mengatasi Karang Gigi

1. Minum Soda

Permen bukan satu-satunya penyebab plak dan gigi berlubang. Soda bahkan memiliki lebih tinggi kadar gula dibanding satu atau dua buah permen yang Anda konsumsi, bahkan lebih banyak asam dalam bentuk pemanis buatan. Soda juga mengandung asam fosfat dan sitrat, yang menggerogoti email gigi.

Minuman berkarbonasi ini dapat berdampak buruk bagi gigi Anda, karena cenderung sangat asam. Zat asam dalam soda dapat menyebabkan masalah kesehatan gigi, seperti pembusukan di gigi karena hilangnya enamel.

2. Sering Makan Tinggi Asam

Sering mengisap lemon, menambahkan banyak perasan jeruk nipis pada hidangan berkuah, terlalu sering makan cuko pempek juga bisa membahayakan kesehatan gigi Anda.

Mengapa? Keasaman yang terlalu tinggi bisa merusak enamel gigi. Paparan berulang dan sering terhadap zat asam dapat menyebabkan enamel gigi terkikis, dan menciptakan tekstur kasar pada permukaan gigi Anda,

3. Mengunyah Es Batu

Mengunyah es batu bisa membuat gigi Anda patah, bahkan bisa mengiritasi jaringan lunak di dalam gigi, sehingga terjadi gigi sensitif. Makanan panas dan makanan dingin dapat memicu terjadinya sensitivitas pada gigi yang membuat makan dan minum sering terasa tidak nyaman. Jadi, sebaiknya hindari mengunyah es batu dari gelas minuman Anda.

4. Merokok

Rokok, serta produk tembakau lainnya dapat menyebabkan noda pada gigi dan menyebabkan gigi mudah lepas akibat penyakit gusi. Rokok juga dapat menyebabkan kanker mulut, bibir, dan lidah.

5. Menggigit Bolpen atau Pensil

Apakah Anda pernah mengunyah pensil ketika berkonsentrasi pada pekerjaan atau belajar? Seperti mengunyah es, kebiasaan ini dapat menyebabkan gigi patah atau retak. Anda mungkin tidak menyadari jika tekanan benda keras pada gigi saat menggigit benda seperti bolpen, pensil, atau benda serupa dapat menyebabkan gigi bergeser atau bahkan retak.

6. Membuka Benda dengan Gigi

Membuka tutup botol, kemasan plastik, atau melepaskan label pakaian dengan gigi mungkin terasa praktis, tetapi ini adalah kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan gigi retak. Seperti penjelasan sebelumnya, gigi Anda bukanlah alat untuk menggigit benda-benda keras. Gigi hanya boleh digunakan untuk mengunyah makanan, berbicara dengan benar, dan secara estetik memberi keindahan saat kita tersenyum dan berbicara.

Risiko lain dari membuka benda dengan gigi yaitu bisa melukai rahang atau secara tidak sengaja menelan sesuatu yang seharusnya tidak Anda lakukan.

7. Menyikat Gigi Terlalu Keras

Menyikat dua kali sehari adalah salah satu kebiasaan terbaik yang bisa Anda lakukan untuk merawat gigi dan mulut. Namun, pastikan Anda tidak menyikat gigi terlalu keras. Menyikat terlalu keras atau menggunakan sikat gigi yang keras dapat merusak gigi, mengiritasi gusi, membuat gigi sensitif terhadap dingin, dan bahkan menyebabkan gigi berlubang.

Untuk menghindari masalah tersebut, gunakan sikat gigi berbulu halus namun cukup kuat untuk menghilangkan plak dan mencapai sela-sela gigi.

Baca Juga : Cara Merawat dan Menangani Gigi Sensitif

 

Sumber :
Web MD. (2018). 19 Habits That Wreck Your Teeth. www.webmd.com
Web MD. Do You Have These 5 Bad Dental Habits?. www.webmd.com
Mouth Healty. 6 Habits That Harm Your Teeth (And How to Break Them. www.mouthhealty.org
BayDental. (2014). Bad Habits that Harm Your Teeth. www.baydental.co.uk