Intip 9 Kebaikan Daun Pandan bagi Tubuh Anda

Intip 9 Kebaikan Daun Pandan bagi Tubuh Anda

Penulis: Anggita | Editor: Opie

Ditinjau oleh: dr. Tommy

Terakhir ditinjau: 26 Oktober 2022

 

Siapa yang tidak mengenal daun pandan? Tanaman ini banyak ditemukan di negara-negara tertentu di Asia, seperti India, Thailand, Malaysia, maupun di Indonesia.

Sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah dan tanaman yang beraneka ragam, daun pandan sangat umum digunakan, mulai dari menjadi pewarna makanan, menjadi campuran makanan, bahkan menjadi alternatif Anda untuk menjaga kesehatan.

Baca Juga: Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan

Memahami Daun Pandan

Daun pandan juga terkenal dengan istilah Vanilla of the East karena mirip dengan vanilla, bahkan pandan bisa menjadi pengganti vanila bagi Anda.

Pandan memiliki wangi yang manis seperti vanilla dan wangi seperti kelapa. Daun yang bisa ditanam di rumah ini bisa digunakan langsung saat masih berupa daun segar atau kering, dijadikan pasta, atau dijadikan bubuk.

Nutrisi yang terkandung dalam daun pandan sangat beragam. Tanaman ini juga terbukti bisa mencegah kanker karena mengandung antioksidan.

Selain itu, daun pandan juga memiliki vitamin seperti vitamin A dan beta carotene, tiamin, riboflavin, dan niacin, sehingga daun pandan sangat baik digunakan untuk kesehatan Anda. Apa saja kegunaannya?

Manfaat Daun Pandan bagi Kesehatan Anda

1. Mengobati Kulit yang Terbakar Matahari

Tinggal di negara beriklim tropis membuat Anda harus selalu siap menghadapi sengatan matahari. Meski sudah menggunakan tabir surya, kulit Anda masih bisa terbakar oleh sinar matahari.

Jika kulit Anda sudah terbakar, Anda bisa mencoba menenangkannya dengan tanaman seperti lidah buaya atau daun pandan.

Daun pandan dapat menjadi solusi bagi Anda untuk mengobati kulit yang terbakar oleh paparan sinar matahari. Caranya sangat mudah, cukup masukan beberapa lembar daun pandan ke dalam bak mandi Anda, lalu Anda bisa mandi dengan air tersebut untuk menenangkan kulit yang terbakar.

2. Menurunkan Demam

Anda bisa menggunakan daun pandan untuk mengobati demam yang tinggi. Khasiat daun pandan yang satu ini sudah direkomendasikan oleh dokter.

Caranya, Anda tinggal membuat teh dari rebusan air pandan dan meminumnya. Temperatur tubuh Anda bisa langsung kembali normal setelah meminum teh daun pandan.

3. Menjaga Gula Darah

Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa meminum teh daun pandan setelah makan, dapat menurunkan level gula darah Anda. Sebuah studi di Thailand membandingkan kedua kelompok yang meminum teh daun pandan dan air panas saja untuk menurunkan kadar gula darah.

Penelitian ini membuktikan bahwa ekstrak daun pandan bisa menurunkan kadar gula darah, sehingga daun pandan sangat baik untuk digunakan dalam pengobatan diabetes.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Pandan memiliki zat yang disebut karotenoid, yaitu sebuah antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung Anda.

Karotenoid bisa menurunkan peradangan pada tubuh, dan bisa mencegah penyumbatan pada dinding arteri jantung Anda.

5. Mengobati Nyeri pada Sendi

Studi membuktikan, bahwa campuran daun pandan wangi dengan minyak kelapa dapat mengobati nyeri sendi bagi penderita osteoartritis.

Daun pandan memiliki efek anti-inflamasi, istilah untuk meredakan peradangan. Jika Anda juga merasakan nyeri pada sendi, mungkin Anda mau mencoba mencampurkan kedua bahan tersebut di rumah dan mengoleskannya ke bagian sendi Anda yang nyeri.

Baca Juga: Ketahui Berbagai Manfaat Daun Meniran

6. Baik untuk Kesehatan Mata

Vitamin A memiliki manfaat bagi kesehatan mata, salah satunya terdapat pada daun pandan. Jika Anda ingin merawat mata Anda, konsumsi air daun pandan. Selain itu, vitamin A juga baik untuk menjaga kekebalan tubuh Anda.

7. Menjaga Kesegaran Mulut

Aroma pandan yang wangi sangat bagus untuk menjaga kesegaran mulut Anda. Selain itu, pandan juga bisa digunakan untuk mengobati gusi yang berdarah. Anda bisa mengunyah daun pandan untuk mendapatkan aroma khasnya di mulut Anda.

8. Mencegah Anemia

Dalam sebuah pasta pandan, Anda bisa menemukan zat besi yang jumlahnya sangat tinggi, yaitu sekitar 32%. Zat besi sangat baik untuk Anda yang kekurangan sel darah merah atau anemia.

9. Mencegah Kanker

Penelitian membuktikan bahwa ekstrak daun pandan maupun akarnya, memiliki efek yang dapat mencegah penyebaran sel-sel kanker, serta membunuh sel-sel kanker.

Pandan memiliki antioksidan yang baik untuk imunitas tubuh, selain itu antioksidan juga dikenal bisa mencegah kanker. Salah satu antioksidan yang ada dalam daun pandan adalah karotenoid.

Karotenoid yang ada dalam pandan juga berperan melindungi tubuh Anda dari radikal bebas. Artinya, pandan bisa mencegah kanker untuk tumbuh. Karotenoid dapat menurunkan risiko kanker, khususnya pada kanker paru-paru dan kanker kulit.

Yang terpenting adalah, pandan tidak memiliki efek samping sehingga Anda bisa mencoba menggunakannya untuk berbagai pengobatan, maupun untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Baca: Daun Jati dan Khasiatnya bagi Kesehatan

Sumber