Fungsi dan Cara Menaikkan Kadar Hormon Endorfin

Fungsi dan Cara Menaikkan Kadar Hormon Endorfin

Penulis: Fina P | Editor: Opie

Endorfin merupakan zat kimia yang diproduksi secara alami oleh sistem saraf pusat dan kelenjar pituitari. Zat kimia ini berguna dalam meredakan rasa stres dan sakit pada diri manusia.

Tak hanya itu, endorfin juga berperan dalam mengurangi persepsi rasa sakit (analgesik), penenang, memberikan energi positif, meningkatkan self-esteem, memperbaiki nafsu makan, menjaga kekebalan tubuh, hingga melepaskan hormon seksual.

Baca Juga: Cara Tingkatkan Serotonin Agar Terhindar Dari Depresi

Gejala Kekurangan Hormon Endorfin di Dalam Tubuh 

Penyebab kekurangan endorfin hingga kini belum dipahami dengan baik. Walaupun begitu, jika tubuh Anda tidak menghasilkan cukup endorfin, Anda mungkin akan mengalami hal-hal berikut ini:

  1. Depresi
  2. Kegelisahan
  3. Kemurungan
  4. Sakit dan nyeri
  5. Kecanduan
  6. Kesulitan tidur
  7. Perilaku impulsif

Fungsi Endorfin

Selain menimbulkan perasaan damai dan bahagia, berikut adalah beberapa fungsi lain dari hormon endorfin:

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Endorfin memainkan peran penting dalam mengurangi stres dan kecemasan. Sebuah studi menunjukkan hubungan langsung antara kadar endorfin dan kecemasan.

Walaupun masih diperlukan lebih banyak studi tambahan, kekurangan endorfin juga cenderung membuat seseorang berpotensi memiliki depresi dan fibromyalgia, yakni penyakit dengan rasa nyeri pada tubuh yang disertai gangguan tidur.

2. Meningkatkan Self-esteem

Perasaan positif juga membuat Anda merasa percaya diri dan optimis, sehingga meningkatkan harga diri Anda. Beberapa ahli mengaitkan endorfin dengan harga diri atau self-esteem yang tinggi.

3. Mengurangi Berat Badan

Peran endorfin dan hormon lain dalam mengatur nafsu makan dan asupan makanan sangat kompleks.

Meskipun dengan mengonsumsi beberapa  jenis makanan seperti cokelat dianggap dapat meningkatkan kadar endorfin, kadar endorfin yang lebih tinggi juga dihubungkan dengan kemampuannya mengatur nafsu makan.

Walaupun begitu, klaim ini juga masih membutuhkan penelitian lain sebagai pendukung.

4. Membantu Anda Mengatasi Rasa Sakit Saat Melahirkan

Melahirkan bisa menjadi pengalaman yang sangat menyakitkan bagi para kaum hawa.

Dalam hal ini, endorfin diklaim dapat membuat persalinan menjadi lebih mudah. Tingkat beta-endorphin yang rendah pada akhir kehamilan dikaitkan dengan kebutuhan akan obat-obatan perawatan nyeri tambahan selama persalinan.

Baca Juga: 8 Makanan untuk Meningkatkan Serotonin

Cara Meningkatkan Produksi Hormon Endorfin

Walaupun tubuh Anda dapat meghasilkan endorfin secara alami, ada baiknya Anda melakukan beberapa langkah tertentu untuk meningkatkan kadar hormon kebahagiaan ini.

Selain dengan rutin berolahraga, seperti berenang, yoga, dan bersepeda, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan produksi endorfin di dalam tubuh Anda:

1. Konsumsi Dark Cokelat

Dark cokelat diketahui mengandung flavonoids yang dikenal dapat memberi manfaat baik bagi otak. Walaupun kini produk cokelat telah banyak beredar di pasaran, pilihlah setidaknya yang mengandung 70 persen dark cokelat, demi memaksimalkan manfaatnya.

2. Tertawa 

Tertawa dikenal mampu membantu Anda melepaskan rasa stres, dan tentunya menghasilkan hormon endorfin sebagai pereda nyeri alami.

Karena itu, jangan lewatkan waktu berkualitas sambil tertawa lepas dengan keluarga, sahabat, maupun kekasih. Menonton program  TV seperti variety show maupun film bergenre komedi juga bisa dijadikan pilihan untuk mengundang gelak tawa.

3. Melakukan Aksi Sosial

Para peneliti di The National Institutes of Health menemukan bahwa tindakan sosial, seperti berdonasi dan menolong orang lain dapat mengaktifkan hormon bahagia di pusat otak. Tidak heran, setelah berbagi dengan sesama, Anda akan merasakan efek puas dan senang.

4. Meditasi 

Meditasi dikenal mampu memicu pelepasan endorfin, dopamin, serotonin, dan melatonin.

Campuran bahan kimia ini membanjiri aliran darah membuat meditator merasa tenang, bahagia, dan merasa puas.

Bagi Anda yang baru mengenal meditasi, tip berikut dapat membantu Anda:

  • Temukan tempat tenang yang bebas dari gangguan.
  • Selain tenang, pilihlah tempat di mana Anda bisa duduk atau berbaring dengan nyaman.
  • Cobalah untuk menyalakan lilin, atau mendengarkan musik yang menenangkan.
  • Alihkan perhatian Anda dari banyak pikiran dan kekhawatiran yang cenderung membanjiri pikiran pada saat-saat awal meditasi
  • Bernapaslah dengan perlahan, dalam, dan sadar.
  • Biarkan napas Anda memandu Anda menuju kondisi kesadaran dan relaksasi yang mendalam.

5. Berhubungan Seksual 

Bagi Anda yang sudah memiliki pasangan, melakukan aktivitas seksual secara teratur dapat meningkatkan kebahagiaan, mengurangi stres, dan melepaskan endorfin.

Endorfin yang diproduksi seiring meningkatnya gairah seksual dan rasa kasih sayang juga akan merangsang produksi oksitosin, atau lebih sering disebut sebagai “hormon cinta”, serta zat kimia saraf lainnya seperti dopamin.

Kombinasi bahan kimia ini lah yang menciptakan sensasi bahagia dan memuaskan di seluruh tubuh selama dan setelah Anda melakukan kontak seksual.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Antidepresan dan Efek Sampingnya

Sumber

Good Therapy. (2014). Feeling Good Yet? Seven Ways to Boost Endorphins. www.goodtherapy.org

Healthline. (2017). Why Do We Need Endorphins?. www.healthline.com

Medical News Today. (2018). Endorphins: Effects and how to increase levels. www.healthline.com

WebMD. (2020). Exercise and Depression. www.webmd.com