Ciri-ciri Orang Jujur yang Perlu Anda Ketahui

Ciri-ciri Orang Jujur yang Perlu Anda Ketahui

Penulis: Justina | Editor: Ratna

Pada umumnya banyak orang yang lebih menyukai orang yang jujur daripada yang suka berbohong. Akan tetapi, ternyata sekarang mungkin lebih sulit untuk mengetahui orang yang benar-benar jujur tanpa bohon sedikitpun.

Ada yang berpendapat bahwa membohongi seseorang sebetulnya bisa menyelamatkan dirinya dari kebenaran yang pahit, dan mencegah tersinggung. Akan tetapi kebohongan tetaplah kebohongan.

Dikelilingi orang yang jujur dengan Anda tentu lebih menyenangkan dan membuat Anda nyaman dan aman, daripada bersama dengan seseorang yang selalu berbohong demi tidak menyinggung perasaan Anda. Oleh karena itu, agar Anda tidak terjebak dikelilingi oleh orang yang suka berbohong kepada Anda. Berikut ciri-ciri orang jujur yang perlu Anda tahu dan pantas untuk dijadikan teman atau sahabat.

Baca Juga: Ciri-ciri Toxic People dan Cara Menghadapinya

1. Tidak Terlalu Berusaha untuk Disukai oleh Semua Orang

Terkadang banyak orang berusaha menjadi sosok yang bukan dirinya agar semua orang menyukai citra dirinya tersebut. Hal yang menjadi persoalan di sini adalah, mereka melakukan hal tersebut untuk menyenangkan orang lain.

Akan tetapi, jika orang tersebut tetap bersikap baik, sopan, dan berperilaku terpuji, serta tidak berusaha untuk tampak sedang ingin mendapatkan pujian dari orang lain. Hal tersebut adalah suatu ciri atau pertanda bahwa orang tersebut merupakan orang yang jujur.

2. Orang Jujur Tidak Mencari Pembenaran

Seseorang yang jujur tidak akan mencari argumen dan pembenaran. Akan tetapi, orang yang jujur tidak takut untuk mengutarakan apa yang mereka pikirkan.

Ciri khas dari orang jujur berikutnya yaitu mereka berani untuk mengungkapkan pendapat mereka meski pendapatnya sedang bertentangan dengan suara mayoritas. Mereka juga berpendapat dengan sopan tanpa berkata kasar, tetap tenang, dan tidak basa-basi.

3. Tetap Tenang Meski Tidak Disukai

Pada umumnya, seseorang akan tersinggung atau perasaannya terluka jika diberitahu mengenai tentang kebenaran atau fakta sebenarnya. Oleh karena itu, banyak orang yang tidak menyukai orang jujur karena mereka dinilai terlalu blak-blakan dan terlalu keras kepada orang lain. Inilah sebabnya mengapa dibutuhkan keberanian untuk menjadi orang jujur, dan tidak semua orang berani untuk menanggung risikonya.

4. Bisa Menjalin Persahabatan

Orang jujur mampu mempertahankan persahabatan tetap bermakna dan awet. Hal ini karena orang jujur akan memberitahukan pendapatnya apabila orang di sekitarnya berbuat tidak sepantasnya. Mereka juga tidak akan memberi sahabatnya omong kosong belaka yang hanya berisi pembenaran saja agar sahabatnya tidak terluka atau tersinggung.

Orang-orang di sekitar orang yang jujur juga merasa aman dalam persahabatan mereka, karena mereka tahu bahwa seorang teman yang jujur ​​tidak akan mengeluh dan membicarakan tentang mereka di belakang mereka, dan akan menghadapi masalah secara langsung.

5. Dipercaya oleh Rekan-rekan di Sekelilingnya

Sulit untuk memberikan kepercayaan kepada orang yang sering berbohong. Anda tidak akan tahu siapa mereka sebenarnya dan apa niatan di balik mereka berkomunikasi dengan Anda.

Sedangkan jika bersama dengan orang yang jujur, Anda bisa selalu percaya dan merasa aman. Anda juga merasa bisa mengandalkan mereka untuk memberikan nasehat yang benar dan secara objektif.

Sedangkan orang yang berbohong hanya akan memberikan Anda kebenaran palsu, sehingga Anda tidak akan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

6. Orang yang Jujur Selalu Tenang

Orang jujur memiliki pembawaan yang tenang dan konsisten. Mereka juga seolah tidak pernah menaikkan nada suaranya. Hal ini karena mereka bukan seorang pembohong yang manipulatif sekaligus mampu merendahkan seseorang dengan menaikkan nada suara selama percakapan berlangsung.

7. Orang Jujur Tidak Malu dengan Keadaan Dirinya

Seseorang yang jujur tidak akan menyembunyikan kondisinya. Mereka juga tidak takut untuk tidak terlihat sempurna seperti yang disukai oleh banyak orang. Orang jujur juga tidak menyembunyikan jati dirinya dan tidak punya agenda rahasia tertentu yang dapat menyakiti dan merugikan orang-orang di sekitarnya. Hal ini karena orang yang jujur sudah menerima dirinya apa adanya dan berfokus kepada dirinya.

8. Orang Jujur Mau Mengakui Kesalahan

Tidak semua orang bisa mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang telah diperbuat. Akan tetapi, orang yang jujur mau mengakui kesalahan yang diperbuat dan tetap meminta maaf serta bertanggung jawab atas kesalahannya. Hal ini tidak akan Anda temukan pada orang yang suka berbohong karena mereka tidak akan jujur kepada dirinya bahwa mereka sudah melakukan kesalahan. Berbeda dengan orang jujur yang sudah mau menerima kesalahan, ia akan lebih mudah berkembang karena fokus untuk memperbaiki kesalahannya tersebut.

Baca Juga: Jaga Hubungan Tetap Harmonis dan Langgeng dengan Cara Ini

Sumber

Exploring Your Mind. Honest People: Characteristics and Behavior. exploringyourmind.com

HackSpirit. (2021). 14 signs you’re an honest person who always speaks from the heart. hackspirit.com

Outlandisher. 7 Revealing Traits of an Honest Person. outlandisher.com

Verywell Mind. (2020). How to Recognize the Signs That Someone Is Lying. www.verywellmind.com