Cara Ampuh Sembuhkan Patah Tulang Tangan

Cara Ampuh Sembuhkan Patah Tulang Tangan

Penulis: Devita | Editor: Ratna

Kecelakaan karena jatuh hingga olahraga bisa menyebabkan tangan patah. Tangan terdiri atas tulang metacarpal, karpal, hasta, pengumpil, dan tulang falang. Tulang tersebut bersinergi dengan otot untuk menciptakan gerakan pada tangan. Namun, apabila tulang patah gerakan pada tangan tentu tidak bisa terjadi dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tulang tangan yang patah harus ditangani dengan cepat dan tepat supaya proses pemulihan tidak memakan waktu lama. Penanganan yang tepat bisa mencegah komplikasi yang lebih parah. Jika Anda merasa mengalami patah tulang, jangan asal memijatnya sendiri dan segera ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Untuk mengetahui cara ampuh menyembuhkan patah tulang, bacalah penjabaran artikel di bawah ini.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini Sebagai Pertolongan Pertama pada Patah Tulang

Pertolongan Pertama pada Patah Tulang Tangan

Jika tangan Anda patah, sebelum menemui dokter pastikan sudah melakukan pertolongan pertama. Pertolongan pertama bertujuan untuk mencegah cedera lebih lanjut, mengurangi rasa sakit, dan mempercepat pemulihan tulang yang patah. Anda juga harus mengetahui perbedaan patah tulang yang terjadi yaitu patah tulang terbuka atau patah tulang tertutup. Patah tulang terbuka ditandai dengan tangan yang mengeluarkan darah karena patahan tulang merobek kulit, sedangkan patah tulang tertutup biasanya tidak terjadi perdarahan.  Adapun pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Lepaskan perhiasan yang berada di tangan seperti gelang, jam tangan, atau cincin.
  • Kurangi gerakan pada tangan dan jangan coba-coba meluruskan tangan yang patah.
  • Jika terdapat perdarahan, balut bagian tangan yang luka dengan perban.
  • Untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, kompres tangan Anda dengan es yang dibungkus handuk bersih secara berhati-hati.
  • Jika Anda mengalami patah tulang terbuka, tutup luka dengan perban steril dan berikan tekan pada tulang tersebut dengan mengencangkan ikatan perban.
  • Berikan bantalan pada tulang yang patah misalnya dengan mengembannya dengan kain.
  • Jika tulang Anda terasa sangat nyeri, sebaiknya minum obat-obatan pereda nyeri.

Perawatan Medis untuk Patah Tulang

Perawatan medis terbaik untuk patah tulang tangan adalah dengan berobat ke dokter spesialis tulang. Jangan sembarangan memijat tulang yang patah. Perawatan yang akan Anda lakukan antara lain:

  • Sesampainya di rumah sakit, Anda akan menjalani pemeriksaan fisik yang terfokus pada tangan Anda. Dokter akan melihat bagaimana pembengkakan, memar, dan kerusakan lainnya pada tangan. Pemeriksaan fisik akan menentukan tingkat keparahan cedera.
  • Dokter akan menanyakan riwayat fisik Anda, apakah sebelumnya pernah mengalami patah tulang di tangan atau menderita osteoporosis.
  • Jika Anda baru saja mengalami kecelakaan, mereka akan bertanya tentang apa yang terjadi dan bagaimana tangan Anda terluka.
  • Tangan Anda akan di rontgen untuk mengetahui separah apa patah tulang yang terjadi.
  • Tangan yang patah biasanya akan mati rasa sehingga luka akan diari dan dieksplorasi dengan hati-hati.
  • Pasien akan diberi antibiotik supaya luka tidak infeksi.
  • Selain itu pasien akan diberi obat nyeri selama beberapa hari setelah cedera.
  • Bagian yang terluka akan dimobilisasi dengan bidai untuk menahannya pada posisi tertentu.
  • Adapun tindakan yang akan dilakukan oleh dokter tergantung pada keparahan luka dan kondisi tulang tangan Anda. Tindakan yang mungkin dilakukan antara lain:
  • Menyembuhkan dengan gips

Tulang Anda akan dibatasi pergerakannya dengan gips, belat atau dijepit. Penggunaan gips umumnya dilakukan untuk menyembuhkan patah tulang yang tidak parah seperti patah tulang tertutup. Pemasangan gips dilakukan minimal selama 3 minggu.

Operasi Pembedahan

Operasi bisa dilakukan untuk mengatasi cedera yang parah. Cara ini dilakukan dengan memberikan sekrup atau pin logam untuk menjaga tulang tetap pada posisinya. Pada kasus tertentu, Anda mungkin juga akan menjalani cangkok tulang. Kondisi tulang tangan yang membutuhkan pembedahan antara lain patah tulang terbuka, tulang remuk, ada fragmen tulang yang lepas, atau tangan tidak bisa digerakan sama sekali.

Setelah dilakukan tindakan oleh dokter, lakukan pemeriksaan secara berkala yang sudah terjadwal, supaya proses penyembuhan tulang bisa berjalan secara maksimal.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Daun Patah Tulang Bagi Kesehatan

Sumber

Emedicine Health. Broken Hand. www.emedicinehealth.com

Healthline (2020). Diagnosing and Treating a Broken Bone in Your Hand. www.healthline.com

Mayo Clinic. Broken Hand. www.mayoclinic.com

Saint Johnsons Ambulance. Fracture (broken bones). www.sja.org.uk