Kandistatin Suspensi: Fungsi, Cara Pakai, dan Efek Samping

Kandistatin Suspensi: Fungsi, Cara Pakai, dan Efek Samping

Penulis: Lely | Editor: Ratna

Kandistatin merupakan obat antijamur yang digunakan untuk mengobati infeksi jamur pada bagian dalam mulut pada bagian dalam mulut dan lapisan lambung dan usus. Kandistatin suspensi 12 ml memiliki kandungan nistatin. Obat ini berfungsi dengan menghentikan pertumbuhan jamur yang menyebabkan infeksi.

Untuk pengobatan infeksi jamur pada mulut, kandistatin suspensi umumnya digunakan 4 kali dalam sehari. Selalu ikuti petunjuk pada kemasan atau resep Anda dengan hati-hati. Jika Anda tidak mengerti, sebaiknya tanyakan pada apoteker atau dokter untuk menjelaskan. Dan gunakan kandistatin suspensi sesuai arahan.

Efek Samping dan Cara Mengatasinya

Kandistatin suspensi dapat menyebabkan efek samping seperti:

  • Mual
  • Merasa sakit
  • Diare
  • Perut kembung atau perih

Informasikan pada dokter jika salah satu dari gejala efek samping tersebut tidak kunjung menghilang atau menjadi parah.

Efek samping serius juga dapat ditimbulkan saat penggunaan obat ini, antara lain:

  • Sensasi terbakar pada mulut
  • Iritasi mulut
  • Gatal-gatal
  • Ruam
  • Kesulitan bernapas atau menelan

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala serius ini, hentikan penggunaan kandistatin suspensi, dan segera lakukan pemeriksaan ke klinik atau rumah sakit terdekat.

Untuk mengatasi efek samping ringan, Anda dapat melakukan metode berikut:

  • Pada diare, Anda dapat minum banyak cairan. Jangan menggunakan obat lain untuk menghentikan diare tanpa konsultasi dengan apoteker atau dokter Anda.
  • Jika Anda merasa sakit, tetap mengkonsumsi makanan seperti biasa tapi jangan makan makanan yang pedas. Dan sering-seringlah minum air untuk menghindari dehidrasi.

Cara Pemakaian

Umumnya, penggunaan kandistatin suspensi sekitar 1 minggu untuk mengobati kandidiasis mulut. Cara terbaik adalah menggunakannya setelah makan atau saat makan. Namun, bukan berarti Anda dapat mencampurkannya dengan makanan, air, atau minuman lainnya.

Berikut adalah tata cara penggunaan obat kandistatin suspensi:

  • Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh mulut atau benda-benda yang tersentuh mulut Anda. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak menularkan infeksi kepada orang lain.
  • Kocok botol obat kandistatin dengan baik.
  • Buka tutup botol, dan ukur jumlah yang tepat dengan menggunakan sendok obat, atau pipet. Jangan menggunakan sendok makan, karena tidak dapat menentukan jumlah dosis yang tepat.
  • Masukkan obat ke dalam mulut Anda, tetapi jangan langsung ditelan. Simpan di mulut Anda setidaknya selama 30 detik jika memungkinkan. Gunakan seperti obat kumur sebelum Anda menelannya.
  • Jangan makan atau minum apapun selama 30 menit setelah menggunakan kandistatin suspensi. Karena dengan makan atau minum dapat menghilangkan obat dari mulut Anda terlalu cepat, sehingga hasilnya tidak akan maksimal.

Tindakan Pencegahan Khusus

Sebelum mengonsumsi kandistatin suspensi, sebaiknya informasikan kepada dokter atau apoteker terkait obat-obatan lain yang sedang Anda konsumsi.

Beritahu dokter atau apoteker tentang obat resep dan nonresep lainnya, vitamin, suplemen nutrisi, dan produk herbal yang sedang Anda gunakan atau berencana untuk dikonsumsi.

Sebelum menggunakan obat ini, informasikan juga pada dokter tentang riwayat kesehatan Anda, terutama dari penyakit HIV, diabetes, dan penyakit ginjal. Karena produk ini mengandung gula, maka bagi penderita diabetes sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Jika Anda memakai gigi palsu juga harus berhati-hati, agar selalu membersihkan dan merawat gigi palsu dengan benar selama perawatan dengan obat ini.

Selama kehamilan, kandistatin suspensi hanya dapat digunakan jika benar-benar dibutuhkan. Jadi, diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter Anda sebelum menggunakannya.

Dan masih belum diketahui apakah obat ini dapat mempengaruhi ASI dan bayi Anda, sehingga ada baiknya jika Anda mengkonsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya.

Jangan berbagi kandistatin suspensi dengan orang lain, karena obat ini telah diresepkan untuk kondisi Anda saat sakit. Jangan menyimpan dan menggunakannya untuk infeksi lain kecuali dokter Anda menganjurkan hal tersebut.

Selama digunakan, simpan obat Anda pada suhu kamar yang jauh dari panas dan cahaya matahari langsung. Jangan menyimpannya di dalam kulkas atau freezer, dan jangan menyimpannya di dalam kamar mandi. Simpanlah segala jenis obat-obatan Anda dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Baca Juga: Kenali Cara Kerja Obat Antijamur dan Berbagai Jenisnya

Sumber

Metiska Farma. KANDISTATIN Suspensi. metiska.co.id

Web MD. Nystatin Suspension, (Final Dose Form) – Uses, Side Effects, and More. www.webmd.com

NHS. (2020). Nystatin. www.nhs.uk

MedlinePlus. (2018). Nystatin. medlineplus.gov

Drugs.com. (2022). Nystatin. www.drugs.com