7 Makanan Sehat Kaya Prebiotik

Penulis: Unik Fa | Editor: Atsa

Pentingnya probiotik telah lama diketahui. Bakteri baik ini telah terbukti bermanfaat untuk memerangi masalah dalam saluran pencernaan dan menjaga sistem pencernaan. Bakteri ini juga memainkan peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Probiotik adalah mikroorganisme yang hidup di dalam saluran pencernaan Anda. Mereka membantu pencernaan dengan membersihkan usus. Berikut adalah beberapa daftar makanan kaya akan prebiotik.

1. Asparagus

Sayur asparagus kaya akan serat, termasuk Frukto-oligosakarida (FOS) yang mendukung dalam meningkatkan pertumbuhan bakteri probiotik. Selain itu, asparagus juga tinggi dalam hampir semua vitamin dan mineral yang rendah kalori.

2. Pisang

Untuk probiotik booster, pisang merupakan salah satu pilihan yang baik. Tambahkan pisang ke GREEK yogurt bersama dengan jahe parut segar dan sedikit kayu manis. Jika Anda memiliki blender, Anda juga dapat membuat pisang menjadi smoothie, bersama dengan buah beri atau mangga untuk rasa yang lebih nikmat.

3. Bawang Putih

Bawang putih mentah juga mampu memicu pertumbuhan probiotik. Anda dapat mencincangnya dan dijadikan taburan berbagai hidangan. Misalkan ditaburkan sebagai topping salad, atau di jus bersama lemon.

4. Bawang Bombai

Bawang bombai baik mentah dan dimasak keduanya merupakan sumber prebiotik yang sangat bagus. Tambahkan bawang bombai ke telur dadar saat sarapan, salad saat makan siang, atau tumis saat makan malam. Bawang bombai adalah sayuran yang sangat lezat, serbaguna, dan terkait dengan berbagai manfaat kesehatan. 

Sama seperti bawang putih, bombai mengandung FOS yang memperkuat kesehatan usus, membantu pemecahan lemak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bawang juga kaya akan quercetin flavonoid, yang memberikan sifat antioksidan dan antikanker. Selain itu, bawang memiliki sifat antibiotik dan dapat memberikan manfaat untuk sistem kardiovaskular

5. Apel

Buah yang lezat ini menyumbang sekitar 50% serat untuk tubuh dari total kandungan serat apel. Pektin dalam apel memiliki manfaat prebiotik. Ini meningkatkan butirat, asam lemak rantai pendek yang memberi makan bakteri usus bermanfaat dan mengurangi populasi bakteri berbahaya. Apel juga mengandung antioksidan polifenol yang tinggi.

Gabungan, polifenol dan pektin telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan pencernaan dan metabolisme lemak, penurunan kadar kolesterol LDL, dan penurunan risiko berbagai jenis kanker.

6. Oat

Hidangan dari oat adalah pilihan yang baik karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya. Berasal dari gandum utuh, biji-bijian yang sangat sehat dengan manfaat prebiotik. Mereka mengandung sejumlah besar serat beta-glukan, serta beberapa pati resisten. Beta-glukan dari gandum telah dikaitkan dengan bakteri usus yang sehat, menurunkan kolesterol LDL, kontrol gula darah dan mengurangi risiko kanker. Selain itu, telah terbukti memperlambat pencernaan dan membantu mengendalikan nafsu makan.

7. Almond

Almond kaya akan serat makanan dan sumber prebiotik yang baik. Mereka mengandung 12,5 g serat per 100 g. Almond dapat menambahkan rasa dan tekstur ke berbagai hidangan. Selain kandungan seratnya, almond juga merupakan sumber kalsium yang baik.

Baca Juga: 7 Sumber Makanan Kaya Omega 3

 

Sumber:
Probiotin. Foods Containing Prebiotics. www.prebiotin.com
Health Line. 2016. The 19 Best Prebiotic Foods You Should Eat. www.healthline.com
Health. 2018. 6 Prebiotic Foods You Should Add to Your Diet ASAP. www.health.com
Medical News Today. 2018. What prebiotic foods should people eat?. www.medicalnewstoday.com