Penyebab Eritrosit Rendah dan Cara Mengatasinya

Penyebab Eritrosit Rendah dan Cara Mengatasinya

Penulis: Dita | Editor: Atsa

Dalam istilah medis, eritrosit dikenal sebagai sel darah merah. Sel ini merupakan sel terbanyak yang ada di dalam tubuh kita. Peredaran eritrosit di dalam pembuluh darah berguna untuk membawa oksigen sekaligus membantu tubuh melawan infeksi. Seperti sel darah putih, ada kalanya tubuh mengalami penurunan jumlah eritrosit.

Jumlah eritrosit yang menurun tidak selalu menandakan adanya masalah kesehatan pada tumbuh Anda. Pada beberapa orang, menurunnya jumlah sel darah merah ini bisa terjadi karena sedang mengalami datang bulan atau sedang dalam masa kehamilan.

Kondisi dan Penyakit yang Berhubungan dengan Rendahnya Eritrosit dalam Darah

Penurunan jumlah sel darah merah yang terjadi secara signifikan bisa disebabkan oleh berbagai hal antara lain:

  • Tubuh memproduksi sel darah merah lebih sedikit dari biasanya
  • Tubuh menghancurkan sel darah merah lebih cepat dibanding proses produksinya
  • Tubuh mengalami kehilangan darah dalam jumlah banyak.

Adapun beberapa penyakit yang bisa membuat tubuh memproduksi sel darah mereka lebih sedikit antara lain adalah:

  • Anemia aplastik. Anemia aplastik merupakan kasus penurunan jumlah sel darah merah yang paling sering terjadi. Ini merupakan kondisi di mana tubuh memproduksi sel darah merah lebih sedikit dari yang seharusnya. Orang yang mengalami anemia aplastik akan mengeluhkan rasa lelah dan cenderung rentan terhadap infeksi dan perdarahan
  • Kanker. Kanker yang berhubungan dengan sumsum tulang termasuk limfoma dan leukemia bisa membuat produksi eritrosit menjadi tidak normal. Kanker prostat dan kanker payudara juga bisa menyebabkan penderitanya mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah
  • Pengobatan tertentu. Obat-obatan yang bersifat antivirus seperti obat HIV juga bisa menyebabkan sel darah merah rendah. Begitu juga obat-obatan yang diresepkan untuk kemoterapi.

Seperti halnya sel-sel lain dalam tubuh, sel darah merah juga mengalami regenerasi. Namun, ada kalanya proses penghancuran sel darah merah ini berlangsung lebih cepat dibanding proses produksinya. Inilah yang kemudian menyebabkan eritrosit dalam darah turun drastis. Penyakit dan kondisi yang menyebabkan tubuh menghancurkan sel darah merah lebih cepat antara lain adalah:

  • Pembengkakan pada limpa (splenomegali)
  • Hemolisis atau kerusakan pada membran sel darah merah
  • Porphyria atau penumpukan bahan kimia yang mengganggu produksi hemoglobin
  •  Anemia sel bulan sabit
  • Thalasemia kelainan darah yang menyebabkan penderitanya mengalami anemia sehingga harus ditransfusi secara berkala.

Selain itu, kehilangan darah yang disebabkan oleh perdarahan (misalnya perdarahan pada sistem pencernaan), terlalu sering melakukan donor darah dan menorrhagia (menstruasi dengan jumlah darah yang sangat banyak) juga bisa memicu eritrosit di dalam tubuh Anda turun drastis.

Mengatasi Rendahnya Eritrosit dalam Darah

Rendahnya eritrosit secara umum dapat diatasi dengan konsumsi suplemen penambah darah. Namun mengubah pola makan tentu akan lebih baik lagi. Simak beberapa jenis zat dan nutrisi penting yang bisa membantu Anda mengatasi masalah eritrosit rendah berikut ini!

  • Konsumsi makanan kaya akan zat besi seperti bayam, ikan tuna, kerang-kerangan dan lain sebagainya
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks seperti produk susu dan turunannya, asparagus, hati sapi, buah jeruk dan lain sebagainya
  • Mengonsumsi banyak vitamin C. Vitamin C tidak secara langsung menaikkan tingkat eritrosit tapi membantu tubuh menyerap zat besi secara maksimal. Beberapa jenis makanan yang tinggi vitamin C antara lain jeruk, brokoli, kiwi, stroberi dan tomat
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, ubi manis, brokoli dan hati ayam.

Selain mengubah pola makan, mengganti gaya hidup menjadi lebih sehat juga bisa membantu Anda mengatasi rendahnya tingkat eritrosit. Mulai dengan mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan mengonsumsi alkohol hingga berolahraga secara rutin.

Baca Juga: Penyebab Eritrosit Tinggi dan Cara Mengobatinya

Sumber

Cure Search for Children’s Cancer (2020). Low Red Blood Cell Count (Anemia). www.curesearch.org

Medical News Today (2020). How to Increase Red Blood Cell Count. www.medicalnewstoday.com

Mayo Clinic (2020). Low Hemoglobin Count. www.mayoclinic.org

Healthline (2018). Red Blood Cell Count (RBC). www.healthline.com