Ketahui Kapan Gigi Permanen Anak Mulai Tumbuh

Ketahui Kapan Gigi Permanen Anak Mulai Tumbuh

Penulis: Justina | Editor: Ratna

Gigi permanen adalah gigi yang akan tumbuh secara permanen dan menggantikan gigi susu yang sudah tanggal. Namun, gigi permanen pada anak tumbuh dan muncul secara tiba-tiba, menyesuaikan dengan kondisi masing-masing anak.

Sebelum muncul gigi permanen, sebetulnya dasar pembentukan gigi bayi sudah dimulai di dalam rahim. Sebelum anak lahir, sel-sel embrionik atau tunas gigi untuk gigi susu sudah terbentuk di bawah gusi. Selain itu, tunas gigi untuk gigi permanen juga akan berada di tempatnya sebelum anak lahir ke dunia. Kemudian setelah anak lahir, gigi sulung anak akan terus mengalami perkembangan di dalam rahangnya meski belum dapat Anda lihat.

Baca Juga: Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak dan Tips Perawatannya

Kapan Gigi Pertama Anak Tumbuh?

Saat anak berusia sekitar enam bulan, gigi susu sudah mulai mendorong melalui gusi. Gigi sulung umumnya akan muncul dalam urutan sebagai berikut: gigi seri sentral sulung, gigi seri lateral, gigi geraham pertama, gigi taring, dan gigi geraham kedua. Proses pertumbuhan gigi pertama ini kemungkinan berlangsung sejak saat anak berusia enam bulan sampai anak berusia 24 bulan. Pada saat anak sudah berusia sekitar dua setengah tahun, anak Anda mungkin sudah memiliki 20 gigi susu.

Selama gigi sedang tumbuh, penting untuk Anda membawa anak untuk kontrol ke dokter gigi secara berkala, meskipun semua giginya belum tumbuh. Hal ini karena saat gigi anak sedang tumbuh, hal tersebut bisa membuka gusi yang menimbulkan rasa sakit dan infeksi jika mulut anak tidak dijaga kebersihannya dengan baik. Itulah sebabnya Anda harus mulai menyikat dan membersihkan gigi anak dengan sikat gigi khusus anak yang lembut segera setelah gigi pertama tumbuh. Selain itu, rutin kontrol ke dokter gigi usai gigi anak mulai tumbuh akan memastikan perkembangan gigi mereka berada di jalur yang tepat untuk mulut yang sehat dan gigi yang terawat baik.

Segera setelah gigi anak tumbuh, lanjutkan kontrol ke dokter gigi setiap enam bulan untuk memastikan pertumbuhan gigi sulung berjalan dengan baik. Gigi susu memang nantinya akan tanggal dan digantikan gigi permanen, namun hal itu tidak mengurangi pentingnya perawatan gigi yang baik sampai gigi permanen sudah tumbuh. Selain itu, jika gigi susu tidak dirawat dan tanggal sebelum waktunya karena kondisi kesehatan yang buruk, maka gigi permanen di bawahnya dapat tumbuh lebih awal dari yang seharusnya, menjadi bengkok atau tidak sehat. Oleh karena itu, Anda harus mengikuti panduan yang sama untuk merawat gigi permanen untuk merawat gigi susu sebelum gigi permanen tumbuh.

Setelah semua gigi susu sudah tumbuh, mungkin Anda akan melihat seperti celah kecil di antara masing-masing gigi atau sebagian besar gigi. Namun, jangan khawatir karena hal ini benar-benar normal. Sebagian besar anak-anak akan memiliki celah di antara gigi sulung untuk menghemat ruang bagi gigi permanen yang akan tumbuh di kemudian hari.

Kapan Gigi Permanen Anak Tumbuh?

Sebelum gigi permanen anak tumbuh, anak akan mulai kehilangan gigi susu sekitar usia 6 tahun, yang akan digantikan oleh gigi permanen atau gigi dewasa. Namun, masih sangat normal jika anak Anda kehilangan gigi pertama satu atau dua tahun lebih awal atau lebih lambat dari usia 6 tahun. Pada umumnya, anak perempuan akan kehilangan gigi susunya lebih awal daripada anak laki-laki. Gigi pertama yang akan tanggal biasanya yang terletak di bagian depan rahang bawah.

Kehilangan gigi susu atau tanggalnya gigi susu bisa membuat anak-anak merasa sakit atau resah. Oleh karena itu, orang tua bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut.

  • Meyakinkan anak bahwa gigi susu yang tanggal merupakan suatu proses alami dan gigi permanen yang baru akan menggantikannya. Gusi anak juga akan menjadi lebih lunak dan berdarah, dan hal ini merupakan hal yang normal. Meskipun beberapa anak mungkin akan mengalami rasa yang tidak nyaman saat giginya tanggal.
  • Gunakan kompres dingin atau menggunakan bantuan obat antiinflamasi atau pereda nyeri yang dijual bebas di apotek untuk membantu meredakan sakit akibat gigi yang kendur. Anda juga bisa meminta rekomendasi dokter gigi atau apoteker tentang obat yang tepat untuk anak.

Gigi Permanen

Gigi permanen atau gigi dewasa mulai berkembang di rahang sejak lahir dan berlanjut sampai setelah anak sudah dilahirkan. Sekitar 21 tahun, rata-rata manusia memiliki 32 gigi permanen yang termasuk 16 gigi di rahang atas dan 16 di rahang bawah. Namun, dalam beberapa kasus gigi geraham ketiga atau yang kerap disebut dengan gigi bungsu tidak akan tumbuh sehingga beberapa orang terkadang hanya akan memiliki 28 gigi permanen saja.

Saat anak berusia 6 tahun, gigi geraham permanen pertamanya akan tumbuh. 4 gigi geraham ini (2 gigi setap rahang) akan keluar di belakang gigi susu anak. Gigi permanen lainnya seperti gigi seri, gigi taring, dan gigi premolar akan tumbuh ke dalam celah gusi yang telah ditinggalkan gigi susu yang telah tanggal.

Seperti halnya gigi susu, pertumbuhan gigi permanen juga bisa berbeda. Secara umum, urutan dan garis waktu untuk pertumbuhan setiap jenis gigi permanen yaitu sebagai berikut.

  • Geraham pertama: antara usia 6 dan 7 tahun.
  • Gigi seri tengah: antara usia 6 dan 8 tahun.
  • Gigi seri lateral: antara usia 7 dan 8 tahun.
  • Taring: antara usia 9 dan 13 tahun.
  • Premolar: antara usia 9 dan 13 tahun.
  • Gigi geraham kedua mulai tumbuh saat anak berusia: antara 11 dan 13 tahun.
  • Geraham ketiga (gigi bungsu): antara usia 17 dan 21 tahun.

Baca Juga: Prosedur Pencabutan Gigi Bungsu dan Efek Sampingnya

Sumber

Baby Center. (2019). Fetal development: Your baby’s teeth. www.babycenter.com

Better Health Channel. Teeth development in children. www.betterhealth.vic.gov.au

John Hopkins Medicine. Anatomy and Development of the Mouth and Teeth. www.hopkinsmedicine.org/health

Pediatric Dentistry. Tooth Development in Children. www.dentistryforkids.info

Stanford Children’s Health. Anatomy and Development of the Mouth and Teeth. www.stanfordchildrens.org