FG Troches: Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya

FG Troches: Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya

Penulis: Devita | Editor: Handa

FG Troches adalah salah satu jenis antibiotik. Antibiotik ini bermanfaat untuk membantu perawatan infeksi bakteri, infeksi mata, bakteri di usus, dan infeksi pada tenggorokan. Kandungan bahan aktif yang terdapat di dalamnya adalah gramicidin dan neomisin sulfat. Kedua kandungan ini dapat membunuh beberapa jenis bakteri penyebab peradangan yang ada di mulut dan tenggorokan.

FG Troches dirancang untuk larut dengan mudah di dalam mulut dan bekerja langsung pada selaput lendir rongga mulut, faring, dan saluran pernapasan bagian atas. Dengan demikian, efektif dalam pengobatan dan pencegahan infeksi pada rongga mulut dan faring.

Beberapa kondisi yang bisa di atasi dengan FG Troches, seperti sariawan, radang gusi, radang tenggorokan, radang amandel, dan infeksi mata. Selain itu, FG Troches bisa digunakan untuk mencegah infeksi setelah operasi gigi dan mulut.

Peringatan FG Troches

Berikut ini adalah beberapa peringatan yang perlu Anda pahami ketika memutuskan mengonsumsi FG Troches, di antaranya:

  • Jika Anda mengalami radang tenggorokan yang disebabkan virus, tidak membutuhkan obat sejenis antibiotik sebab antibiotik bekerja membunuh bakteri bukan virus
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki alergi terhadap obat-obatan golongan aminoglikosida
  • Penggunaan FG Troches pada lansia, sebaiknya gunakan sesuai resep dokter
  • Hindari mengonsumsi FG Troches lebih dari 1 minggu
  • Jika gejala yang Anda alami tidak kunjung reda bahkan semakin memburuk atau terus berlangsung hingga 7 hari, segera periksa diri Anda ke dokter
  • Jika terjadi reaksi alergi obat atau overdosis setelah mengonsumsi FG Troches, segera periksakan diri Anda ke dokter

Baca Juga : Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Penyakit Tipes

Dosis FG Troches

Obat ini bisa digunakan untuk anak-anak dan orang dewasa. Untuk hasil maksimal, mengonsumsi FG Troches harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Berikut dosis mengonsumsi FG Troches, yaitu:

  • Dosis untuk anak-anak adalah 1 tablet isap, 4-5 kali sehari
  • Dosis untuk dewasa, dosisnya yaitu 1-2 tablet isap, 4-5 kali sehari

FG Troches harus dilarutkan di dalam mulut atau bawah lidah. Sebaiknya obat ini dikonsumsi setelah makan. Jika Anda mengalami rasa kantuk, hipotensi atau pusing, sebaiknya hindari mengemudi kendaraan atau mengoperasikan alat berat.

Selain itu, pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya dan usahakan mengonsumsi FG Troches pada jam-jam yang sama tiap hari agar obat dapat bekerja secara maksimal. Simpan FG Troches pada suhu ruang dan di dalam wadah tertutup, agar terhindar dari paparan sinar matahari.

Pastikan Anda menghabiskan obat yang diresepkan dokter, meskipun kondisi Anda sudah membaik. Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa seizin dokter, karena bisa membuat bakteri menjadi kebal terhadap obat.

Interaksi FG Troches dengan Obat Lainnya

Jika Anda mengonsumsi obat lain atau produk kesehatan lain bersamaan dengan FG Troches, efeknya mungkin dapat berubah. Konsumsi obat secara bersamaan dapat meningkatkan risiko efek samping atau menyebabkan obat Anda tidak bekerja dengan baik.

Beri tahu dokter Anda tentang semua obat, vitamin, dan suplemen herbal yang Anda konsumsi sehingga dokter Anda dapat membantu mencegah atau mengendalikan interaksi obat. Pasalnya, obat-obatan tertentu bisa meningkatkan efek samping dan membahayakan kondisi kesehatan Anda.

Efek Samping FG Troches

Berikut adalah kemungkinan efek samping yang timbul setelah mengonsumsi FG Troches. Beberapa efek samping mungkin jarang, tetapi bisa menunjukan kondisi serius. Konsultasikan pada dokter, jika Anda melihat efek samping berikut, terutama jika tidak kunjung hilang. Berikut adalah efek samping mengonsumsi FG troches, yaitu:

  • Masalah pernapasan
  • Katarak
  • Radang kulit
  • Pembengkakan mata dan bibir
  • Iritasi anal
  • Diare
  • Mual

Baca Juga : Obat Herbal dan Perawatan untuk Mengatasi Ejakulasi Dini

Sumber

Mims. FG Troches Meiji. www.mims.com
RxList (2020). Neomycin Sulfate. www.rxlist.com
Science Direct. Gramicidin.www.sciencedirect.com
Tablet Wise. Fg Troches Meiji Tablet. www.tabletwise.com



Add Your Comment