Tips Hilangkan Super Glue pada Kulit

Tips Hilangkan Super Glue pada Kulit

Penulis: Lely | Editor: Ratna

Lem super dirancang untuk menjadi perekat yang sangat kuat dan dengan cepat untuk merekatkan benda-benda seperti plastik, karet, kayu, dan berbagai perabotan rumah lainnya. Komponen utama dari super glue adalah sianoakrilat, dapat dikatakan tidak berbahaya kecuali jika terjadi reaksi alergi.

Namun, uap dari lem super dapat mengiritasi saluran pernapasan, hidung, mata, dan mulut Anda. Sehingga Anda harus lebih berhati-hati dalam memakainya, dan pastikan menggunakan super glue di area yang berventilasi yang baik. Dan jika Anda secara tidak sengaja terkena perekat tersebut di kulit, beberapa teknik berikut dapat membantu menghilangkan superglue dari kulit dengan aman:

1. Sabun dan air hangat

Jika lem super yang menempel di kulit Anda belum sepenuhnya kering, segera rendam area yang terkena dengan air hangat dan sabun, karena air hangat dan sabun dapat mengendurkan lem.

Gunakan ember atau baskom dengan air hangat dan campurkan sabun. Dan Anda dapat menggosok perlahan area yang terkena secara perlahan dengan gerakan memutar, dan kupas lemnya dari kulit Anda.

Lakukan dengan pelan, dan sebaiknya jangan memaksa jika terasa sakit karena mungkin dapat merobek kulit Anda. Jangan gunakan tisu atau kapas saat membersihkan karena dapat menempel pada kulit Anda.

Metode ini juga dapat Anda gunakan jika kulit atau jari Anda menempel pada benda lain. Kemudian, dengan menggunakan benda tumpul untuk memisahkan benda tersebut dari kulit dengan hati-hati.

2. Acetone

Jika sabun dan air hangat tidak membantu Anda dalam melarutkan lem, Anda dapat mencoba menggunakan acetone, sebuah cairan pelarut kuat yang dapat menghapus cat kuku. Namun, sebelum menghilangkan super glue dari kulit Anda atau benda, pastikan produk yang Anda gunakan tidak menyebabkan reaksi kimia.

Beberapa bahan kimia dan kain tertentu dapat bereaksi dengan bahan super glue, dan menyebabkan luka bakar kimiawi atau asap berbahaya. Juga hindari penggunaan segala jenis kapas.

Metode menghilangkan super glue dengan acetone cukup mudah, tuangkan larutan tersebut ke dalam wadah dan rendam kulit Anda hingga lem larut. Hal yang perlu diperhatikan adalah, acetone memiliki potensi beracun dan dapat mengeringkan, serta mengiritasi kulit Anda. Sehingga sangat penting untuk segera mencuci tangan dengan bersih sesudahnya.

Anda yang menderita eksim atau kondisi kulit kering, kemungkinan mengalami iritasi dan kulit Anda semakin kering setelah menggunakan zat tersebut, gunakan pelembab kulit sampai kulit Anda membaik jika hal itu terjadi.

3. Mentega dan minyak

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan margarin dan minyak, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Kedua bahan ini dapat membantu memisahkan jari yang saling menempel akibat lem super.

Cobalah dengan merendam kulit Anda ke dalam air hangat terlebih dahulu, lalu aplikasikan minyak atau mentega ke area yang terkena super glue untuk melarutkan rekatannya. Oleskan banyak minyak dan gosok area yang terkena sampai lemnya hilang.

Metode ini akan menjadi alternatif yang lebih ringan, jika Anda memiliki kulit yang sensitif dan khawatir akan efek acetone.

4. Lemon

Asam pada perasan air lemon dapat membantu menghilangkan super glue yang membandel pada kulit. Buah ini dapat Anda gunakan sebagai pengganti sabun atau acetone jika Anda memiliki kulit sensitif.

Gunakan perasan buah lemon dan rendam area kulit yang terkena selama 5 sampai 10 menit. Kemudian gunakan waslap, kain bekas, atau sikat gigi bekas yang kering untuk menggosok area yang terkena. Setelahnya gosok area kulit yang terkena dengan kain kering untuk mengendurkan lem, lalu cuci tangan Anda.

Namun teknik ini tidak disarankan jika kulit Anda terluka, atau kulit rusak di dekat area yang terkena super glue.

5. Larutan pembersih lem

Produk ini dapat Anda beli di toko kerajinan tangan atau bangunan. Cairan pembersih lem ini dapat menghilangkan lem super dengan cepat tanpa merusak kulit. Namun, orang-orang tertentu mungkin dapat mengalami iritasi kulit akibat produk tersebut.

Larutan pembersih lem super ini mungkin juga sangat mudah terbakar dan mengeluarkan bau yang menyengat, jadi Anda harus berhati-hati saat menggunakannya.

Untuk kulit yang menempel ke plastik akibat super glue, Anda dapat menggunakan cairan ini daripada acetone. Karena acetone dapat merusak sebagian plastik yang dikhawatirkan akan berdampak pada kulit Anda juga.

Baca Juga:

Sumber

Cleveland Clinic. (2021). How to Get Super Glue off Your Skin. health.clevelandclinic.org

Healthline. (2018). How to Get Super Glue Off the Skin. www.healthline.com

Medical News Today. (2022). How to get superglue off the skin. www.medicalnewstoday.com

Family Handyman. (2022). 33 Ways You Haven’t Tried to Remove Super Glue. www.familyhandyman.com