10 Alasan Anda Harus Mengonsumsi Dark Chocolate

Image: bbcgoodfoof.com

Penulis: Gladiola | Editor: Niahappy

Dark chocolate terbuat dari biji kakao yang kaya akan flavonoid. Flavonoid adalah sumber antioksidan yang tinggi. Kandungan ini merupakan penangkal bagi penyakit yang menyerang radikal bebas di tubuh Anda, serta melawan kerusakan sel. Beberapa orang percaya bahwa antioksidan merupakan peluru ajaib pada tubuh yang dapat memperpanjang umur. Sumber antioksidan yang baik terdapat pada beberapa makanan seperti apel, bawang, almond, anggur merah, dan dark chocolate.

Setiap hari, sistem kekebalan tubuh Anda diserang oleh radikal bebas melalui pernapasan yang disebabkan oleh kontaminan lingkungan seperti knalpot mobil atau asap rokok. Namun, mengkonsumsi makanan seperti dark chocolate yang kaya akan antioksidan, membantu melindungi sel dari radikal bebas dengan menghilangkannya. 

Pada dasarnya, dark chocolate merupakan obat alami untuk beberapa masalah kesehatan umum. Studi menunjukkan bahwa satu ons dark chocolate tidak hanya membawa perubahan mood yang baik, tetapi juga memiliki beberapa efek positif yang serius. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari cokelat yang baik secara ilmiah:

Baca Juga: Inilah 7 Fungsi Zat Besi bagi Tubuh

1. Kesehatan Jantung

Dark chocolate mengandung serat dan banyak mineral yang baik untuk tubuh. Sebuah studi pada tahun 2014 menemukan fakta bahwa dark chocolate dapat membantu mengembalikan fleksibilitas ke arteri sekaligus dapat mencegah sel darah putih menempel di dinding pembuluh darah yang merupakan penyebab umum dari penyumbatan arteri. 

Dengan mengkonsumsi dark chocolate secara teratur dalam jumlah sedang dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Senyawa dalam cokelat hitam mencegah pemblokiran arteri yang mengarah ke penurunan risiko penyakit jantung.

2. Mengurangi Risiko Stroke

Para peneliti di Finlandia telah menemukan bahwa dengan mengkonsumsi dark chocolate dapat menurunkan risiko stroke. Hal ini dikarenakan dark chocolate mengandung berbagai mineral bermanfaat seperti potasium dan selenium. Peneliti juga menyebutkan bahwa 100 gram dark chocolate mengandung sebanyak 67% AKG zat besi yang baik bagi tubuh.

3. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan penyakit yang dapat mengancam kesehatan pada jantung. Selain melakukan diet dan menjaga pola hidup sehat, dengan mengkonsumsi kakao yang terdapat pada dark chocolate juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Dibandingkan dengan cokelat susu, dark chocolate mengandung tiga kali lebih banyak antioksidan. Oleh karena itu, dark chocolate dapat mencegah trombosit darah menempel sama-sama dan bahkan mungkin mencegah arteri tidak tersumbat.

4. Kesehatan Kulit

Dark chocolate kaya akan zat besi, kalsium, vitamin A, B1, C, D, dan E yang semuanya merupakan kandungan-kandungan penting untuk menjaga kelembapan kulit serta memperbaiki kulit yang kering. Dark chocolate berfungsi untuk meningkatkan aliran darah yang baik untuk kulit. Terdapat  kandungan lain yang terdapat pada dark chocolate yakni flavonol yang dapat membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari, serta menjaga kulit agar tetap terhidrasi.

5. Menurunkan Berat Badan

Dark chocolate bisa Anda jadikan referensi snack sehat saat sedang diet karena dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Ahli saraf, Will Clower, mengatakan sepotong kecil dark chocolate yang dikonsumsi dan meleleh pada lidah 20 menit sebelum makan memicu hormon pada otak yang membuat Anda lebih kenyang sehingga memotong jumlah makanan yang selanjutnya akan Anda konsumsi. 

6. Baik untuk Ibu dan Bayi

Sebuah studi di Finlandia menyatakan bahwa dark chocolate dapat mengurangi stres pada ibu hamil. Selain itu, dengan mengkonsumsi  dark chocolate pada trimester pertama dan ketiga kehamilan dapat menurunkan risiko preeklamsia, serta resiko yang lebih rendah untuk mengalami hipertensi pada trimester pertama kehamilan.

Preeklamsia merupakan kondisi yang berpotensi membahayakan nyawa, yaitu ketika tekanan darah pada ibu hamil tiba-tiba meningkat drastis menjadi tekanan darah tinggi yang membahayakan. Ketika mengkonsumsi dark chocolate, maka mood ibu akan menjadi baik dan mempengaruhi kesehatan pada sang bayi.

7. Baik untuk Otak

Flavanol yang terdapat pada dark chocolate dapat mengurangi resiko kehilangan memori pada orang tua. Menurut penelitian, kualitas anti-inflamatory pada dark chocolate telah ditemukan bermanfaat dalam mengobati cedera otak seperti gegar otak. Selain itu, seperti yang kita ketahui, jalur saraf ke otak akan rusak ketika seseorang mengidap penyakit Alzheimer. Ekstrak dari kakao yang disebut lavado dan terdapat pada dark chocolate, dapat mengurangi kerusakan pada jalur vital ini.

8. Mengurangi Kelelahan

Jika Anda sering merasa kelelahan yang berlebihan, cobalah untuk secara rutin mengkonsumsi dark chocolate setiap harinya. Gula alami yang terdapat pada dark chocolate dapat menambah stamina Anda tanpa menaikkan berat badan. Namun perlu diperhatikan, tetap batasi saat Anda mengonsumsi dark chocolate karena apapun yang berlebihan dikonsumsi tidak akan menjadi manfaat di kemudian harinya.

9. Bergizi

Dark chocolate dengan kandungan kakao yang tinggi yakni 75% hingga 85% dapat menjadi camilan yang bergizi. Cukup dengan mengkonsumsi 100 gram setiap harinya, maka Anda sama dengan mengkonsumsi lebih dari setengah magnesium RDA dan sekitar dua pertiga atau 67% dari RDA untuk zat besi. Selain itu, 100 gram dark chocolate juga mengandung sekitar 10% serat, selenium, dan kalium. 

10 . Meningkatkan Mood

Dark chocolate mengandung phenylethylamine (PEA) yang merupakan bahan kimia yang setara dengan otak Anda ketika sedang merasa jatuh cinta. PEA mendorong otak Anda untuk melepaskan endorfin yang akan membawa perubahan energi dan mood positif pada tubuh.

Baca Juga : 8 Makanan yang Dapat Meningkatkan Mood

Sumber:
Chuao Chocolatier. (2018). 9 Health Benefits Of Dark Chocolate You Need To Know. www.chuaochocolatier.com
Everyday Health. (2019). 10 Delicious Reasons To Eat Dark Chocolate. www.everydayhealth.com
Harvard T.H Chan. (2018). Dark Chocolate. www.hsph.harvard.edu
Lifehack. (2019). 20 Health Benefits Of Dark Chocolate. www.lifehack.org
The Telegraph. (2019). 10 Convincing Health Reasons You Should Eat More Chocolate: From Lowering Your Risk Of Depression To Helping You Lose Weight. www.telegraph.co.uk