Waspadai Bercak Hitam pada Kulit Anda! Pertanda Kanker Kulit Melanoma

Waspadai Bercak Hitam pada Kulit Anda! Pertanda Kanker Kulit Melanoma

Penulis: Shania | Editor: Ratna

Melanoma adalah satu jenis kanker kulit yang berkembang pada sel melanosit. Sel melanosit memiliki tugas untuk memproduksi melanin yang berpengaruh pada pigmen kulit Anda. Melanoma akan menimbulkan bercak hitam yang pekat dan keras pada bagian kulit Anda. Kanker kulit melanoma, merupakan kanker yang termasuk pada klasifikasi kanker kronis dan sangat serius.

Belum diketahui penyebab pasti dari kanker melanoma, akan tetapi paparan radiasi UV baik secara natural (matahari) atau buatan (alat tanning) ditengarai memiliki andil dalam meningkatkan risiko Anda untuk terkena melanoma. Melanoma lebih rentan dialami oleh wanita di bawah 40 tahun. Melanoma akan memiliki kemungkinan sembuh lebih besar ketika terdeteksi dan ditangani sedari awal.

Baca Juga: Selain Sinar Matahari, Ini 9 Faktor Lain yang Meningkatkan Kanker Kulit

Penyebab Kanker Kulit Melanoma

Melanoma terjadi akibat oleh sel-sel kulit yang mulai berkembang secara tidak normal. Paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari dan alat tanning masih menjadi kecurigaan utama para ahli medis tentang penyebab melanoma. Meskipun belum diketahui secara pasti penyebabnya, terdapat beberapa hal yang membuat Anda lebih rentan untuk mengembangkan melanoma, antara lain:

  • Banyak tahi lalat atau bintik
  • Kulit pucat yang mudah terbakar
  • Rambut merah atau pirang
  • Memiliki riwayat keluarga dekat yang menderita melanoma

Gejala Kanker Kulit

Melanoma tidak terbatas pada satu bagian tertentu, penyakit ini bisa merambat ke sekujur kulit tubuh Anda. Akan tetapi, melanoma lebih sering berkembang pada area yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, lengan tangan, kaki, punggung kaki, dan tangan. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan melanoma pada bagian kulit yang tidak terkena sinar matahari. Gejala melanoma yang sering muncul adalah:

  • Munculnya bercak seperti tahi lalat pada kulit Anda.
  • Perubahan tekstur dan warna pada tahi lalat.
  • Perkembangan pigmen baru yang tidak normal sehingga kulit Anda menjadi kusam dan tidak segar.

Jenis Kanker Kulit Melanoma

Pada kasus-kasus yang telah terjadi, terdapat 5 jenis melanoma yang sering terjadi pada penderita kanker kulit, antara lain:

Melanoma Superficial

Mereka lebih sering terjadi pada orang dengan kulit pucat dan bintik-bintik, namun lebih jarang pada orang dengan kulit lebih gelap. Awalnya, melanoma superficial cenderung tumbuh ke luar daripada ke bawah, sehingga mereka tidak menimbulkan masalah. Masalah akan muncul jika melanoma superficial tumbuh ke bawah ke lapisan kulit yang lebih dalam, dan menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Melanoma Nodular

Melanoma nodular adalah jenis melanoma yang berkembang dengan cepat. Jenis melanoma yang satu ini, umumnya berwarna hitam kemerahan dan harus segera mendapat penanganan sebelum menyentuh lapisan kulit yang dalam.

 Lentigo Maligna

Melanoma lentigo maligna berkembang secara perlahan dan memakan waktu selama beberapa tahun. Melanoma jenis ini muncul di area yang sering terkena sinar matahari. Pertama-tama, melanoma lentigo maligna berbentuk datar dan berkembang menyamping di lapisan permukaan kulit. kemudian perlahan melanoma menjadi lebih besar dan berubah bentuk. Hingga akhirnya, mereka dapat tumbuh ke lapisan kulit yang lebih dalam dan membentuk benjolan (nodul).

Lentiginosa Akral

Melanoma lentiginosa akral adalah salah satu jenis melanoma langka yang tumbuh di telapak tangan atau kaki. Jenis ini lebih rentan berkembang pada orang-orang dengan kulit gelap.

Amelanotik

Melanoma amelanotik biasanya tidak memiliki warna, namun ada juga yang berwarna samar merah muda dengan tepi berwarna coklat atau abu-abu.

Cara Mengobati Kanker Kulit Melanoma

Pilihan pengobatan yang utama untuk melanoma adalah operasi, meskipun perawatan Anda akan tergantung pada keadaan Anda. Jika melanoma berhasil didiagnosis dan diobati pada tahap awal, operasi biasanya berhasil. Namun, apabila melanoma tidak terdiagnosis sampai stadium lanjut, Anda mungkin membutuhkan pengobatan dan operasi untuk penanganannya. Pengobatan akan berfokus untuk menghambat penyebaran melanoma ke bagian kulit lain. Dokter mungkin akan memberikan obat lain guna mengurangi gejala dan obat untuk mencegah komplikasi pada tubuh Anda.

Cara Mencegah Kanker Kulit Melanoma

Melanoma tidak selalu dapat dicegah, tetapi Anda dapat mengurangi peluang Anda untuk mengembangkannya dengan menghindari terbakar sinar matahari. Anda dapat membantu melindungi diri Anda dari kerusakan akibat sinar matahari dengan menggunakan tabir surya dan berpakaian tertutup.

Baca Juga: Berbagai Jenis dan Pilihan Pengobatan untuk Kanker Kulit

Sumber

Healthline. (2020). Everything You Need to Know About Melanoma. www.healthline.com

Mayoclinic. (2020). Melanoma. www.mayoclinic.org

Medical News Today. (2019). What to Know about Melanoma. www.medicalnewstoday.com

NHS. (2020). Melanoma Skin Cancer. www.nhs.uk