Waktu Ideal Lama Menyusui Bayi

Waktu Ideal Lama Menyusui Bayi

Penulis: Dita | Editor: Atsa

Bagi para ibu yang menyusui anaknya, ada pertanyaan yang mungkin kerap menghampiri: berapa lamakah sebaiknya bayi disusui? Durasi menyusui anak sebenarnya bisa ditentukan oleh masing-masing keluarga. Badan kesehatan dunia WHO sendiri merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama setidaknya 6 bulan pertama setelah kelahiran. Selanjutnya, ibu bisa mengkombinasikannya dengan makanan padat sampai usianya 2 tahun.

Lamanya menyusui anak tentu saja berpengaruh juga terhadap efek ASI untuk tubuhnya. Jika Anda hanya menyusui si kecil selama beberapa hari saja setelah kelahiran, dia akan menerima kolostrum atau cairan susu pertama. Kolostrum diketahui sangat baik untuk daya tahan tubuh. Ibarat imunisasi, kolostrum merupakan imunisasi pertama yang bisa Anda berikan pada anak.

Keuntungan Menyusui Selama Durasi Usia Tertentu

Jika menyusui beberapa hari hanya bisa memberikan manfaat kolostrum pada bayi, bagaimana dengan durasi menyusui yang lebih panjang? Berikut manfaatnya berdasar durasi lama menyusui bayi.

  • Menyusui Bayi Selama 4-6 Minggu

Menyusui bayi selama 4 hingga 6 minggu setelah kelahiran akan membantunya melewati masa paling kritis di awal pertumbuhan. Bayi yang disusui di usia ini cenderung lebih rendah berisiko terkena penyakit dibanding yang tidak disusui. Banyak ibu yang hanya bisa menyusui sampai usia 6 minggu karena berbagai masalah. Bisa juga karena bayi yang mungkin menolak diberi ASI. Jika ingin melanjutkan pemberian ASI, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan tenaga profesional untuk mendapatkan masukan.

  • Menyusui Bayi Selama 3-4 Bulan

Di usia ini, sistem perncenaan anak sudah semakin matang dan dia lebih mampu mentoleransi zar asing dalam susu formula. Tidak memberikan apa-apa selain ASI selama 6 bulan pertama bisa membantu anak menghindari berbagai macam infeksi.

  • Menyusui Bayi Selama 6 Bulan

Tanpa menambahkan makanan apapun, menyusui selama 6 bulan akan memastikan bayi terjamin kesehatannya di tahun pertama kelahiran. Tidak hanya bermanfaat untuk bayi, para ibu yang menyusui juga akan mengalami penurunan risiko kanker payudara. Dewan Riset Kesehatan dan Medis Nasional Australia dan Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan menunggu hingga sekitar 6 bulan untuk mulai memberikan makanan padat.

  • Menyusui Bayi Selama 9 Bulan

Dengan menyusui selama 9 bulan, Anda telah memberikan anak komponen makanan terpenting bagi tubuhnya. Jika Anda berniat menyapih, usia 9 bulan adalah saat yang mudah melakukannya. Kalau pun Anda ingin meneruskan pemberian ASI, pastikan sejak awal Anda menyusui dengan perasaan senang dan nyaman. Begitupun dengan si kecil.

  • Menyusui Bayi Hingga Usia 1 Tahun

Saat bayi berumur 1 tahun, dia mungkin sudah bisa menyantap hampir semua makanan yang Anda sediakan untuk keluarga di rumah. Selama 1 tahun pemberian ASI, sudah banyak manfaat kesehatan yang Anda berikan untuk si kecil. Dewan Riset Kesehatan dan Medis Nasional Australia merekomendasikan menyusui selama setahun, atau selama yang diinginkan ibu dan bayi, karena itu akan membantu memastikan nutrisi dan kesehatan yang normal untuk bayi Anda.

  • Menyusui Bayi Hingga Usia 18 Bulan-2 Tahun

Pada usia ini, anak sudah cukup besar. Mereka umumnya sudah terbiasa dengan beragam makanan padat dan Anda sudah bisa mulai menyapihnya. Untuk kebutuhan menyapih, lakukan dengan perlahan-lahan sesuai dengan kemampuan anak.

Seberapa Sering dan Berapa Lama Waktu Menyusui yang Baik?

Bayi yang baru lahir biasanya harus diberi ASI setidaknya 8-12 kali dalam 24 jam pada 2-4 minggu pertama kelahiran. Jika bayi tertidur lebih dari 3 jam tanpa menyusu, Anda harus mencoba membangunkannya untuk memberikan ASI. Lama menyusui bayi per sesi sebaiknya antara 20-30 menit.

Memasuki usia 3-4 bulan, frekuensi menyusu biasanya mulai berkurang. Pada usia ini, bayi biasanya hanya butuh waktu 5-10 menit untuk mendapatkan semua kebutuhan ASI-nya. Menginjak umur 6-9 bulan, anak sudah bisa menyantap makanan tambahan dan semakin jarang menyusu karena biasanya mereka lebih senang bermain karena sudah bisa bergerak aktif. Tapi menjelang malam hari, anak biasanya akan menyusu dengan durasi lebih lama agar bisa tidur nyenyak.

Baca Juga: Cara Tepat Memilih Bedak untuk Bayi

 

Sumber:
Verywell (2018). How Long It Takes to Breastfeed a Baby. www.verywell.com
Sutter Health (2008). How Often to Breastfeed. www.babies.sutterhealth.org
Australian Breastfeeding Association (2019). How Long Should I Breastfeed My Baby?. www.breastfeeding.asn.au
Kids Health (2015). Breastfeeding FAQs: How Much and How Often. www.kidshealth.org