Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam yang Tepat Sesuai Aturan

Image: allure.com

Bagi sebagian orang, pemakaian skincare dianggap ribet dan memusingkan. Pasalnya, mereka bingung dengan urutan pakai setiap jenis skincare.

Sebenarnya inti urutan pakai skincare adalah mulai dari yang paling tipis dan diakhiri dengan yang bertekstur creamy, seperti lotion. Tujuannya agar setiap kandungan bahan aktif produk terserap maksimal.

Untuk diingat juga, beberapa bahan aktif tidak bisa dipakai bersamaan, seperti retinoat dengan benzoil peroksida

Baca Juga: Skincare Rutin yang Wajib Dilakukan Agar Kulit Mulus dan Lembut

Terkadang ada perbedaan jenis produk skincare yang dipakai antara pagi dan malam. Hal ini disebabkan bahan produk yang tidak kuat terpapar sinar matahari.

Skincare Pagi

1. Cleanser

Kandungan aktif produk baru akan benar-benar terserap ketika wajah anda sudah bersih. Jadi jangan sampai make-up waterproof anda masih menempel.

Supaya benar-benar bersih, jangan gunakan tisu basah atau tisu pembersih make up. Pastikan anda sudah membersihkan wajah dengan cleanser, kalau perlu double cleanser!

Pilih jenis cleanser sesuai jenis kulit. Jika berjerawat, sebaiknya gunakan cleanser khusus wajah berjerawat. Biasanya akan ada kandungan asam salisilat di dalamnya.

2. Toner

Jangan pilih toner yang mengandung alkohol, sebab bisa buat kulit iritasi. Pilih toner yang dapat menghidrasi kulit kering anda. Bisa juga pilih toner dengan bahan kimia tertentu untuk kulit berjerawat.

Fungsi toner menyiapkan wajah agar lebih optimal menyerap produk selanjutnya. Selain tentunya ada bahan penyegar juga.

Bagi yang punya kulit kering, pilih toner yang mengandung AHA (alpha hydroxy acid). Sedangkan untuk kulit berminyak serta berjerawat, pilih toner yang mengandung BHA (beta hydroxy acid)

3. Serum

Sebelum pakai serum, pastikan wajah sudah kering dari toner. Jeda pemakaian sekitar 3-5 menit.

Serum berisi nutrisi dan antioksidan yang melembabkan kulit serta pelihara sel-sel kulit agar terhindar dari radikal bebas. Orang yang rutin pakai serum akan terlihat bercahaya dan lembut. Serum yang populer adalah vitamin C serum. Gunakan secukupnya, jangan berlebihan!

4. Spot Krim

Spot krim adalah krim yang dioleskan di area tertentu saja. Seperti bekas luka, bekas jerawat, atau mungkin obat jerawat itu sendiri.

Spot krim sebaiknya dipakai di malam hari, namun kalau anda pakai krim berbahan retinol (seperti vitacid) maka sudah wajib dipisah. Sebab bahan aktif spot krim (misalnya benzoyl peroxide) bisa menonaktifkan kinerja retinol.

Solusinya adalah pakai spot krim di pagi hari dan retinol di malam hari. Gunakan spot krim tipis saja. Kalau terlalu banyak, kulit akan iritasi dan efek samping lebih banyak.

5. Pelembap dan Sunscreen

Tunggu spot krim kering terlebih dulu sebelum mengaplikasikan pelembab. Pelembap bersifat lebih creamy dan tebal dibanding produk skincare sebelumnya. Maka dari itu diletakkan hampir terakhir.

Selain karena teksturnya, pelembap punya fungsi untuk bantu memerangkap bahan aktif sebelumnya agar lebih diserap optimal.

Untuk siang hari, pilih pelembap yang bisa sekaligus sebagai sunscreen atau setidaknya mengandung SPF 30. Tunggu pelembap kering sebelum gunakan make up.

Baca Juga: Kenali Jenis Kulit dan Skincare yang Tepat

Skincare Malam

Rangkaian skincare malam lebih banyak produk yang mesti digunakan. Urutan awalnya sama saja yaitu cleanser, toner, kemudian serum.

6. Retinol

Retinol mempercepat pergantian sel, pudarkan bintik hitam, dan dorong terbentuknya kolagen. Efeknya, kulit jadi lebih halus, noda hitam tersamarkan, dan tidak ada lagi kerutan di wajah. Namun anda harus sabar, sebab hasilnya baru terlihat setelah pemakaian minimal 4 bulan.

Retinol bisa terdapat dalam krim malam maupun dalam bentuk sendiri seperti vitacid. Jika tidak pakai retinol, gunakan spot krim pada malam hari.

7. Pelembap

Saat malam hari, pelembabnya tidak perlu yang berfungsi sebagai sunscreen. Anda bisa pilih water based mosturizer.

8. Masker

Masker berfungsi untuk mengencangkan kulit dan kecilkan pori-pori. Selain itu, juga berfungsi agar produk yang sebelumnya dapat terserap maksimal oleh kulit.

Jika berjerawat, jangan pilih masker peel-off. Sebaiknya pakai masker yang mengandung bahan alami.

Jadi, masih bingung pakai skincare?

Sumber:
The Correct Order to Apply Your Skincare Products. 2018. http://theeverygirl.com/the-correct-order-to-apply-skincare-products/
How to Layer Your Skincare Products in The Correct Order. 2018. https://www.independent.co.uk/life-style/fashion/how-to-layer-skincare-beauty-products-order-dermatologist-a8523676.html
This is The Exact Order You Should Apply Skincare Product. 2018. https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a25372431/what-order-to-apply-skincare-products/