7 Cara Cerahkan Wajah Kusam dalam Sekejap

Image: english.newstracklive.com

Walaupun tanpa jerawat, belum tentu anda punya wajah yang cerah merona. Bisa jadi aura cantik anda tertutup dengan wajah yang kusam. Penampilan pun jadi tidak maksimal!

Agar wajah kusam berubah cerah, dibutuhkan beberapa langkah perawatan. Caranya tidak sulit, hanya saja harus sabar dan rutin. Sebab mulai dari bangun tidur hingga akan tidur lagi punya aturan khususnya, lho!

1. Rutin Eksfoliasi Kulit Mati

Kulit mati buat wajah anda terlihat kusam, sebab tidak dapat memantulkan cahaya dengan baik. Hal terburuknya, kulit mati dapat menyumbat pori-pori dan bikin jerawatan. Jadi anda harus rutin eksfoliasi (pengelupasan) kulit mati 1-2 kali dalam seminggu.

Beberapa merk perawatan wajah menjual scrubs khusus untuk eksfoliasi kulit. Untuk kulit sensitif pilih scrubs dengan kandungan gula, garam atau asam salisilat. Sedangkan untuk wajah normal bisa gunakan scrubs dengan kandungan kulit kacang yang kaya akan nutrisi.

2. Jangan Lupa Cuci Muka Sebelum Tidur

Walaupun letih setelah bekerja seharian, jangan pernah lupakan kebersihan wajah anda. Sebab polusi dapat mengakibatkan radang dan merusak lapisan kulit. Dengan mencuci wajah, nanopartikel dari polusi dapat terangkat dari kulit anda.

Perlu juga diingat untuk pakai serum atau pelembab yang mengandung antioksidan, seperti vitamin. Antioksidan ini dapat menjaga kulit anda dari radikal bebas polusi. Jika dibiarkan, radikal bebas bisa sebabkan berbagai penyakit, salah satunya adalah kanker.

3. Hindari Stres Berlebihan

Stres memang tidak bisa dihindari, namun dapat ditangani dan diatur dengan baik.

Stres yang terlalu berlebihan buat kadar kortisol naik dengan cepat. Dalam kondisi seperti itu, aliran darah akan lebih diprioritaskan pada bagian vital tubuh seperti jantung. Akibatnya wajah kekurangan darah dan lebih terlihat gelap.

Supaya tidak terlalu stres, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Misalnya olahraga, cukup asupan zat gizi, facial, maupun pemijatan tubuh atau body spa. Dengan begitu aliran darah akan lancar ke semua bagian tubuh termasuk wajah.

Baca Juga: Manfaat Manajemen Stres dengan Olahraga Rutin

4. Tetap Pakai Pelembab & Sunscreen

Baik wajah berminyak maupun kering wajib pakai pelembab. Tanpa pelembab, kulit kering akan mudah dehidrasi dan kulit berminyak akan semakin berminyak. Oleh karena itu tetap gunakan pelembab sesuai dengan jenis kulit. Misalnya pilih pelembab yang water based untuk kulit berminyak

Hal lain yang bikin kulit kusam adalah paparan sinar matahari. Sinar matahari tinggalkan spot hitam di wajah anda. Selain itu, kolagen wajah pun bisa rusak dan membuat wajah jadi kusam.

Maka dari itu, jangan lupa gunakan sunscreen yang tepat sesuai jenis kulit. Penambahan serum juga dapat membuat wajah semakin bersinar.

Baca Juga: Tips Memilih Sun Protection untuk Wajah Sensitif

5. Siap Sedia Kertas Minyak

Ada kalanya ketidakseimbangan hormon buat wajah berminyak dan kusam. Contohnya saat pubertas, menopause, dan konsumsi obat-obatan.

Pada saat seperti itu, jangan pernah lupa untuk siap sedia kertas minyak. Walaupun tidak efisien karena harus dilakukan berkali-kali, namun bisa kurangi efek kusam di wajah akibat minyak berlebihan.

6. Sesekali Gunakan Masker Wajah

ada banyak masker wajah dengan berbagai fungsi yang spesifik. Namun fungsi dasar masker wajah adalah untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit.

Masker wajah tidak harus mahal, bisa dibuat dari bahan alami yang ada di dapur anda. Kelebihan masker wajah alami adalah minimnya efek samping, sekaligus bisa hemat dari segi harga. Contoh masker wajah untuk kulit bersinar adalah paduan madu dan lemon.

Baca Juga: 9 Masker Wajah Homemade Paling Ampuh, Praktis & Ekonomis

7. Cukup Konsumsi Air & Vitamin

Konsumsi cairan yang dianjurkan adalah 8 gelas atau 2 liter per hari. Namun masih banyak orang yang menyepelekan anjuran ini. Padahal kekurangan cairan bisa sebabkan kulit lebih kering dan kusam.

Bukan hanya kurang cairan, kurang vitamin pun bisa buat wajah tidak bersinar. Vitamin C & A kaya akan antioksidan yang bisa lindungi kulit dari radikal bebas. Fungsi lainnya adalah buat kulit lebih bersinar dan sehat.

 

Sumber:
The Inside-Out Guide to Getting Your Skin to Glow. 2017. www.healthline.com
5 Cara Mencerahkan Wajah Kusam Secara Alami. 2018. www.thebodyshop.co.id
How to Get Rid of Dull Skin. 2017. www.livestrong.com
7 Reasons Your Skin Looks Dull-and How to Get a Glowing Complexion. 2017. www.allure.com