Tips Sehat Saat Bekerja Bagi Ibu Hamil

Image : northtexaslegalnews.com

Penulis : Adhenda | Editor : Niahappy

Kehamilan bukanlah menjadi halangan bagi wanita untuk tetap produktif dan bekerja. Seorang wanita hamil dapat bekerja dengan baik, meskipun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dan beberapa perubahan di tempat kerjanya. Dalam hal ini, atasan Anda mungkin juga harus membuat perubahan tertentu. Tetapi, selama dokter tidak menyarankan untuk berhenti bekerja, tidak ada alasan bagi Anda untuk berhenti bekerja. Hanya saja, sesuaikan dengan kondisi tubuh karena kesehatan janin di dalam kandungan menjadi prioritas Anda.

Nyeri panggul, kaki bengkak, perubahan suasana hati, dan mual di pagi hari adalah beberapa hal yang harus dihadapi seorang wanita hamil setiap hari selama kehamilannya. Semua itu ditambah dengan stres saat bekerja dan jam kerja yang terkadang melelahkan. Oleh karena itu, seorang wanita hamil seringkali merasa sulit untuk menangani keduanya, pekerjaan dan menjaga kesehatannya pada saat yang bersamaan.

Bahkan, duduk selama berjam-jam di tempat kerja dan tekanan deadline pekerjaan juga dapat menyebabkan sakit atau masalah kesehatan selama kehamilan. Berikut ini tips agar tetap sehat saat bekerja, meski sedang hamil.

Baca Juga : Cara Ampuh Hilangkan Rasa Sakit Kepala Saat Hamil

1. Tidak Melewatkan Sarapan

Sarapan menjadi rutinitas yang dianggap paling penting dan tidak boleh dilewatkan oleh ibu hamil. Karena dampaknya bukan hanya pada sang ibu tetapi juga berdampak fisiologis pada janin yang ada di dalam kandungan. Banyak ibu hamil yang beralasan melewatkan sarapan karena rasa mual yang dirasakannya setiap pagi atau morning sickness.

Ingat, malam hari saat tidur, Anda telah membiarkan diri Anda melakukan puasa selama tujuh hingga sembilan jam, sementara tubuh Anda menggunakan semua sumber yang tersimpan di dalam tubuh untuk tetap berfungsi dan memberikan makanan bagi janin di dalam kandungan Anda. Maka dari itu, sarapan mempunyai fungsi penting untuk mengisi ulang energi dan memberi makanan yang dibutuhkan janin di dalam kandungan Anda dan juga diri Anda sendiri.

2. Sediakan Camilan Sehat di Meja Kerja

Mudah merasa lapar dan tiba-tiba merasa mual adalah hal yang biasa dialami oleh wanita hamil. Kondisi itu cukup menyulitkan terlebih lagi rasa lapar dan mual tersebut muncul saat Anda sedang bekerja. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda dapat mengatasinya dengan menyediakan camilan di meja kerja. Tentunya Anda harus memilih camilan sehat yang bernutrisi dan bergizi, seperti kacang-kacangan, salad, keripik bayam, roti atau biskuit gandum yang diperkaya zat besi dan snack bar kaya serat.

Baca Juga : Nutrisi Penting bagi Ibu Hamil dan Manfaatnya

3. Memperbanyak Minum

Tubuh akan mengeluarkan cairan saat beraktivitas, karena itu konsumsi air menjadi hal yang penting. Apalagi ketika sedang hamil. Tetap terhidrasi adalah prioritas utama setiap wanita hamil untuk menjaga kesehatan tubuh ibu dan janin di dalam kandungan. Pasalnya, memperbanyak minum dapat mencegah infeksi saluran kemih dan mengurangi resiko persalinan prematur.

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan agar ibu hamil mengkonsumsi 8-10 gelas per hari atau setara dengan dua liter sehari. Akan tetapi, tidak semua jenis minuman baik untuk diminum wanita hamil. Hindari minum minuman yang mengandung alkohol, kafein, soda, dan juga pemanis buatan.

4. Memakai Pakaian dan Sepatu yang Tepat

Hobi memakai sepatu hak tinggi saat berada di kantor? Untuk sementara, ganti terlebih dahulu dengan memakai sepatu tanpa hak tinggi atau flatshoes. Carilah sepatu yang membuat Anda nyaman untuk menghindari resiko terjatuh selama masa kehamilan. Pilih baju juga yang longgar khususnya pada bagian perut supaya tidak menekan janin dan memudahkan Anda untuk bernapas dengan baik. Anda dapat memilih baju yang bahannya lembut dan terbuat dari serat alami.

5. Olahraga Ringan

Serius dalam bekerja boleh saja, asal jangan spaneng atau tegang. Duduk selama berjam-jam di tempat kerja seringkali membuat badan terasa pegal, kaki pun demikian. Apalagi saat hamil, badan akan mudah merasa lelah dan kaki akan membengkak. Kalau sudah begini, lakukan olahraga. Tidak harus yang berat, cukup lakukan gerakan yang ringan dan bisa dilakukan di kantor, seperti melemaskan otot pinggang dan leher, meluruskan kaki, berjalan naik turun tangga, atau memutari ruangan.

Baca Juga :  5 Tips Aman Olahraga di Masa Kehamilan

6. Atur Posisi Duduk

Posisi nyaman saat duduk setiap orang berbeda-beda. Bagi Anda yang lagi hamil, carilah posisi duduk senyaman mungkin saat sedang bekerja.  Sebaiknya, jangan terlalu condong ke meja karena dapat menekan perut. Posisi terbaik saat duduk bagi wanita hamil adalah bersandar pada kursi tanpa menghalangi akses tangan pada komputer atau meja. Anda dapat menggunakan kursi yang ada sandarannya. Jika tidak ada, gunakan bantal atau bantal kecil sebagai sandaran punggung Anda.

7. Tidur Cukup

Ketika hamil, pastikan Anda tidur setidaknya tujuh hingga sembilan jam setiap harinya. Terlebih lagi, bagi Anda yang bekerja selama hamil. Tidur dengan waktu yang cukup dapat meningkatkan aliran darah ke janin dan membantu mencegah adanya pembengkakan. Namun, banyak wanita hamil yang mengeluh tidak dapat tidur dengan nyenyak di malam hari karena kondisi perut yang makin membesar. Untuk itu, Anda bisa meletakkan bantal di antara kaki dan di bawah perut.

Bekerja saat hamil tidak akan mengganggu kesehatan kandungan Anda kok. Asalkan, Anda benar-benar memperhatikan dan menjaga kandungan dengan baik. Pastikan juga untuk rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

Baca Juga : Tips Merawat Wajah bagi Wanita Pekerja

Sumber:
Beautyhealthtips (2018). Safety Tips for Working Women During Pregnancy. www.beautyhealthtips.com
Brighamhealthhub (2018). 12 Ways to Stay Healthy During Pregnancy. www.brighamhealthhub.org
Mayoclinic (2018). Working During Pregnancy: Do’s and Don’ts. www.mayoclinic.com
Onlymyhealth (2013). Pregnancy Tips – 10  Essential Tips for Working Women. www.onlymyhealth.com
Whattoexpect (2018). 5 Strategies for Working While Pregnant. www.whattoexpect.com
Workingmother (2016). Working While Pregnant: Simple Tips for Staying Healthy at The Office. www.workingmother.com