Tips Perawatan Wajah Bagi Pria Berdasar Jenis Kulit

Image : globalfashionstreet.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Perawatan wajah diperlukan oleh semua orang, tidak hanya wanita saja pria juga membutuhkannya. Merawat kulit supaya nampak sehat dan jauh dari masalah kulit wajah sangat penting untuk semua kalangan, tak terkecuali pria.

Tak jarang juga pria hanya menggunakan sabun pembersih wajah saja yang sama dengan temannya, karena mengira semua jenis kulit wajah pria itu sama saja, dan produk pembersih wajah pria itu juga sama saja. Banyak juga yang merasa sabun wajah saja sudah cukup, padahal sebenarnya urusan wajah bukan hal yang sepele, lho.

Ingat, tidak semua kulit sama, jadi penting untuk mempertimbangkan jenis kulit Anda saat memilih produk Anda. Kulit pria ataupun wanita tetap saja pasti mudah kotor karena terkena polusi, ditambah lagi pria harus bertemu pisau cukur wajah, karena itu perawatan yang lebih dari sekedar cuci muka sangat diperlukan. Berikut rangkaian perawatan wajah pria berdasar jenis kulit.

Baca Juga : Perawatan Wajah yang Wajib Dilakukan Setiap Hari

1. Mencuci Wajah

Mencuci wajah adalah langkah pertama dan paling penting dalam setiap perawatan kulit. Jangan sepelekan mencuci wajah dengan sabun wajah/facial foam. Sabun wajah akan membantu dalam menghilangkan debu, kotoran dan sisa minyak yang berlebih untuk membuat wajah Anda tetap bersih.

Ada banyak jenis pembersih yang ditawarkan, jangan hanya melihat yang berlabel “for men”. Perhatikan juga jenis kulit Anda, apakah normal, berminyak, atau kering. Lalu sesuaikan pilihan sabun wajah Anda dengan jenis kulit Anda sendiri.

Hindari juga penggunaan sabun mandi biasa pada wajah, karena pH sabun mandi terlalu basa sehingga kulit wajah bisa jadi kering. Jadi, Anda harus menggunakan sabun muka yang cocok dengan jenis kulit masing-masing.

2. Scrub Wajah

Lakukan scrub pada wajah Anda dengan lembut setidaknya seminggu sekali untuk membersihkan kulit wajah dan pori-pori dari kotoran dan sel kulit mati. Scrub wajah juga membantu untuk menghaluskan tekstur kulit yang kasaran. Ketika kulit Anda mulus dan lembut, maka bercukur pun juga jadi lebih mudah dan nyaman.

Baca Juga : Skincare Penting yang Perlu Dibawa saat Traveling

3. Krim Cukur

Untuk mencegah terjadinya iritasi atau pengelupasan kulit luar yang bisa memicu kulit kering, gunakan krim cukur terlebih dahulu sebelum mencukur area wajah Anda.

Krim cukur akan membantu untuk melicinkan wajah dan membuat pisau cukur lebih luwes. Sehingga Anda akan terhindar dari iritasi yang bisa terjadi karena gesekan kasar pisau cukur dengan kulit wajah. Selain itu, proses mencukur juga akan lebih mudah, lebih cepat, dan tentunya lebih bersih.

4. Toner

Setelah Anda membersihkan kulit wajah, tutup pori-pori Anda dan cegah produksi minyak berlebih dengan toner. Toner juga menjadi produk perawatan wajah untuk pria yang diperlukan untuk menyeimbangkan pH wajah, dan membuat wajah terasa segar.

Untuk kulit yang kering, toner akan memberikan hidrasi sehingga wajah Anda terasa lebih lembab dan segar. Sedangkan untuk kulit berminyak, toner bisa membantu untuk menyeimbangkan produksi sebum atau minyak pada wajah.

5. Tabir Surya

Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas. Jangan sepelekan penggunaan tabir surya, produk ini mampu mencegah kerusakan sel-sel kulit akibat sinar matahari.

Kulit kering, kusam, dan garis halus bisa muncul lebih cepat pada pria yang tidak menggunakan tabir surya. Gunakan tabir surya yang tahan air dan memiliki SPF minimal 30. Namun, untuk pria yang aktivitas di luar ruangan, gunakan tabir surya dengan SPF 50.

Baca Juga : Kenali Bedanya, SPF dan PA pada Tabir Surya

 

Sumber :
Kiehls. Men’s Skincare Routine. www.kiehls.co.uk
Men Kind. The Best Shaving Creams for Men. menkind.co.uk
The Body Shop. (2018). 6 Produk Perawatan Wajah untuk Pria yang Sebaiknya Digunakan Setiap Hari. www.thebodyshop.co.id
Nivea Men. Rawat Kulit Pria. www.niveamen.co.id