Tips Olahraga Ringan bagi Pekerja Sibuk

Image: englishspectrum.com

Bagi pekerja kantoran yang hanya berkutat di balik meja, tentu sulit temukan waktu yang pas untuk olahraga. Namun jika niat anda kuat, pasti akan cari beribu cara untuk menyempatkannya.

Jika benar-benar sibuk dan pekerjaan anda tidak dapat ditinggal, coba lah olahraga ringan selama berada di kantor. Olahraga ini bahkan dapat dilakukan sambil duduk! Bagaimana caranya?

1. Tips Olahraga Sebelum Kerja

Image: indianexpress.com

Sebelum ke tahap selanjutnya, mulai lah tingkatkan aktivitas fisik sebelum kerja. Pertama, ganti transportasi anda ke kantor dengan sepeda atau berjalan kaki. Agar tidak telat pastikan berangkat dari pagi, ya!

Jika menggunakan bis atau kereta, berhenti satu stasiun sebelum stasiun tujuan. Lalu lanjutkan dengan berjalan kaki ke kantor anda. Siapkan handuk kecil dan baju ganti untuk berjaga bila berkeringat.

Gimana kalau bawa motor atau mobil? Parkir lebih jauh dari tempat biasanya. Kemudian jalan kaki ke kantor anda. Simpel, kan!

2. Tips Olahraga Selama Kerja

Image: andrademt.com

Saat jam kerja memang agak sulit untuk berolahraga. Anda bisa lakukan beberapa gerakan peregangan agar lebih sehat. Mulai dari kepala, leher, bahu, tangan, pinggang, dan kaki. Lakukan peregangan masing-masing 60 detik.

Beberapa peregangan yang dapat dilakukan adalah:

 – Tempelkan telinga anda ke bahu secara bergantian

 – Tempelkan dagu anda ke dada, kemudian ganti tempelkan belakang kepala dengan leher

 – Tegakkan bahu, lali silangkan tangan anda kebelakang kursi

 – Gerakkan kursi anda ke kanan dan kiri dengan wajah yang tetap menghadap ke depan

 – Luruskan kaki ke depan dan ke bawah bergantian

Image: aliexpress.com

Bila ingin lebih bervariasi, gunakan resistance band. Yaitu karet elastis yang dapat ditarik untuk bantu peregangan. Variasikan gerakan dengan menggunakan kursi atau badan anda.

3. Tips Olahraga Saat Istirahat

Image: mindtherapist.com

Saat istirahat ubah kebiasaan anda jadi lebih sehat dan aktif. Misalnya dengan pilih tangga ketimbang lift atau elevator. Sesekali mencari makan siang di tempat yang agak jauh dengan berjalan kaki pun patut dicoba.

Jika anda bawa bekal, luangkan sisa waktu dengan olahraga ringan. Seperti berjalan cepat mengitari ruangan, lari di tempat, dan loncat di tempat. Supaya lebih bersemangat, bisa juga berjalan mengitari gedung sambil memotret spot cantik di kantor anda.

Terakhir, lakukan secara rutin dan bertahap. Awali dengan menerapkan tips pertama, lalu jika sudah terbiasa lanjut tips kedua dan begitu selanjutnya.

Daripada waktu yang lama, olahraga yang rutin dan bertahap justru lebih baik. Yuk, mulai!

 

 

 

Sumber:

Exercise at Your Desk. (2004). www.webmd.com

12 Ways to Exercise While You Study. (2015). www.auamed.org

Office Exercise: Add More Activity on Your Workday. (2017). www.mayoclinic.org