Tips Mudah Cegah Rasa Lapar Berlebih Setelah Olahraga

Tips Mudah Cegah Rasa Lapar Berlebih Setelah Olahraga

Image: elitedaily.com

Penulis : Helen | Editor : Niahappy

Merasa lapar sesuai olahraga adalah hal yang wajar terjadi, dikarenakan kalori dan energi yang banyak terkuras. Hal ini tidak hanya memunculkan kelelahan dan kekurangan tenaga namun rasa lapar. Nah, yang perlu tetap diperhatikan adalah Anda harus berhati-hati, sebab olahraga yang Anda sudah lakukan untuk membakar lemak jadi sia-sia, karena pola makan Anda yang tidak tepat dan tidak dijaga.

Mengonsumsi asupan makanan setelah berolahraga bukanlah hal yang salah. Namun Anda perlu mempertimbangkan dengan benar jenis makanan dan kapan sebaiknya Anda mulai makan usai berolahraga. Nah, di bawah ini ada beberapa tips sederhana untuk mencegah rasa lapar berlebih setelah olahraga:

Baca Juga: 8 Olahraga yang Efektif untuk Mengecilkan Perut

1. Minum Air Putih

Jangan salah menilai rasa haus yang Anda rasakan sebagai rasa lapar. Faktanya, minum air putih hukumnya wajib dilakukan setelah berlatih. Tujuannya untuk menggantikan kehilangan cairan dan mencegah dehidrasi serta melancarkan metabolisme tubuh. Jika metabolisme tidak lancar, maka pembakaran lemak tidak bisa terjadi.

Menurut penelitian dari University of North Calorina di Chapel Hill, jika Anda minum 7 gelas air putih, maka kalori yang dibakar sebanyak 200 kalori, dibandingkan orang yang minum air putih kurang dari satu gelas per hari.  Ketika sedang merasa lapar, lebih baik untuk minum air putih terlebih dahulu. Kemudian beri jeda pada tubuh selama 15 menit sebelum Anda mengonsumsi makanan berat setelah berolahraga.

2. Konsumsi Makanan Ringan yang Berisi Karbohidrat dan Protein

Ketika Anda perlu camilan untuk setelah berolahraga, para ahli menyarankan rasio 1:2 karbohidrat dengan protein. Untuk durasi olahraga yang tak melebihi satu jam, pilih makanan ringan yang mengandung 150-200 kalori, misalnya selembar roti dengan selai kacang, keju blok dan buah-buahan, atau segenggam kacang panggang. Jika sesi olahraga Anda lebih dari satu jam, pilihlah makanan ringan yang mengandung setengah gram karbohidrat per setengah kilogram berat badan. Untuk olahraga yang berlangsung selama dua jam lebih, seperti naik sepeda atau marathon, minuman energi atau gel energi selama berolahraga cukup untuk memerangi kelaparan setelah berolahraga.

3. Ubah Pola Pikir Tentang Olahraga

Anda dapat mengubah hasil dari latihan Anda hanya dengan mengubah persepsi Anda tentang berolahraga. Para peneliti di Universitas Cornell telah menemukan hubungan antara psikologi Anda dan keinginan makan setelah berolahraga.

Menurut penelitian, jika Anda mengubah pola pikir Anda tentang olahraga bukan lagi sebagai kewajiban atau tugas, namun sebagai hal yang anda sukai maka hal ini bisa mengurangi rasa lapar Anda seusai olahraga.

Tambahkan semangat pada latihan rutin Anda juga dapat banyak membantu. Jika Anda menyukai musik, coba gunakan headphone yang tepat untuk meningkatkan mood Anda. Ciptakan lingkungan dan pola pikir yang sempurna untuk mengikuti kegiatan olahraga, sehingga

4. Gantilah dengan Mengonsumsi Makanan Ringan

Mungkin sedikit tidak masuk akal, tapi dengan mengonsumsi makanan ringan yang dibagi berkala sepanjang hari sangat membantu Anda untuk memerangi nafsu makan yang melonjak setelah berkeringat. Memasukkan 2-3 makanan ringan yang sehat sepanjang hari akan membantu mengatur rasa lapar antara waktu makan, meningkatkan energi, dan menjaga metabolisme tetap tinggi. Apel adalah contoh camilan sehat pengisi perut, begitu pula dengan sandwich roti gandum dengan selai kacang dan irisan pisang.

5. Makan dalam 30 Menit ke Depan

Penelitian melaporkan bahwa olahraga sebelum makan membantu menekan rasa lapar. Dalam sejumlah studi menemukan bahwa makan besar dihidangkan 15-30 menit setelah berolahraga, orang-orang akan lebih cenderung untuk makan lebih sedikit dibandingkan mereka yang harus menunggu satu jam atau lebih setelah berolahraga. Penelitian lainnya juga telah menunjukkan bahwa orang-orang makan lebih sedikit kalori setelah olahraga ketika mereka mengonsumsi karbohidrat selama latihan.

6. Pilihlah melakukan Olahraga Ringan

Olahraga dengan intensitas tinggi atau berat ternyata bisa membuat tubuh merasa sangat lapar. Menurut penelitian dari University of Ottawa ditemukan bahwa 13 wanita yang melakukan olahraga dengan intensitas tinggi cenderung mengonsumsi makanan yang jumlah kalorinya hampir sama besar dengan kalori yang sudah dibakar, ketika berolahraga. Sedangkan, jika mereka melakukan olahraga ringan seperti jogging atau jalan kaki membuat keinginan untuk makan menjadi tidak berlebihan.

Baca Juga: Ingin Langsing dan Sehat? Coba Tips Diet Mediterania

Sumber: 
Runtastic. (2018). How to Stop Overeating After A Workout. www.runtastic.com
Health. (2015). 11 Ways to Stop Overeating After Your Workouts. www.health.com
Self. (2017). There’s a Surprising Reason You’re Hungry After a Workout. www.self.com
Huffingtonpost. (2016). How to Balance Increased Hunger After Working Out. www.huffingtonpost.com.au