Tips Menjaga Badan Tetap Fit Saat Menstruasi

Image : www.shiseido.co.jp

Penulis : Nia Happy | Editor : Atsa

Menstruasi terkadang membuat kehidupan wanita terasa berat. Perut kram, kembung, mual, payudara nyeri, dan badan pegal. Hal itu tentu saja menurunkan semangat beraktivitas para wanita.

Ada hal yang mungkin belum Anda sadari. Saat Anda menstruasi zat kimia dalam tubuh Anda mengalami perubahan. Akibatnya terjadi ketidakstabilan hormon yang membuat kondisi tubuh berubah. Salah satu yang paling sering dirasakan adalah badan lemas, pegal-pegal, dan tidak fit.

Nah, supaya Anda terhindar dari masalah-masalah hormonal tersebut, ikuti tips berikut ini untuk badan yang fit meski menstruasi.

1. Melakukan Olahraga Ringan

Menggerakan badan Anda dengan melakukan gerakan olahraga yang mudah seperti peregangan, yoga, berjalan atau berenang bisa membantu meningkatkan aliran darah, dan mengurangi kram pada perut Anda, lho.  

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk berolahraga Anda bisa memilih menggunakan tangga daripada lift di kantor Anda atau minimal berjalan kaki 30 menit sehari.

2. Perbanyak Minum Air Mineral

Mungkin terlihat aneh jika Anda perlu minum lebih banyak air ketika Anda merasa kembung dan kenyang, tetapi semakin banyak air yang Anda minum, semakin mudah Anda menghilangkan racun dalam tubuh Anda.

Bila Anda sering merasakan sakit dan kram pada bagian perut, Anda bisa minum air putih hangat. Air hangat memiliki manfaat untuk melemaskan otot, mencegah perut kembung dan meredakan kram pada perut lho.

3. Mengonsumsi Makanan Tinggi Kalsium,  Zat Besi, dan Vitamin C

Saat menstuasi, konsumsi lebih banyak buah dan sayur yang mengandung kalsium dan juga zat besi. Hal tersebut akan mencegah terjadinya kram perut saat menstruasi.  

Makanan yang tinggi kalsium dan zat besi di antaranya brokoli, bayam, kangkung, kacang-kacangan, dan kurma. Konsumsi juga buah kaya vitamin C seperti jeruk dan stroberi. Vitamin C berperan penting untuk mempercepat penyerapan zat besi.

4. Hindari Kafein

Kafein  yang terdapat pada teh, kopi, dan coklat, bisa membuat Anda merasa pegal, kram, dan kembung. Bahkan mempengaruhi penyempitan pembuluh darah yang dapat meningkatkan rasa cemas dan sakit kepala lho. Jadi sebaiknya kurangi atau hindari mengonsumsi kafein saat Anda Menstruasi.

5. Tidur yang Cukup

Saat Menstruasi, Anda harus memastikan memiliki waktu tidur yang cukup. Jangan sampai kurang tidur yang menyebabkan Anda menjadi lelah.

Pastikan Anda tidur nyenyak minimal tujuh atau delapan jam setiap malam. Tidur yang cukup akan membantu Anda bangun dengan perasaan segar kembali. Hindari begadang supaya Anda lebih semangat dan berenergi sepanjang hari.

6. Menggunakan Pakaian Longgar

Menggunakan skinny Jeans mungkin bagi sebagian wanita sudah menjadi kebiasaan. Sebaiknya hindari penggunaan jeans atau celana apapun yang ketat saat menstruasi. Tekanan pada celana ketat bisa memicu nyeri saat menstruasi, dan ketidaknyamanan dalam beraktivitas. Selain itu, juga bisa memicu masalah kewanitaan seperti iritasi dan infeksi.

7. Waktu Bersantai

Terlalu banyak bekerja bisa membuat Anda lelah bahkan memancing emosi Anda. Untuk itu, Anda perlu bersantai dan menyenangkan diri Anda sejenak. Dengan cara mendengarkan musik kesukaan Anda, membaca novel, menonton film, pergi ke salon atau berkumpul dengan sahabat Anda. Jika perasaan Anda terasa rileks menstruasi pun tidak akan mengganggu aktivitas Anda.

Baca Juga Mengatasi Lapar Berlebih saat Menstruasi

 

Sumber :
Bustle (2018). 7 Things Your Body Does while You’re On Your Period That You may Not Realize. www.bustle.com
Leminerale. 5 Manfaat Air Putih Untuk Wanita Haid. www.leminerale.com
Republika (2018). 7 Makanan ini Mengandung Kalsium. www.republika.co.id
Tribun (2016). Susah Tidur Saat Menstruasi ini 5 Tips agar Tidur Bisa Nyenyak dan Lebih Nyaman. www. style.tribunnews.com
Tampax (2018). How To Feel Better on Your Period. www.tampax.com