8 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

8 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Penulis: Novi | Editor: Handa

Bibir merupakan salah satu bagian wajah yang sering kali menjadi perhatian bagi banyak orang, terutama wanita. Sayangnya, sebagian besar orang memiliki warna bibir yang cenderung hitam ataupun pucat. Ada banyak faktor yang menyebabkan bibir Anda gelap, mulai dari paparan sinar matahari, merokok, dehidrasi, hingga terlalu banyak minum kafein.

Selain menghindari berbagai faktor penyebab tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat warna bibir menjadi merah merona. Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda ketahui untuk membuat warna bibir Anda merah.

1. Gunakan Tabir Surya

Menggunakan tabir surya adalah salah satu cara untuk membuat bibir merah merona secara alami. Pasalnya tabir surya dapat menghalau UVA dan UVB yang dapat merusak pigmen kulit, termasuk bibir. Jika Anda terlalu banyak terpapar sinar UVA dan UVB, bibir Anda akan terlihat lebih gelap dan terlihat tidak sehat.

2. Melembabkan Bibir Secara Teratur

Menjaga kelembaban bibir adalah cara yang baik untuk memastikan bibir tetap merah. Untuk menjaga kelembapan bibir, Anda dapat menggunakan gel lidah buaya organik (langsung dari tanaman) atau menggunakan gel kemasan yang murni. Gel lidah buaya ini pun dapat memberikan nutrisi pada bibir sehingga lebih sehat.

3. Melakukan Eksfoliasi Secara Teratur

Eksfoliasi adalah mengelupas sel kulit mati yang kering. Eksfoliasi juga sangat ampuh untuk menjaga warna bibir merah merona. Selain mengangkat sel kulit mati, eksfoliasi juga dapat meningkatkan sirkulasi darah. Untuk melakukan eksfoliasi, Anda dapat menggunakan sikat gigi, kemudian menyikatnya pada bibir secara lembut.

4. Menggunakan Lulur Gula

Melakukan lulur gula dapat mengangkat kulit mati yang sering kali membuat bibir menjadi gelap dan terlihat kering. Anda dapat membuat lulur dengan mencampurkan satu sendok teh madu dan minyak almond serta dua sendok teh gula pasir.

Selanjutnya, Anda dapat menggunakannya secara lembut ke seluruh area bibir. Campuran lulur tersebut dapat digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk untuk kulit sensitif. Penggunaan lulur tersebut secara rutin dapat membuat bibir Anda menjadi lembab dan merah alami secara permanen.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah – Pecah

5. Menggunakan Minyak Esensial

Untuk membuat bibir menjadi merah merona dan lembut, Anda dapat mengonsumsi satu kapsul Vitamin E dan mengoleskannya ke bibir. Vitamin E terbukti dapat membantu regenerasi sel kulit, mencegah munculnya garis-garis halus pada kulit, terutama mampu meningkatkan sirkulasi darah.

Selain itu, Anda juga perlu memilih lip balm yang mengandung minyak esensial di dalamnya. Minyak esensial sendiri memiliki kandungan emolien alami yang mampu membuat bibir Anda tetap lembab dan merah alami.

6. Menjaga Kesehatan Bibir

Menjaga kesehatan bibir termasuk cara yang penting untuk membuat bibir Anda merah alami. Salah satu caranya adalah dengan mengoleskan lip balm atau minyak kelapa pada malam hari secara rutin untuk melembutkan dan membuat bibir menjadi merah.

7. Hindari Bahan Kimia

Jika Anda ingin memiliki bibir yang merah secara alami, sebaiknya Anda meninggalkan kebiasaan menggunakan lipstik ataupun perawatan bibir yang mengandung bahan kimia. Pasalnya, bahan kimia yang terdapat pada produk perawatan bibir dapat menyebabkan kerusakan sel kulit di sekitar bibir.

8. Banyak Minum Air Putih

Menghidrasi secara internal adalah hal yang terpenting. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan bibir saja, melainkan untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Anda dapat menghidrasi tubuh dengan cara meminum lebih banyak air. Faktanya, 70 persen kandungan dalam tubuh manusia adalah air. Apabila kekurangan air, tubuh akan terlihat tidak sehat.

Selain cara-cara yang telah dipaparkan di atas, Anda perlu menghapus riasan wajah sebelum tidur, terutama lipstik. Hal ini dilakukan agar tubuh dapat menjadi rileks sehingga mampu meregenerasi sel secara maksimal.

Selain itu, Anda juga perlu meninggalkan gaya hidup tidak sehat, seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, dan mengonsumsi kafein secara berlebih. Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan sirkulasi darah terganggu sehingga regenerasi tubuh menjadi terganggu.

Baca Juga : Bibir Gatal Mengganggu Aktivitas Anda? Ketahui 7 Penyebabnya

 

Sumber

Epic Natural Health. 2020. How to Get Natural Pinky Red Lips Fast at Home. www.epicnaturalhealth.com
Healthline. 2018. 14 Ways to get Healthy-Looking Lips. www.healthline.com
NDTV FOOD. 2018. Home Remedies for Chapped Lips: How to Get Soft, Red & Gorgeous Lips. food.ndtv.com
Skincraft. 2020. 8 Tips to Have Pink Lips Naturally + Foods to Eat. skinkraft.com



Add Your Comment