Tips Jitu Mengecilkan Lengan Dengan Cara yang Efektif

Image : findperfectdiet.com

Penulis : Dhiya | Editor : Atsa

Memiliki bentuk tubuh yang ideal merupakan dambaan semua orang. Karena memiliki tubuh yang ideal dapat menunjang penampilan seseorang. Biasanya salah satu bagian tubuh yang sering dikeluhkan adalah lengan tangan. Wanita khususnya yang paling sering mengeluhkan lengannya yang terlihat besar ataupun menjadi bergelambir.

Banyak wanita kemudian mencari tahu cara mengecilkan lengan, atau menghilangkan lemak lengan yang bergelambir tersebut. Beragam olahraga yang berfokus pada lengan dilakukan, tapi tidak terlihat perubahan, atau malah lengan jadi membesar. Ingat, saat kamu melatih otot yang dilatih adalah pembentukan otot, bukan membakar lemak.

Tapi, bukan berarti latihan otot dihindari, kemudian justru memilih kardio saja setiap hari selama berjam-jam. Justru massa otot berkurang dan lengan jadi menggelambir atau tidak kencang. Ingat, kardio itu membakar seluruh massa tubuh baik itu air, paling banyak otot, dan sedikit sekali lemak.

Jadi bagaimana cara mengecilkan lemak? Simak tips jitu mengecilkan lengan dengan cara yang efektif berikut ini.

Baca Juga : Tips Mengurangi Massa Lemak Tubuh

1. Konsumsi Makanan Sehat

Yang sering dilupakan dan disepelekan orang yang ingin lengannya terlihat kecil yaitu memperhatikan pola makannya sendiri. Apakah makanannya sudah sehat dan cukup nutrisi? apakah makan dengan tepat dan porsi yang cukup?

Makanan Anda juga harus diperhatikan, bukan hanya mencari tahu olahraga yang bisa membakar lemak di lengan saja. Meski Anda melakukan olahraga beban serajin apapun kalau makanan Anda berlemak tinggi itu hanya akan melatih otot Anda. Jika otot membesar tapi lemak tidak berkurang, lengan justru akan membesar.

Namun, menambah otot butuh waktu lebih lama daripada membakar lemak. Karena itu, jika Anda melatih otot dan menjaga pola makan sehat, tak hanya lengan saja, badan Anda juga akan mengecil dan lebih berbentuk indah.

Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh yang akan menambah lemak dalam tubuh. Seperti makanan cepat saji dan minuman bersoda. Sebaiknya ganti menu Anda dengan makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Jangan juga terlalu membatasi kalori dan diet ekstrim, pastikan Anda hanya mengurangi 200 – 300 kalori saja, namun ganti kalori Anda juga dengan kalori dari nutrisi penting seperti zat besi, protein, asam folat dan vitamin.

Makanan kaya protein rendah lemak seperti ikan, dada ayam, dan kacang-kacangan bisa menjadi pilihan. Tambahkan juga sumber serat seperti sayuran dan vitamin dari buah-buahan. Protein dan serat akan membuat perut Anda kenyang lebih lama. Nutrisi penting seperti ini tidak akan bisa terpenuhi dalam menu diet yang terlalu rendah kalori.

Baca Juga : 6 Mitos Penyebab Gagal Diet

2. Push Up

Jangan bentuk otot dulu atau jaga makan dulu. Harus bebarengan karena membentuk otot memerlukan nutrisi. Jika otot tidak dilatih, massa otot juga akan terbuang bersamaan dengan lemak saat berat badan turun.

Ketika Anda sudah merubah pola makan Anda dengan tepat, beberapa olahraga berikut bisa sangat efektif untuk mengencangkan lengan Anda, diantaranya yaitu push up. Push up bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa memerlukan bantuan alat apapun. Push up bertujuan untuk membentuk otot perut, bahu, hingga lengan.

Untuk wanita, nggak perlu khawatir lengan membesar karena olahraga ini. Pembentukan otot bukan sesuatu yang mudah juga. Hanya dengan beberapa set push up selama beberapa menit, otot Anda hanya bertambah sedikit untuk mengencangkan lengan dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga lemak lebih cepat terbakar.

3. Chair Triceps Dips

Olahraga yang satu ini juga bisa Anda lakukan di rumah. Anda hanya membutuhkan kursi sebagai tumpuannya. Yang perlu dilakukan adalah letakkan kursi di belakang Anda, kemudian posisikan tubuh pada posisi duduk dan angkat pantat sambil luruskan kaki. Gunakan posisikan kedua tangan dengan berpegangan pada tempat duduk kursi. Lalu tekuk siku secara perlahan dan turunkan badan hingga membentuk sudut 90 derajat. Tahan sampai hitungan ke 8. Lakukan secara berulang mulai dari 20 – 30 kali untuk hasil yang maksimal.

Gerakan ini dapat membuat lengan Anda kencang serta melatih otot trisep. Berat seluruh tubuh akan bertumpu pada trisep, sehingga gerakan ini dapat mengurangi lemak sekaligus membentuk otot trisep untuk mengencangkan dan mengecilkan lengan.

4. Weighted Punch

Weighted punch atau gerakan lengan dan tubuh sambil memegang mengangkat barbel ini bertujuan untuk mengecilkan lengan. Anda tidak diharuskan mengangkat barbel yang berat seperti para binaragawan. Namun gunakan barbel kecil seberat satu atau dua kilogram saja.

Caranya angkat kedua barbel dengan cara berdiri tegak. Kemudian angkat kedua tangan ke atas kepala. Tahan beberapa saat lalu kembali ke posisi semula. Laukan secara bertahap. Mulai dari 15 kali gerakan, kemudian tingkatkan gerakannya.

5. Bergerak Aktif

Yang juga tidak boleh dilupakan untuk memudahkan pembakaran lemak di lengan bahkan seluruh tubuh, yaitu mulailah untuk bergerak aktif. Naiklah tangga, berjalan kaki 600 langkah di luar waktu olahraga, atau rajin-rajin bersihkan rumah Anda. Jangan duduk terus dan lebih banyak diam, apalagi untuk pekerja kantoran.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Pola hidup sehat yang wajib Anda lakukan adalah perbanyak minum air putih. Minumlah air putih 8 gelas per hari. Karena air putih efektif membantu memecah timbunan lemak dalam tubuh. Serta dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga lemak tidak akan mengendap di dalam tubuh Anda.

Demikian tips jitu mengecilkan lengan yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Lakukan mulai ubah pola hidup dan pola makan Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Baca Juga : 7 Prinsip Utama Sukses Diet

 

Sumber :
Women’s Health. (2018). 9 Reasons Your Arms Aren’t Changing, No Matter How Much You Work Out. www.womenshealthmag.com
Web MD. Arm Exercises to Tighten and Tone. www.webmd.com
Shape. A Day in My Diet: Nutrition Consultant Mike Roussell. www.shape.com
Dapur Fit. (2016). Perbedaan Cara Mengecilkan dan Membentuk Lengan/Perut/Kaki/dan Lainnya. www.instagram