Rosacea Mengganggu Penampilan Anda? Ketahui Cara Mengatasinya

Rosacea Mengganggu Penampilan Anda? Ketahui Cara Mengatasinya

Penulis: Lely | Editor: Handa

Rosacea merupakan penyakit yang dapat menimbulkan beberapa gejala pada kulit wajah, seperti kulit kemerahan dan timbul bintil. Gejala tersebut biasanya timbul di beberapa titik, seperti area hidung, pipi, dagu, dan dahi. Seiring berjalannya waktu, kondisi ini dapat memburuk jika tidak diobati dengan tepat.

Sayangnya, hingga saat ini rosacea tidak dapat disembuhkan secara permanen. Pengobatan yang diberikan oleh dokter, biasanya untuk mengurangi gejala, meringankan rasa sakit, atau mencegah kondisi semakin memburuk. Kombinasi obat-obatan dan perubahan gaya hidup umumnya memberikan hasil terbaik untuk mengatasi rosacea.

Tips untuk Mengatasi Rosacea

Ada beberapa faktor yang dapat memicu seseorang mengidap rosacea. Pemicu umum rosacea, seperti paparan sinar matahari, suhu dingin, atau mengonsumsi makanan pedas. Tentunya setiap orang memiliki pemicu yang berbeda. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rosacea:

  • Menghindari makanan pedas
  • Menghindari minuman beralkohol
  • Melakukan olahraga secara teratur
  • Memiliki waktu istirahat yang cukup, minimal 7 jam tidur setiap malam
  • Mengelola stres
  • Oleskan tabir surya yang memiliki Sun Protection Factor (SPF) 15 setiap hari sebelum Anda keluar rumah
  • Hindari menggosok atau menyentuh kulit wajah
  • Hindari menggunakan produk wajah yang mengandung alkohol atau penyebab iritasi kulit lainnya
  • Melembabkan kulit yang terasa kering
  • Buatlah catatan untuk mengidentifikasi makanan atau minuman yang memicu munculnya gejala, kemudian menghindarinya beberapa waktu
  • Jangan berinisiatif untuk merawat rosacea dengan krim steroid. Berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit yang akan meresepkan perawatn berdasarkan gejala yang muncul

Baca Juga : Kulit Keriput? Cegah dengan 7 Cara Berikut Ini!

Perawatan Medis untuk Rosacea

Berikut ini beberapa perawatan medis yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi rosacea:

1. Obat-obatan

Jenis obat-obatan yang diresepkan oleh dokter tergantung pada tanda atau gejala yang Anda alami. Anda mungkin perlu mencoba berbagai pilihan atau kombinasi untuk menemukan pengobatan yang cocok. Beberapa obat untuk mengatasi rosacea, seperti:

  • Obat oles atau topikal. Obat ini membantu mengurangi peradangan dan kemerahan dengan cara dioleskan pada kulit sekali atau dua kali sehari. Beberapa obat topikal, seperti metronidazole, tretinoin, benzoyl peroxide, dan asam azelaic. Umumnya, penggunaan obat topikal dikombinasikan dengan obat oral.
  • Obat minum atau oral. Pada kasus rosacea yang lebih berat, biasanya dokter akan meresepkan obat minum (oral). Salah satu contohnya, kemerahan pada wajah dapat diatasi dengan mengecilkan pembuluh darah, sedangkan jika timbul jerawat akibat rosacea, dokter akan memberikan obat antibiotik tertentu.
  • Isotretinoin (Accutane). Isotretinoin merupakan obat yang dapat menghambat produksi minyak oleh kelenjar sebaceous. Obat ini digunakan untuk rosacea yang sudah parah.
  • Blephamide. Obat ini merupakan jenis spesifik tetes mata yang terkadang diresepkan untuk pasien dengan ocular rosacea (gejala mata). Tetes mata diterapkan setiap hari selama tiga hari sampai satu minggu.

2. Laser Pulse-dye

Pada perawatan ini, dokter akan menggunakan sinar intens untuk menghilangkan pembuluh darah yang membesar. Metode ini juga dapat meredakan ruam atau kemerahan yang membandel.

Perawatan laser terkadang dapat menyebabkan memar, pengerasan kulit, pembengkakan, nyeri, dan infeksi. Namun, beberapa efek samping yang mungkin muncul, biasanya akan hilang dalam beberapa minggu.

3. Operasi Plastik untuk Kulit yang Menebal (Rhinophyma)

Jika gejala rosacea yang dialami penderita semakin parah hingga menyebabkan hidung merah membesar, pipi bengkak, atau terdapat benjolan tebal di bagian bawah hidung, maka kemungkinan akan dirujuk ke ahli bedah plastik untuk dioperasi. Pasalnya, operasi dapat menghilangkan jaringan berlebih dan mengubah bentuk hidung.

Meskipun rosacea bukan penyakit yang membahayakan, namun penyakit ini dapat mengganggu penampilan Anda. Oleh sebab itu, jangan sampai gejala-gejala rosacea mengganggu penampilan dan membuat Anda tidak percaya diri. Lakukan perawatan kulit dan pengobatan rosacea di atas agar kesehatan dan kecantikan kulit Anda tetap terjaga.

Baca Juga : Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering di Sekitar Mulut

Sumber


National Rosacea Society. 2020. What is Rosacea?.www.rosacea.org
American Academy of Dermatology. 2020. ROSACEA.www.aad.org
DermNet NZ. 2014. Rosacea.www.dermnetnz.org
Healthline. 2019. Rosacea: Types, Causes, and Remedies.www.healthline.com
Medical News Today. 2017. What is rosacea?.www.medicalnewstoday.com
Mayo Clinic. 2019. Rosacea.www.mayoclinic.org
 



Add Your Comment