Tips Atasi Rasa Lapar di Malam Hari

Image : en.panosplatiris.com

Penulis : Dina R | Editor : Niahappy

Apakah Anda suka merasa lapar di tengah malam? Lalu, membuka kulkas dan mencari makanan? Jika iya, maka Anda memiliki suatu kebiasaan yang buruk.  Sebagian orang yang merasa lapar di tengah malam, tentu akan mencari makanan ataupun camilan untuk menghilangkan rasa laparnya. Akan tetapi, hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan karena akan memicu terjadinya gangguan pencernaan, obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan penyakit berbahaya lainnya.

Lantas, mengapa lapar tengah malam dapat terjadi? Lapar pada tengah malam dapat terjadi karena kebiasaan atau kondisi psikologis Anda. Bila sepanjang hari Anda terbiasa makan sedikit atau mengonsumsi makanan yang tidak memiliki cukup protein, serat, dan lemak maka hal tersebut dapat menimbulkan rasa lapar pada tengah malam. Anda pun akan merasa terdorong untuk mengonsumsi makanan yang manis, mengandung MSG ataupun yang berlemak tinggi.

Bila lapar tengah malam sudah menjadi kebiasaan Anda, tentu lambat laun akan merugikan diri Anda sendiri lho! Nah, Anda tidak mau kan? Jadi, berikut 5 tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi lapar pada tengah malam:

Baca Juga :  8 Camilan Sehat yang Cocok bagi Anda yang sedang Diet

1. Makan Secara Teratur, dan Seimbang

Banyak orang yang terlalu sibuk sehingga tidak menyempatkan diri untuk sarapan ataupun makan siang. Tentu, hal tersebut akan memicu terjadinya lapar pada tengah malam. Guna menghindari hal tersebut, pastikan untuk makan secara teratur, dan konsumsilah makanan yang seimbang. Sebaiknya, Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, dan serat. Protein, dan serat akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Adapun makanan kaya protein yang dapat Anda konsumsi, yaitu ayam, keju, telur, ikan, yoghurt, dan kacang-kacangan. Anda pun disarankan untuk mengonsumsi 20-25 gram protein setiap kali makan. Sementara, makanan kaya serat yang dapat Anda konsumsi, yaitu sayur-sayuran seperti brokoli, wortel, dan bayam, serta buah-buahan, seperti apel, pir, beri, dan pisang.

2. Minum Teh Hijau

Bila sudah terlanjur merasa lapar di tengah malam, janganlah langsung makan ataupun ngemil. Sebaiknya Anda coba untuk meminum teh hijau. Minum teh hijau cukup ampuh untuk menahan rasa lapar, dan membuat Anda kenyang lebih lama. Hal tersebut telah dibuktikan oleh salah satu penelitian di Journal American College of Nutrition pada 2010. Daripada Anda memakan makanan yang tinggi lemak atau memakan camilan yang manis, akan lebih baik bila Anda minum teh hijau. Teh hijau yang disajikan hangat juga dapat membuat diri Anda merasa rileks, dan nyaman lho!

Baca Juga : Fakta Teh Hijau untuk Diet

3. Memakan Buah

Bila Anda sulit sekali untuk tidak makan ataupun ngemil di tengah malam, sebaiknya Anda segera mengganti makanan atau camilan tidak sehat Anda dengan asupan yang sehat. Adapun asupan sehat yang dapat Anda konsumsi ketika merasa lapar di tengah malam, yaitu buah. Rasa manis dari buah dapat membuat Anda cukup merasa kenyang.

Tak hanya akan mengganjal perut Anda yang lapar, buah juga akan memberi banyak manfaat bagi tubuh Anda seperti halnya vitamin, dan mineral yang terkandung di dalamnya. Buah yang dapat Anda konsumsi ketika lapar di tengah malam, diantaranya pisang, jeruk, dan stroberi. Selain sehat, buah juga memiliki rasa yang enak bukan? Anda pun tentu akan menyukainya.

4. Mengunyah Permen Karet Mint

Cara lain untuk mengatasi rasa lapar di tengah malam yaitu dengan mengunyah permen karet mint. Mengunyah permen karet mint dapat meningkatkan rasa kenyang, dan mengurangi rasa lapar lho! Permen karet mint memiliki kalori yang jauh lebih rendah dibanding permen lainnya. Penelitian telah membuktikan bahwa permen karet dapat membantu mengontrol nafsu makan, dan mengurangi rasa ingin ngemil.

Jadi, daripada Anda memakan camilan seperti keripik, dan popcorn, lebih baik bila Anda mengunyah permen karet mint. Selain membuat Anda merasa kenyang, nah permen karet mint juga dapat membantu membersihkan gigi dan menyegarkan mulut Anda.

5. Tidur Lebih Awal dengan Cukup

Orang yang suka tidur larut malam atau begadang akan merasa kelaparan di tengah malam. Selain itu, kurang tidur juga dapat mempengaruhi hormon yang berhubungan dengan kelaparan, dan nafsu makan. Bila Anda merasa lapar di tengah malam padahal Anda sudah makan malam, mungkin itu menjadi sinyal bahwa tubuh Anda perlu istirahat. Sebaiknya Anda tidur lebih awal agar Anda tidak merasa lapar di tengah malam. Lalu, matikan layar tv, dan jauhkan gadget agar Anda dapat tidur lebih cepat. Anda juga disarankan untuk tidur dengan cukup, yaitu sebanyak 7-9 jam ya!

Lapar di tengah malam, memang menjadi kebiasaan buruk yang harus segera dihindari. Mulailah gaya hidup sehat dengan makan secara teratur, dan tidur dengan cukup. Jangan biarkan rasa lapar di tengah malam tersebut menguasai diri Anda karena hanya akan memberi dampak buruk bagi kesehatan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengatasi lapar di tengah malam, ya! Dan jangan lupa pula untuk selalu melakukan pola hidup sehat!

Sumber:
The Healthy Mummy. 12 Ways to Manage Food Cravings at Night. www.healthymummy.com
Bustle. (2014). 7 Tips to Help Prevent Getting Hungry at Night. www.bustle.com
The Health Site. (2014). 10 Tips to Prevent Hunger Pangs and Cravings at Night. www.thehealthsite.com
Eat Right. (2018). 5 Tips to Curb Your Late Night Snacking. www.eatright.org
Hello Sehat. (2018). 5 Trik Jitu Tangkis Rasa Lapar di Tengah Malam. www.hellosehat.com