Tips Atasi Hidung Tersumbat Akibat Alergi

Tips Atasi Hidung Tersumbat Akibat Alergi

Penulis: Lely | Editor: Ratna

Ditinjau oleh: dr. Putri Purnamasari 

Terakhir ditinjau: 17 April 2023

 

Hidung tersumbat akibat alergi terkadang membuat Anda merasa tidak nyaman dan seringkali mempengaruhi kegiatan Anda sehari-hari. Banyak dari Anda mengira hidung tersumbat merupakan hasil dari terlalu banyak lendir di saluran hidung. Namun, hidung tersumbat umumnya merupakan akibat dari pembuluh darah di sinus yang meradang.

Pilek, flu, infeksi, atau alergi dapat menyebabkan peradangan pembuluh darah ini. Terlepas dari alasannya, ada beberapa cara mudah untuk meredakannya. Dan berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda lakukan untuk meredakan hidung tersumbat dan bernapas lebih baik.

1. Minum banyak cairan agar tetap terhidrasi

Penting untuk minum banyak cairan untuk membantu Anda mengurangi gejala hidung tersumbat. Dengan mempertahankan tingkat hidrasi yang baik dapat membantu mengencerkan lendir yang menumpuk di saluran hidung Anda, mendorong cairan keluar dari hidung dan mengurangi tekanan di sinus Anda. Jika tekanannya lebih rendah, maka akan meminimalisir peradangan dan iritasi.

Jika Anda juga mengalami sakit tenggorokan, minuman hangat seperti teh juga dapat membantu untuk meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Dan sebaiknya Anda menghindari minuman seperti kopi dan minuman yang mengandung alkohol. Alih-alih menghidrasi, kedua jenis minuman ini dapat membuat Anda dehidrasi.

2. Teh panas

Minuman panas seperti teh terkadang lebih bermanfaat, karena panas dan uapnya yang dapat membantu membuka dan melemaskan saluran udara. Produk teh herbal tertentu terdapat kandungan herbal yang bersifat dekongestan ringan. Anda dapat menggunakan teh atau bahan tambahan lainnya yang memiliki kandungan herbal anti inflamasi dan antihistamin, seperti chamomile, jahe, mint, atau jelatang.

Anda dapat menyeduh teh herbal panas yang sebaiknya tidak mengandung kafein, dan hirup uapnya sebelum diminum untuk membantu melegakan saluran pernapasan Anda. Selain itu, minum teh herbal dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

3. Nasal spray

Obat semprot hidung merupakan pengobatan OTC umum untuk hidung tersumbat, dan membantu meningkatkan kelembaban di lubang hidung Anda. Semprotan nasal spray merupakan larutan garam yang difungsikan untuk menghilangkan alergi, iritasi, dan lendir yang berlebih.

Anda yang menderita saluran pernapasan atas dapat menggunakan semprotan hidung saline untuk mengobati gejalanya termasuk pilek dan hidung tersumbat. Tentunya metode ini juga dapat memperbaiki kualitas tidur Anda yang pasti terganggu akibat hidung tersumbat.

4. Gunakan humidifier

Humidifier bisa menjadi cara cepat dan mudah untuk mengurangi nyeri sinus dan membantu meredakan hidung tersumbat akibat flu atau alergi. Mesin ini mengubah air menjadi uap air yang secara perlahan menyebar ke udara, sehingga meningkatkan kelembaban di dalam ruangan.

Dengan menghirup udara lembab dapat menenangkan iritasi  jaringan dan pembuluh darah yang membengkak di hidung dan sinus Anda. Jika Anda mengalami hidung tersumbat, Anda dapat mencoba meletakkan pelembab ruangan ini di sekitar rumah atau kantor Anda.

5. Uap wajah

Sama seperti pemakaian humidifier atau minum secangkir teh panas, uap wajah dapat membantu melonggarkan lendir dan meredakan pilek Anda. Anda dapat mencobanya di rumah dengan memasak air secukupnya hingga terbentuk uap, namun tidak sampai mendidih.

Tempatkan wajah Anda sekitar 30 cm di atas uap sekitar 5 menit, tutup mata Anda dan ambil napas dalam-dalam melalui hidung. Beristirahatlah jika wajah Anda merasa terlalu panas. Tiup hidung Anda sesudahnya untuk menghilangkan lendir. Anda dapat mengulangi prosesnya 2 sampai 3 kali dalam sehari, terutama jika Anda masih memiliki gejala hidung tersumbat.

Anda dapat menambahkan minyak esensial dekongestan ke air uap seperti, eucalyptus, peppermint, pinus, rosemary, sage, spearmint, tea tree, dan minyak esensial thyme. Senyawa dalam tanaman seperti mentol dan timol juga dapat Anda gunakan.

6. Kompres hangat

Menerapkan kompres hangat atau waslap ke dahi dan hidung beberapa kali sehari dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan tekanan sinus. Kompres hangat bekerja dengan cara meningkatkan sirkulasi darah di daerah sinus Anda. Kain lap atau kompres basah dapat membantu meredakan hidung tersumbat dengan menambahkan kelembaban ke udara yang Anda hirup.

Anda dapat membuat kompres hangat sendiri di rumah dengan menggunakan kain bersih yang direndam ke air panas, bukan air mendidih. Gunakan kain atau kompres tersebut di dahi dan hidung selama 15 hingga 20 menit, dan terapkan kembali hingga gejala hidung tersumbat Anda mulai reda.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Mudah Atasi Hidung Tersumbat

Sumber

Prevention. (2022). How to Get Rid of a Stuffy Nose Fast, According to Doctors. www.prevention.com

Healthline. (2021). How to Clear a Stuffy Nose. www.healthline.com

WebMD. (2022). 6 Steps to Fight Sinus Problems. www.webmd.com

Medical News Today. (2021). 10 tips for getting rid of a stuffy nose. www.medicalnewstoday.com